Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2022-11-06. Baca versi terbaru.

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MUḤᾹDATHAH DI MTS. MIFTAHUL „ULUM DATARA KABUPATEN GOWA

Penulis

  • Kasmawati Kasmawati Departemen Sastra Asia Barat, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanuddin

Abstrak

KASMAWATI. “Problematika Pembelajaran Muḥādathah di MTs. Miftahul ‘Ulum Datara Kabupaten Gowa” dibimbing oleh A. Abdul Hamzah (Konsultan I) dan Supratman (Konsultan II). Skripsi ini membahas masalah pembelajaran muhādatsah dan problem yang dihadapi guru dan siswa di MTs. Miftahul „Ulum Datara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dengan mengambil latar MTs. Miftahul „Ulum Datara. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner (angket). Analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif, dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pembelajaran bahasa Arab di MTs. Miftahul „Ulum Datara menggunakan kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Sedangkan materi pelajaran diambil dari buku “Faṣīḥ Bi al-lughah al „Arabiyyah”. Proses pembelajaran terdiri dari perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, metode yang sering digunakan oleh guru adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, menulis, praktik, membaca, dan imla‟. Problem yang terjadi di MTs. Miftahul „Ulum Datara terdiri dari beberapa faktor antara lain : faktor siswa yaitu latar belakang pendidikan, motivasi, kurangnya mufraḍat yang diketahui, perhatian siswa dalam pembelajaran di kelas. Selanjutnya adalah faktor guru antara lain, faktor pendidik, yaitu kejelasan dan metode yang digunakan kurang menarik perhatian dan minat siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Selain itu, ada faktor materi, faktor waktu, faktor fasilitas, dan faktor sosial atau lingkungan yaitu lingkungan asrama, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Faktor yang terakhir adalah faktor psikologis siswa. Dalam skripsi ini, penulis memberikan gambaran sosulusi untuk mengatasi problem tersebut, kepada beberapa pihak yaitu siswa, guru dan pihak sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali, Hasan, dkk. 2011. Pedoman Penulisan dan Pelaksanaan Ujian Skripsi. Makassar: Fakultas Satra Universitas Hasanuddin.

Bisri, Adib dan Munawwir A. Fatah. Kamus Al-Bisri Indonesia-Arab dan Arab- Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.

Dimas, Setiawan. 1992. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Bintang Indonesia.

Faisal, Sanapiah. 2007. Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Gusmiati. 2013. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Negeri 1 Poli-Poli, Kabupaten Kolaka”. Skripsi Sarjana. Makassar: Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin.

Haeruddin, H. (2020). PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang. Khazanah Pengabdian, 1(1), 12-18. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/kp/article/view/8098

Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Hamid, M. Abdul, dkk. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, dan Media. Malang: UIN Malang Press.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Khalilullah, Muhammad. 2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Lawadi. 1987. Metode Pembelajaran Bahasa Arab Dasar. Surabaya: Usaha Nasional.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Malibary, A. Akrom. 1976. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab pada PTAIN. Jakarta: DEPAG RI.

Muhammad, Abubakar. 1981. Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab. Surabaya: Usaha Nasional.

Mu‟in, Abdul. 2004. Analisis Kontrastif Bahasa Arab Dan Bahasa Indonesia (Telaah Terhadap Fonetik Dan Morfologi). Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru. 79

Nurkumalawati. 2012. “Kemampuan Berkomunikasi Siswa Kelas XI Pesantren Modern Datok”. Skripsi Sarjana. Makassar: Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin.

Sadtono. 1987. Ontologi Pengajaran Bahasa Asing. Jakarta: Depdikbud.

Siregar, Eveline Dan Hartini Nara . 2010. Teori Belajar Dan Pembelajaran Bogor: Ghalia Indonesia.

Syamsuddin, Abin Maknum. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Yunus, Mahmud. 1983. Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta : Hidayakarya Agung. Website:

Rahman. http://rahman21bangka.blogspot.com/2012/03/metedelogi pembelajaranmuḥādathah,. html ( Diakses 10 Juni 2014)

YS Baso. 2005. Efektivitas Formal Instruction Dalam Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Melafalkan Fonem-Fonem Frikatif Bahasa Arab

YS Baso. 2004. Efektivitas Formal Instruction Dalam Peningkatan Kemampuan Mahasiswa UNHAS Melafalkan Fonem-Fonem Frikatif Bahasa Arab. LPPM

YS Baso. 2004. Efektivitas Formal Instruction Dalam Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Melafalkan Fonem-Fonem Frikatif Bahasa Arab. LPPM

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-06

Versi

Cara Mengutip

Kasmawati, K. (2022). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MUḤᾹDATHAH DI MTS. MIFTAHUL „ULUM DATARA KABUPATEN GOWA. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 2(2 (Mei). Diambil dari https://journal-old.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/19491