##issue.tableOfContents##
Scientific Article
Abstract 628
Page 90 – 103
PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI DAN PEMANFAATAN OPAC DALAM MENUNJANG KUALITAS LAYANAN PEMUSTAKA SELAMA MASA PANDEMI DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN
Sjaifuddin Unmul, Mustang Amin
Abstrak
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini Apakah ketersediaan koleksi dan Online Public Access Catalogue (OPAC) berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Pemustaka selama masa pandemi di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda baik secara parsial maupun simultan dan apakah diantara variabel tersebut .ada yang memberi pengaruh terhadap Kualitas Pelayanan Pemustaka selama masa pandemi di Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda.
Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda. Sedangkan pengambilan sampel dilakukan berdasarkan pemustaka yang memanfaatkan perpustakaan selama masa pandemi. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara online dengan mengirim kuesioner melalui aplikasi google form. Adapun kuesioner yang dikembalikan sebanyak 109 dan diambil 107 karena ada 2 kuesioner yang tidak lengkap pengisiannya. Dari jumlah sampel tersebut sebanyak 16 orang Dosen, 88 mahasiswa dan Tenaga kependidikan sebanyak 3. Adapun Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda.
Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel ketersediaan koleksi dan Online Public Access Catalogue (OPAC) terhadap Kualitas Pelayanan Pemustaka di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda baik secara parsial maupun simulta. Adapun variabel yang berpengaruh dominan terhadap Kualitas Pelayanan Pemustaka di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda adalah variabel ketersediaan koleksi.
Kata Kunci : Ketersediaan Koleksi, Online Public Access Catalogue (OPAC) Kualitas Pelayanan, Pemustaka
Abstract
The issue raised in this study is whether the availability of collections and Online Public Access Catalogue (OPAC) has asignificant effect on the Quality of The Service of The Book during the pandemic period in the Library of the Faculty of Economics and Business of Mulawarman Samarinda University both partially and simultan eously and whether among
These variables. There is an influence on the Quality of The Libraryof The Library of The Faculty of Economics and Business of Mulawarman Samarinda University.
The population used in this study is the entire academic community of the Faculty of Economics and Business of Mulawarman Samarinda University. While sampling is carried out based on the library's use of the library during the pandemic period. Sampling techniques are done online by sending questionnaires through the google form application. The questionnaire was returned as many as 109 and taken107 because there were 2 questionnaires that were not complete filling it out. Out of the sample, 16 lecturers, 88 students and education personnel as many as 3. The data analysis technique used in this study is multiple linea rregression.
The results of the analysis showed there was a significant in fluence between the variable vailability of collections and the Online Public Access Catalogue(OPAC) on the Quality of The Service of The Lecturers in the Library of the Faculty of Economics and Business Mulawarman Samarinda University both partially and simultan. The variable that has the dominant effect on the Quality of Librarion Service in the Library of the Faculty of Economics and Business Mulawarman Samarinda University is the variable of collection availability.
Keyword : Collection Availability, Online Public Access Catalogue (OPAC) Quality of Service, User
Abstract 1773
Page 104 – 117
PENGARUH KOMPETENSI DIGITAL (e-Skills) TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS HASANUDDIN
Andi Milu Marguna, Sangiasseri
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi digital(e-Skills)terhadap kinerja pustakawan di UPT Perpustakaan, yang dilaksanakan mulai bulan Juli hingga Nopember 2020 menggunakan sumber dana Universitas Hasanuddin.
Sumber data dalam penelitian ini adalahData Primer dan Data Sekunder, teknik pengumpulan data melalui penyebaran daftar pertanyaan.Populasi penelitian ini adalah seluruh pustakawan yang ada di Universitas Hasanuddin dan aktif bekerja di UPT Perpustakaan hingga tahun 2020, sebanyak 48 orang. Penelitian ini mengambil seluruh pustakawan sebagai responden atau pengambilan sampel secara total (total sapling) karena jumlah populasi yang sedikit. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menjelaskan frekuensi dari masing-masing variabel serta uji statistik regresi linear sederhana untuk membuktikan adanya pengaruhantara kompetensi digital (e-Skills), terhadap kinerja pustakawan (Y) diUPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin. Hasil uji statistik menerima hipotesis bahwa terdapat hubungan pengaruh positif yang signifikan antara variabel kompetensi digital (e-Skills), terhadap variabel kinerja pustakawan. Koefisien regresi sebesar 0,796 menunjukkan tingkat korelasi yang kuat. Temuan penelitian:kompetensi digital (e-Skills)pustakawan pada kategori baik, namun sebagian kecil pustakawan memiliki kompetensi digital (e-Skills)dibawah standar rata-rata, maka disarankan perlu ditingkatkan pengetahuan dan keterampilannya melalui Diklat teknis maupun fungsional kepustakawanan.
