https://journal-old.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/issue/feedJurnal Sarjana Ilmu Budaya2024-10-01T02:51:23+00:00Yusring Sanusi B.yusring@gmail.comOpen Journal Systems<p>Jurnal ini khusus memuat hasil penelitian tugas akhir mahasiswa. Kajian penelitian fokus dalam bidang bahasa, sastra, kebudayaan, sejarah, arkeologi dan teknologi pembelajaran. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia, Arab, Inggris, Jepang, Prancis dan Mandarin. Jurnal ini diterbitkan 3 (Kali) kali setahun. Jurnal ini dikelola oleh Departemen Asia Barat, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin</p>https://journal-old.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/40919PESAN VISUAL DAN VERBAL DALAM BERITA KONFLIK PALESTINA-ISRAEL DI MEDIA AL JAZEERA NET2024-10-01T02:13:37+00:00Sitti Wahidah Masnaniwahidah@unhas.ac.idMunif Mutawallimunifmutawalli6@gmail.comAndi Agussalimagussalim@fs.unhas.ac.id<p><em>Media merupakan wadah informasi mengenai segala sesuatu. Salah satu berita yang hangat diperbincangkan sekarang ialah konflik Palestina</em><em>-</em><em>Israel. Konflik ini bukan hanya mempengaruhi wilayah regional tapi meluas secara global. Dalam pemberitaan tersebut, media mempunyai cara tersendiri untuk menarik pembaca serta punya cara tersendiri untuk menjelaskan berita tersebut yang kecendrungan diikuti dengan ideologi pengarang berita atau media. </em></p> <p><em> </em></p> <p><em>Penelitian ini bertujuan mengungkap pesan visual dan verbal yang ditampilkan media berita tersebut, mengungkap makna denotasi, konotasi, dan mitos, serta menganalisis penggunaan tanda tanda yang dapat mempengaruhi persepsi pembaca. Adapun pendekatan yang digunakan adalah Semiotika Roland Barthes. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. </em></p> <p><em> </em></p> <p><em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pesan visual dan verbal yang sangat kuat dan melekat pada gambar yang ditampilkan oleh Media Al Jazeera Net. Bukan hanya itu, tanda tanda yang terdapat pada gambar tersebut juga memunculkan mitos yang mampu mempengaruhi persepsi pembaca. Salah satu mitos yang dihasilkan ialah serban. Serban yang merupakan kain penutup kepala, tapi dalam penggambaran media tersebut, kain bukan hanya sebatas penutup kepala tetapi juga sebagai penutup wajah untuk mengahalau asap dan debu masuk serta untk kerahasiaan identitas. Setiap yang ditampilkan oleh media, baik teks maupun gambar memberikan pesan terkait apa yang ingin disampaikan media secara tersirat.</em></p>2024-10-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://journal-old.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/40751Pengaruh Penggunaan Aplikasi ”Assemblr Edu” terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa MTs Bhayangkara Makassar2024-09-30T13:48:17+00:00Alfira Nadianaalfiranadiana@gmail.comHaeriyyahhaeriyyah@unhas.ac.idAndi Agussalim agussalim@fs.unhas.ac.id<p>ALFIRA NADIANA.<strong> <em>“Pengaruh Penggunaan Aplikasi “Assemblr Edu” terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa MTs Bhayangkara Makassar” </em></strong>di bawah bimbingan Ibu Haeriyyah, S.Ag., M.Pd.I dan Bapak Dr. Andi Agussalim, S.S., M.Hum.</p> <p><strong><em>Latar Belakang.</em></strong><em> Mayoritas siswa Mts Bhayangkara Tallo Lama Makassar masih belum mampu menguasai kosakata bahasa Arab. Hal ini merupakan salah satu masalah terbesar dalam pembelajaran bahasa Arab di Mts Bhayangkara. <strong>Tujuan.</strong> Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses penerapan dan menganalisis pengaruh penggunaan media Assemblr Edu terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VII B MTs Bhayangkara Tallo Lama Makassar. <strong>Metode.</strong> Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes (pre test dan post test). Data telah dianalisis secara statistik menggunakan aplikasi SPSS. <strong>Hasil</strong>. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII B mengalami peningkatan kosakata setelah menggunakan aplikasi Assemblr Edu dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Kosakata tersebut berupa غرف في البيت، مضمون الغرف في البيت، الأعمال اليومية، أفراد الأسرة، فعل المضارع. Hal ini dibuktikan pada hasil uji paired sampel t-test pada nilai pre test dan post test siswa kelas VII B di MTs Bhayangkara yakni nilai Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan aplikasi Assemblr Edu terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa di MTs Bhayangkara Makassar.</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong> : <em>pengaruh, Assemblr Edu, kosakata bahasa Arab</em></p>2024-10-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://journal-old.