Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2022-11-06. Baca versi terbaru.

PENGGUNAAN MEDIA HOT POTATOES DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIΙΙ MTs GUPPI SAMATA KABUPATEN GOWA

Penulis

  • Bustang Bustang Departemen Sastra Asia Barat, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanuddin

Abstrak

BUSTANG, “Penggunaan Media Hot Potatoes dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII MTs Guppi Samata Kabupaten gowa” Skripsi ini membahas tentang belum adanya penggunaan media Hot Potatoes di MTs Guppi Samata pada pengajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan penggunaan media Hot Potatoes dalam penguasaan kosakata bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur apakah penggunaan media Hot Potatoes mempunyai pengaruh dalam penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Guppi Samata. Dalam melakukan penelitian ini penulis mengawalinya dengan menentukan kelas yang akan menjadi kelas kontrol (control class) dan kelas eksperimen (experimental class) dan terpilihlah dua kelas, yaitu kelas VIII/A sebagai kelas eksperimen yang akan diberikan perlakuan dalam pegajaran berupa media Hot Potatoes. Sedangkan kelas VIII/B adalah sebagai kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan dalam pengajaran. Setelah itu penulis akan membandingkan antara kedua kelas tersebut dan melihat hasilnya dengan menggunakan statistik inferensial dan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ternyata kelas VIII/A mengalami peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab dibandingkan kelas VIII/B yang sebagian besar siswanya juga mengalami peningkatan tetapi tidak setinggi dengan kelas VIII/A. Hal ini menunjukkan bahwa media Hot Potatoes yang digunakan dalam pembalajaran bahasa Arab memberikan pengaruh yang sangat signifikan untuk membantu siswa kelas VIII MTs Guppi Samata dalam penguasaan kosakata bahasa Arab.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agussalim, Andi. 2009. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Kemampuan Penggunaan Damir. Skripsi Sarjana. Makassar : Fakultas sastra. Universitas Hasanuddin.

Ali, Yahya, 2013. Latar Belakang Masalah Skripsi. userblog.blogdetik.com/contoh-latar-belakang-masalah-skripsi.php (Diakses 12 Agustus 2014).

Arikunto, Suharismi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta. Ainin, dkk. 2006. Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang : Misykat.

Baso, Yusring, Sanusi. 2008. Cara Mudah Membuat Latihan Interaktif Pembelajaran bahasa. Cet. 1. Misykat : Malang

. . 2004. Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Makassar : Nadi Al-Adab

. . 2006. Materi Pelajaran Interaktif Bahasa Arab Berbasis Web dab CD. Makassar : Nadi Al-Adab. .1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung : Angkasa.

Bintono, Satrio, Teddy. 2013. Papan Tulis. http://teddykulonprogoankringan.wordpress.com/2013/12/22/papan-tulis. (Diakses 19/06/2014).

Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Djiwandono, Soenardi. 1996. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung : ITB.

Darsono dan Ibrahim, 2009. Fasih Berbahasa Arab. Agung Wibawanto. 67

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta : Gava Media.

Hadi, Sutrisno. 1986. Statistik 2. Yogyakarta : YPEP, UGM.

Hadjar, Ibnu. 1996. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif dalam Pendidikan. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Haeruddin, H. (2020). PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang. Khazanah Pengabdian, 1(1), 12-18. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/kp/article/view/8098

Haryanto, 2011. Pengajaran Media Pembelajaran. Jakarta : Balai Pustaka.

Hasanuddin, 2011. Jenis-jenis Penguasaan Kosakata. http://hasan2u.blogspot.com/2011/03/jenis-jenis-penguasaan-kosakata- 11.html. (Diakses 19/06/2014).

Irham. 2007. Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab. Skripsi Sarjana. Makassar : Fakultas Sastra. Universitas Hasanuddin.

Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : Humaniora, 2009. Kazzuya. 2010. Prosedur Penelitian. http://kazzuya.wordpress.com /2010/03/09/ Prosedur-penelitian. (Diakses 01/04/2014).

Keraf, Gorys. 1991. Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Widiasatya. Kridalaksana. 1983. Kamus Linguistik. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama. Kamus, Cara. 2014. Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Bisa diformat. http://kamuscara.com/cara-mengatasi-flashdisk-yang-tidak-bisadiformat. html. (Diakses 19/06/2014).

Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Analisis isi dan Data Sekunder. Jakarta : Rajawali Pers.

Nawawi, Hadari. 1993. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press. 68

Saifuddin, Zuhri. 2009. Statistik Inferensial. http://saifuding.blogspot.com/2009/06/statistik-inferensial.html. (Diakses 15 April 2014).

Samadi, Bagus. 2011. Peningkatan Penguasaan Kosakata. Bandung : Angkasa.

Santyasa. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Singaraja : Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika. Universitas Pendidikan Ganesha.

Subagyo, Joko. 1991. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Cet. 1. PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2011. Tuntunan Penyelesaian Karya Ilmiah, Makalah, Skripsi, Thesis, Disertasi. Cet. VΙ. Bandung : Sinar baru Algesindo.

Sugiyono. 1997. Statistika penelitian. Bandung : Alfabeta wiwolumaya.

Sumarni. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta : Awdi.

Suryabrata, Sumadi. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Syibahaweih. 2009. Cara Mudah Belajar Bahasa Arab. Universitas Pendidikan Indonesia.

Tarigan. 1986. Telaah Buku Test Bahasa Indonesia. Bandung : Angkasa.

Tiro, Muhammad, Afif. 2000. Dasar-dasar Statistik. Cet. 1. Makassar, Universitas Negeri Makassar.

Ukamta, dkk. 2005. Bahasa Arab. Yogyakarta : Pokja Akademik UIN Suka.

Usman, Husaini. 2008. Metode Penelitian Sosial. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Walgito, Sigit. 2012. Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Terhadap Penguasaan Mufradat. Skripsi Sarjana. Makassar : Fakultas Sastra. Universitas Hasanuddin.

Wibawa, Basuki dan Mukti Farida. 1992. Media Pengajaran. Depdikbud.

YS Baso. 2008. Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Nady Al-Adab Vol 5

YS Baso. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Web Dan CD

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-06

Versi

Cara Mengutip

Bustang, B. (2022). PENGGUNAAN MEDIA HOT POTATOES DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIΙΙ MTs GUPPI SAMATA KABUPATEN GOWA . Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 2(2 (Mei). Diambil dari https://journal-old.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/19488