Kata Kunci: kompetensi digital (e-Skills), Kinerja pustakawan.
Abstract
This study aims to determine how the influence of digital competence (e-Skills) on the performance of librarians at Hasanuddin University Library, which was held from July to November 2020 using Hasanuddin University funding sources.
Sources of data in this study are Primary Data and Secondary Data, data collection techniques through distributing questionnaires. The population of this research is all librarians at Hasanuddin University who are actively working in Hasanuddin University Libraries until 2020, as many as 48 people. This study took all librarians as respondents or total sampling due to the small population. The data analysis used is descriptive analysis to explain the frequency of each variable and simple linear regression statistical test to prove the influence of digital competence (e-Skills) on the performance of librarian (Y) at Hasanuddin University Library Unit. The results of statistical tests accept the hypothesis that there is a significant positive relationship between the digital competency variable (e-Skills) and the librarian performance variable. A regression coefficient of 0.796 indicates a strong correlation level. Research findings: Librarians' digital competence (e-Skills) is in a good category, but a small proportion of librarians have digital competence (e-Skills) below the average standard, so it is advisable to improve their knowledge and skills through Librarian training.
Keywords: digital competence (e-Skills), Librarian performance.
Abstract 218
Page 118 – 129
TINJAUAN PENERAPAN UNDANG-UNDANG KETERBATASAN INFORMASI PUBLIK DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN LUWU TIMUR
Tawakkal Saleh, Nasrullah, Nuristiqomah
Abstrak
Penelitian ini berjudul Tinjauan Penerapan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana tata cara dalam penerapan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik ini dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam diterapkannya Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah dalam penerapan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik pada Bidang Perpustakaan dan Bidang Kearsipan tentu berbeda. Pada Bidang Perpustakaan semua informasi bersifat terbuka, berbeda dengan Bidang Kearsipan dimana bidang ini informasi tak semua bisa dilihat atau dipublikasikan, adapun tata cara dalam penerapan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik ini yaitu: Menyiapkan dokumen terkait dengan keterbukaan informasi publik, Memilah informasi yang bisa dipublikasikan sesuai dengan aturan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) serta Mengupload dan menyebarkan informasi. Ada beberapa kendala dalam penerapan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik di Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kabupaten Luwu Timur yakni kurangnya sumber daya manusia, sarana dan prasarana dan jaringan internet.
Kata Kunci : Undang-Undang, Keterbukaan Informasi Publik, Informasi
Abstract
This research is entitled Review of the Application of the Law on Public Information Openness in the Library and Archives Office of East Luwu Regency. The purpose of this study is to determine the procedures for implementing the Public Information Disclosure Law and to find out what obstacles are faced in implementing the Public Information Openness Law. The type of research used is descriptive research with a qualitative approach. In this study the authors collected data through interviews, observation and documentation. The result of this research is that the application of the Law on Public Information Openness in the Library and Archives Sector is certainly different. In the Library Sector all information is open in nature, in contrast to the Archive Sector where not all information can be seen or published, as for the procedures for implementing the Public Information Openness Law, namely: Preparing documents related to the disclosure of public information, Sorting out information that can be published in accordance with the rules of the National Archives of the Republic of Indonesia (ANRI) as well as uploading and disseminating information. There are several obstacles in the application of the Law on Public Information Openness in the Library and Kerasipan Office of East Luwu Regency, namely the lack of human resources, facilities and infrastructure and an internet network.
Keywords: Law, Public Information Disclosure, Information
Abstract 324
Page 130 - 142
PEMETAAN KONTEN INFORMASI AKUN INSTAGRAM PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA
Lisa Dwi Angraini, Nining Sudiar, Triono Dul Hakim
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemetaan konten informasi akun Instagram perpustakaan perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian dari 100 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia, perguruan tinggi yang paling banyak mengunggah yaitu instagram perpustakaan Universitas Syiah Kuala dengan 2283 unggahan, Universitas Hasanudin dengan 1192 unggahan, kemudian Universitas Lampung dengan 883 unggahan, Universitas Gadjah Mada 705, dan juga Universitas Indonesia dengan 604 jumlah unggahan. Dari lima indikator pemanfaatan instagram oleh perpustakaan, indikator yang paling banyak diunggah yaitu indikator memperlihatkan sekitar dan koleksi dengan jumlah unggahan 8063 atau (69.48%), indikator mempublikasikan acara dengan jumlah unggahan 2908 atau (25.06%), indikator memperlihatkan proses dengan 633 unggahan atau (5.45%). Indikator menunjukkan sejarah perpustakaan dengan 22 unggahan atau (0.08%), dan yang terakhir yaitu pada indikator berinteraksi dengan pengguna dengan jumlah 10 unggahan atau (0.08%).