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/36954Penokohan Dalam Film Animasi The Journey Karya Shizuno Kobun (Tinjauan Intrinsik)2024-09-01T15:25:27+00:00Muhammad Luthfiluthfi.cuppi30@gmail.comSitti Wahidah Masnaniwahidah@unhas.ac.idMujadilah Nurmujadilah@unhas.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan peran para tokoh dalam Film The Journey karya Shizuno Kobun, (2) Mengidentifikasi watak para tokoh dalam Film The Journey karya Shizuno Kobun, (3) Menganalisis pelukisan karakter tokoh dalam Film The Journey karya Shizuno Kobun dengan menggunakan pendekatan intrinsik. </em></p> <p><em>Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka yaitu deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa adegan dan dialog yang terdapat dalam film animasi “The Journey” karya Shizuno Kobun. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak-catat.</em></p> <p><em>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh dalam film animasi The Journey memiliki peran dan karakter yang bermacam-macam. Tokoh utama dalam film ini adalah Aws bin Jubair yang berperan sebagai seorang tentara relawan Mekkah yang memiliki karakter pemberani, sabar dan teguh dalam pendirian dan penyayang. Abrahah yang merupakan tokoh tambahan berperan sebagai raja yang angkuh dan sombong. Zurarah peranan seorang tentara bayaran yang memiliki sifat angkuh namun juga peduli terhadap sesama. Musab berperan sebagai komandan utama pasukan kota Mekkah. Musab yang memiliki sifat peduli dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Nizar berperan sebagai komandan yang memimpin pasukan kota Mekkah yang memiliki sifat keterbukaan dan pantang menyerah. Hisyam merupakan tentara sukarelawan yang memiliki karakter periang dan penakut. Abdul Muthalib berperan sebagai pemimpin kota Mekkah yang memiliki karakter bijaksana, peduli dan pemberani.</em></p>2024-10-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://journal-old.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/36016Ijtihad Umar Ibnu Al Khattab2024-07-12T01:50:58+00:00Supratman Supratmansupratman@unhas.ac.idSyamzan Syukursyamzan.syukur@uin-alauddin.ac.idRahmawati Harisarahmawati.harisa@yahoo.com<p>This paper discusses the ijtihad of Umar Ibn Al-Khattab, the second caliph after Prophet Muhammad SAW, who is known as one of the most influential companions in Islamic history. Umar played a crucial role in strengthening and expanding Islam through his various ijtihad in the fields of law, social affairs, politics, and economics.</p> <p>This study highlights several significant decisions made by Umar, including the compilation of the Qur'an after the Battle of Yamama, the enforcement of congregational tarawih prayers during the month of Ramadan, and the expansion of the Masjid al-Haram and the Prophet's Mosque. Additionally, this paper illustrates Umar's efforts in the development of Islamic cities, the establishment of an efficient governance system, and the creation of Baitul Mal for state financial management. Umar is known as a firm, just, and innovative leader, whose contributions continue to be respected and studied by subsequent generations.</p>2024-10-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://journal-old.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/40754Pengaruh Bahasa Bugis Dalam Pelafalan Surah Al-Fatihah (Studi Kasus Imam Masjid Di Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara(2024-09-30T12:25:51+00:00Zuhriah Zuhriahzuhriah@unhas.ac.idMuhammad Fadil Arifinmuhammadfadilarifin@gmail.comSyamsul Bahri Abd Hamidsyamsulb@unhas.ac.id<p>Penelitian ini membahas tentang pengaruh bahasa bugis dalam melafadzkan ayat-ayat suci Al-Qur’an khususnya pada surah Al-Fatihah. Peneliti memilih Imam-Imam Masjid di Kecamatan Bone-Bone karena pada wilayah ini terdapat banyak Imam yang bersuku asli Bugis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bahasa Bugis pada pelafalan surah al-Fatihah. Populasi pada penelitian ini adalah semua Imam-Imam Masjid yang bersuku Bugis di Kecamatan Bone-Bone dengan mengambil 19 imam sebagai sampelnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dengan teknik rekam. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif melalui tahapan reduksi data, klasifikasi data dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh Bahasa Bugis terjadi pada lafaz yang diakhiri konsonan nasal /m/ dan /n/, adanya menambahkan vocal (e) pada ayat-ayat tertentu, menghilangkan fonem pada ayat ayat tertentu, mengganti bunyi konsonan ط) ) menjadi (ت) dan konsonan (ص) menjadi (س), mengubah bacaan ayat yang bersifat <em>Tafkhim</em>/tebal menjadi <em>Tarqiq</em>/tipis dan yang terakhir mengubah bunyi vocal (a) menjadi konsonan (ng).