##issue.tableOfContents##
Articles
Abstract 276
IMPLEMENTASI ISO 9001:2008
Kamaluddin UPT BIT-LIPI Bandung
Abstract 240
PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS
Herlina Werianty Paonganan
Abstract 845
PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI
Maria S. Sampe
Abstract 167
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA
Jamaluddin Kulle
Abstract 206
STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMANFAATAN
M. Yusri
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pelaksanaan strategi komunikasi pemanfaatan perpustakaan dan untuk mengetahui pengaruh strategi komunikasi pemanfaatan perpustakaan terhadap peningkatan motivasi belajar mahasiswa STMIK Handayani Makassar Metode penelitian ini deskriftif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, kuisioner, penelitian kepustakwanan dan studi dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi komunikasi Pemanfaatan Perpustakaan STMIK Handayani Makassar berada pada kategori tinggi ( 66,67%), hal ini menegaskan bahwa komunikasi Pustakawan, melalui pendekatan komunikasi opini, empati, dan keterbukaan kepada mahasiswa yang akan berdampak baik terhadap meningkatkan motivasi dan hasil proses belajar mahasiswa STMIK Handayani Makassar. Bahwa peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa STMIK Handayani Makassar berada pada kategori tinggi. ( 53,34% ) hal ini memberikan apresiasi dan keinginan oleh Pustakawan, bahwa dengan penerapan Strategi komunikasi antapribadi yang efektif maka peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa melalui pendekatan dorongan, rasa ingin tahu dan kemampuan/kepercayaan diri dengan Pustakawan akan semakin tinggi pula motivasi belajar yang didapatkan kemudian. Strategi Komunikasi Pustakawan mempunyai hubungan yang kuat dengan peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa STMIK Handayani Makassar. Hal ini ditandai dengan nilai koefisien korelasi R = 0,861 (mendekati nilai angka 1). Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pemanfaatan Perpustakaan dan Motivasi Belajar Mahasiswa
ABSTRACT
This study aims to investigate the implementation of a communication strategy for the use of per - library and to determine the effect of library use communication strategies to increase student motivation to learn STMIK Handy Makassar This research method is descriptive quantitative data collection through interviews, questionnaires, and studies dokumenter.Hasil kepustakwanan research studies show that the utilization of the communication strategy STMIK Handy Library Makassar at the high category ( 66.67 % ) , it is asserted that communications librarian, through approaches opinion communication, empathy, and openness to students who will contribute to improve motivation and learning outcomes of students STMIK Handy Makassar . That increase student motivation and learning outcomes STMIK Handy Makassar at the high category. ( 53.34 % ) this gives an appreciation and a desire by the Librarian, that the implementation of an effective communication strategy antapribadi then increase student motivation and learning outcomes through the approach of encouragement, curiosity and the ability/confidence to the Librarian will be the higher the motivation to learn obtained later. Communication Strategy Librarians have a strong relationship with increased student motivation and learning outcomes STMIK Handy Makassar. It is characterized by the correlation coefficient R = 0.861 (close to the numerical value 1 ). Keywords: Communication Strategies, Utilization of Library and Student Learning Motivation
Abstract 11759
MEMAHAMI PENDEKATAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Andi Haris
ABSTRAK Tulisan ini merupakan hasil penelitian pustaka yang di kombinasikan dengan pengamatan dilapangan yang mengkaji tentang proses kegiatan pemberdayaan masyarakat. Sebagaimana di ketahui jika pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu issu sentral yang ramai di wacanakan dari berbagai kalangan yang tentu saja tujuan utamanya untuk pembangunan masyarakat. Pasalnya, melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat ini maka kelompok yang menjadi sasaran penerima manfaat dapat di tingkatkan taraf hidup serta kesejahteraannya dengan cara memberi mereka penyuluhan, pelatihan dan bentuk kegiatan lainnya yang semuanya itu di maksudkan untuk melepaskan mereka dari ketidakberdayaan, keterasingan dan keterbelakangan. Selain itu, lewat kegiatan pemberdayaan masyarakat maka para klien di harapkan bisa bekerja secara mandiri agar supaya kebutuhan dasar mereka dapat terpenuhi. Kata kunci: Pemberdayaan, Keterbelakangan, Inovasi.
ABSTRACT
This article was based on library research that combined with field observation that analysed about the process of social empowerment. As we know that social empowerment is the central issue which discussed by many people because the main goal of this topic is to achieve the target of community development. How ever, through social empowerment so that we can increase the welfare of the client by giving guidance and other activities and then they can be released from power lessness, social isolation and under development. Be saides that after participating in the social empowerment so the clients can work by themselves and thus they will fullfill their basic needs . Key Words : Basic Needs, Underdevelopment, Innovation
Abstract 404
MANFAAT ORIENTASI PENDIDKAN PENGGUNA
Syamsu Alam
ABSTRAK Dalam pergolagakan dunia perguruan tinggi sering terdengar dan masih terkesan kuno yaitu “Perpustakaan merupakan jantungnya” universitas/perguruan tinggi. Kalau jantung dalam tubuh manusia memiliki peran vital dan penting dalam kehidupan, begitu pula dalam kehidupan perguruan tinggi. Tetapi yang terjadi di Indonesia Perguruan tinggi dapat berjalan eksis dan dapat bertahan tanpa kehadiran perpustakaan. Sehingga sebuah perguruan tinggi tanpa perpustakaan yang sehat dan bahkan tidak memiliki perpustakaan, berarti sitem operasionalnya dianggap sebagai sebuah robot yang berjalan. Perpustakaan yang sehat tentu harus menyebarkan informasi dan memompa zat-zat yang dibutuhkan berisi ilmu pengetahuan ke seluruh tubuhnya melalui jaringan-jaringan yang tersedia (sivitas akademika) agar dapat bermanfaat bagi pertumbuhan serta katifitas dalam menjalankan tugasnya. Dalam dunia perguruan tinggi perpustakaan berfungsi sebagai penunjang dalam rangka pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Kata Kunci: Orientasi Pengguna, Pendidikan Pengguna
ABSTRACT
In the college world pergolagakan often sounded ancient and still impressed that "The library is the heart of " university / college . If the heart in the human body has a vital and important role in life , as well as in college life . But what happened in Indonesian universities can run exist and can survive without the presence of the Library . So a college without a sound library and did not even have a library , meaning sistem operational regarded as a walking robot. A healthy library would have to spread information and pumping substances needed to contain the entire body of knowledge through networks available ( academicians ) in order to benefit the growth and katifitas in performing their duties . In the world of college library serves as a support for the implementation of the program is Tri Dharma College of Education and Teaching, Research,and Community. Servic Keywords: Orientation Users, User Education