Kata kunci: Pemetaan, konten, informasi, perpustakaan perguruan tinggi
Abstract
This study aim to find out how to map Instagram account information content in college libraries in Indonesia. This research method uses quantitative descriptive methods.
The results of research from 100 universities in Indonesia, colleges who upload the most are Syiah Kuala University with 2283 uploads, Hasanudin University with 1192 uploads, then Lampung University with 883 uploads, Gadjah Mada University 705, and also the University of Indonesia with 604 total uploads. Of the five indicators on the use of Instagram by the library, the most uploaded indicator is the indicator showing surroundings and collection with the number of uploads 8063 or (69.48%), the indicator publishes events with the number of uploads 2908 or (25.06%), the indicator shows the process with 633 uploads or ( 5.45%), the indicator shows the history of the library with 22 uploads (0.08%), and finally the indicator interacts with users with 10 uploads (0.08%).
Keywords: Mapping, Content, Information, Colleges Library
Abstract 235
Page 143 - 170
ANALISIS PENGETAHUAN PEMUSTAKA TERHADAP FUNGSI-FUNGSI PERPUSTAKAAN DI UNIVERSITAS HASANUDDIN
Iskandar Said, Nasrah
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengetahuan pemustaka terhadap fungsi-fungsi perpustakaan di Universitas Hasanuddin (Unhas). Penelitian ini bersifat deskriptif. Sampel sebanyak 108 orang diambil secara purposive, dengan kriteria sudah menjadi anggota perpustakaan dan minimal 3 kali melakukan pemanfaatan perpustakaan di Unhas. Pengumpulan data dilakukan melalui pembagian kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemustaka telah mengetahui fungsi-fungsi perpustakaan di Universitas Hasanuddin dengan baik. Pengetahuan ini dibuktikan dengan cara memanfaatkan perpustakaan sesuai fungsinya yang meliputi: (1) fungsi Perpustakaan Unhas sebagai pembelajaran sepanjang hayat dengan memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat belajar mandiri, sebagai sarana pembelajaran secara formal dan informal, menjadikan perpustakaan sebagai sarana gemar membaca dan merealisasikan masyarakat pembelajar. (2) fungsi Perpustakaan Unhas sebagai wahana penelitian dengan memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber informasi untuk rujukan penelitian, untuk mendukung dan menghasilkan karya-karya penelitian yang bermanfaat, dan semua kebutuhan dalam penelitian/penulisan karya ilmiah termasuk pembuatan makalah diperoleh dalam Perpustakaan Unhas (3) fungsi Perpustakaan Unhas sebagai wahana informasi dengan memanfaatkan perpustakan sebagai sumber informasi, sebagai tempat yang menyediakan informasi yang bermanfaat atau berkualitas, dan mudah diakses. (4) fungsi Perpustakaan Unhas sebagai wahana rekreasi berbasis edukatif dengan memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber bacaan hiburan yang bermanfaat. (5) fungsi Perpustakaan Unhas sebagai wahana pelestari budaya bangsa dengan memanfaatkan perpustakaan (koleksi) sebagai tempat mendidik dan mengembangkan apresiasi budaya masyarakat, dan bermanfaat untuk menjadi cinta kebudayaan Indonesia.
Kata Kunci: Pengetahuan pemustaka, Fungsi-fungsi perpustakaan
Abstract
This study aims to find out and analyze the knowledge of users of library functions at Hasanuddin University (Unhas). This research is descriptive. A sample of 108 people was taken purposively, with the criteria of being a member of the library and at least 3 times using the library at Unhas. Data collection is done through the distribution of questionnaires and documentation. Data were analyzed using quantitative analysis. The results of the study indicate that the readers know the library functions at Hasanuddin University well. This knowledge is proven by utilizing the library according to its functions which include: (1) the function of the Unhas Library as lifelong learning by utilizing the library as a place of independent learning, as a formal and informal learning facility, making libraries a means of reading and realizing learning communities. (2) the function of the Unhas Library as a vehicle for research by utilizing the library as a source of information for research referrals, to support and produce useful research works, and all needs in research / scientific writing including making papers obtained in the Unhas Library (3) functions of Unhas Library as a vehicle for information by utilizing libraries as a source of information, as a place that provides useful or quality information, and is easily accessible. (4) the function of the Unhas Library as an educational-based recreational vehicle by utilizing the library as a source of useful entertainment reading. (5) the function of the Unhas Library as a vehicle for preserving national culture by utilizing libraries (collections) as a place to educate and develop an appreciation of the culture of the people, and it is useful to become a love of Indonesian culture.