</p>2024-10-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://journal-old.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/36969PENERAPAN MEDIA GAME EDUKASI (KARTU SERU) PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS DARUSSALIHIN BERRU2024-09-02T10:45:10+00:00Masnahmasnah.fitryana@gmail.comYusring Sanusi Basoyusring@unhas.ac.idMuhammad Ridwanridwanm@unhas.ac.id<p><em>This research is motivated by the Kartu Seru learning media which has never been applied in Arabic language learning at Mts Darusshalihin Berru. The purpose of this study was to determine the effect of the application of educational game media (Kartu Seru) in improving vocabulary skills of Arabic language learning at MTs Darusshalihin Berru. This research approach is a quantitative approach with experimental research type. This research design used one group pretest-posttest design. The population in this study were all students of Madrasah Tsanawiyyah Darusshalihin Berru class VIII consisting of class VIII A, VIII B, and VIII C. Sampling using random sampling technique and resulted in class VIII A as the experimental class and class VIII B as the control class. The type of instrument used is a pretest and posttest question of student learning outcomes totaling 30 questions with 10 matching questions with 20 multiple choice questions. The results showed that the experimental class experienced an increase in mastery of Arabic vocabulary (mufradat) with a higher percentage value than the control class. This is evidenced by the average value of class VIII B (control class) of 57.8% (pre-test) and 50.8% (post-test). The average value of class VIII A (experimental class) in percentage units is 63.4% (pre-test) and 92.2% (post-test). These results show that the application of educational games (Kartu Seru) in Arabic language learning has an influence on student learning outcome and is effective to be used to achieve Arabic language learning objectives.</em></p> <p><em><strong>Keyword : influence, educational game media kartu seru.</strong></em></p>2024-10-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://journal-old.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/36847Analisis Qafiyah dalam syair “Amin Ummu Aufaa Dimnatun Lam Takallami” Karya Zuhair bin Abi Sulma2024-08-29T06:45:04+00:00Mutiara Annisa Marlinamutiaraannisa0932@gmail.comYusring Sanusi Basoyusring@unhas.ac.idIlham Ramadhanilhamr@unhas.ac.id<p><em>Puisi “Amin Ummu Aufah Dimnatun Lam Takallami” adalah puisi karya Zuhair bin Abi Sulma yang tergolong dalam syair mimiyah, yakni syair yang memiliki rima dengan qafiyah mim.</em><em> Permasalahan utama yang terdapat dalam syair Amin Ummu Aufaa Dimnatun Lam Takallami karya Zuhair bin Abi Sulma adalah sulitnya menentukan letak qafiyah dalam bait syair tersebut. . Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji qafiyah dalam puisi Zuhair bin Abi Sulma yang meliputi huruf qafiyah, harakat qafiyah dan nama qafiyah dengan menjadi puisi yang berjudul “Amin Ummu Aufah Dimnatun Lam Takallami” sebagai objek. . Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode analisis deskriptif dengan menganalisis huruf, harakat dan nama qafiyah yang digunakan dalam puisi Zuhair bin Abi Sulma menggunakan pendekatan ilmu qafawi. Data penelitian ini yaitu puisi Zuhair bin Abi Sulma yang berjudul “Amin Ummu Aufaa Dimnatun Lam Takallami. H</em><em>asil pembahasan menunjukkan bahwa letak qafiyah dalam syair “Aamin Ummu Aufa Dimnatun Lam Takallami” karya Zuhair bin Abi Sulma yaitu qafiyah pada sebagian kata, qafiyah pada satu kata, qafiyah pada dua kata dan qafiyah pada satu kata dan sebagian dari kata yang lain. Huruf qafiyah yang terdapat dalam syair Aamiin Ummu Aufa Dimnatun Lam Takallami karya Zuhair bin Abi Sulma, yaitu rawi muthlaq, washl ya dan waw, ridf ya, ta’sis dan dakhil hamzah dan lam. Harakat qafiyah yang terdapat dalam syair “Aamiin Ummu Aufa Dimnatun Lam Takallami karya Zuhair bin Abi Sulma”, yaitu majra kasrah dan majra dhammah, hadzw kasrah, rass fathah, isyba’ kasrah. Nama qafiyah yang terdapat dalam syair “Aamiin Ummu Aufa Dimnatun Lam Takallami” karya Zuhair bin Abi Sulma, yaitu mutadarik, mutarakib dan mutawatir. <strong> </strong>Dalam puisi “Amin Ummu Aufaa Dimnatun Lam Takallami” memiliki huruf qafiyah rawi muthlaq, washl, ridf, ta’sis dan dakhil. Harakat qafiyahnya terdiri dari majra, hadzw, rass dan isyba’. Nama qafiyahnya terdiri dari mutadarik, mutakarib dan mutawatir. </em></p> <p><strong><em>Kata Kunci:</em></strong> <em>Puisi, Ilmu Qawafi</em><em>, </em><em>Zuhair Bin Abi Sulma</em></p>2024-10-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024