Keywords: User knowledge, library functions
Abstract 298
Page 171 - 182
STUDI KOMPARASI KESESUAIAN PERPUSTAKAAN SMAN 2 MAROS DAN SMAN 12 MAROS BERDASARKAN STANDAR NASIONAL INDONESIA NOMOR 7329:2009 TENTANG PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Ayu Trysnawati, Gustia Tahir, Kurnia Irawan
Abstrak
Penelitian ini membahas tentang studi komparasi kesesuaian perpustakaan SMAN 2 Maros dan SMAN 12 Maros berdasarkan SNI No. 7329:2009 tentang perpustakaan sekolah. Adapun yang menjadi pokok masalah adalah bagaimana perbedaan antara Perpustakaan SMAN 2 Maros dan SMAN 12 Maros menurut SNI Nomor 7329:2009 dan bagaimana tingkat pencapaian pengelolaan perpustakaan di SMAN 2 Maros dan SMAN 12 Maros berdasarkan SNI Nomor 7329:2009 tentang Perpustakaan Sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih mendalam mengenai Bagaimana perbedaan antara Perpustakaan SMAN 2 Maros dan Perpustakaaan SMAN 12 Maros menurut SNI No. 7329:2009 dan Bagaimana tingkat pencapaian pengelolaan perpustakaan di SMAN 2 Maros dan SMAN 12 Maros berdasarkan SNI Nomor 7329:2009 tentang Perpustakaan Sekolah ditinjau dari segi: standar koleksi, sumber daya manusia, layanan perpustakaan, ruang perpustakaan, perabot dan perlengkapan serta anggaran perpustakaan.
Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif komparatif, metode ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Perpustakaan SMAN 2 Maros telah memenuhi 6 SNI No. 7329:2009 tentang perpustakaan sekolah dalam hal jumlah koleksi buku teks, jumlah tenaga perpustakaan, kualifikasi pendidikan kepala perpustakaan, jenis layanan, luas area baca dan anggaran perpustakaan. Sedangkan SMAN 12 Maros telah memenuhi 8 SNI No. 7329:2009 tentang perpustakaan sekolah yaitu jumlah koleksi buku teks, jumlah tenaga perpustakaan, kualifikasi pendidikan kepala perpustakaan, jenis layanan, luas ruang secara keseluruhan, luas area baca, luas area staf dan anggaran perpustakaan. Hal ini menunjukkan bahwa Perpustakaan SMAN 12 Maros lebih tinggi tingkat pencapaian pengelolaannya daripada Perpustakaaan SMAN 2 Maros berdasarkan SNI No. 7329:2009 tentang perpustakaan sekolah. Dengan persentase kesesuaian SMAN 2 Maros 37,5% sementara SMAN 12 Maros 50%.
Kata Kunci: Studi Komparasi, Perpustakaan Sekolah, SNI No. 7329:2009
Abstract
This research discusses the comparative study of the suitability of the libraries of SMAN 2 Maros and SMAN 12 Maros based on SNI No. 7329: 2009 concerning the school library. As for the main problem is how the difference between the libraries of SMAN 2 Maros and SMAN 12 Maros according to SNI Number 7329: 2009 and what is the level of achievement of library management in SMAN 2 Maros and SMAN 12 Maros based on SNI Number 7329: 2009 concerning School Libraries. The purpose of this research is to find out more deeply about how the differences between the libraries of SMAN 2 Maros and Library of SMAN 12 Maros according to SNI No. 7329: 2009 and How is the level of achievement of library management at SMAN 2 Maros and SMAN 12 Maros based on SNI Number 7329: 2009 concerning School Libraries in terms of: collection standards, human resources, library services, library space, furniture and equipment and library budget. The method used is descriptive comparative method, this method is a type of descriptive research with a qualitative approach. The results of this study indicate that the library of SMAN 2 Maros has met 6 SNI No. 7329: 2009 concerning school libraries in terms of the number of textbook collections, the number of library staff, the educational qualifications of the head of the library, the type of service, the reading area and the library budget. Meanwhile, SMAN 12 Maros has fulfilled 8 SNI No. 7329: 2009 concerning school libraries, namely the number of textbook collections, the number of library staff, the educational qualifications of the head of the library, the type of service, the overall space area, the reading area, the staff area and the library budget. This shows that the library of SMAN 12 Maros has a higher level of management achievement than the library of SMAN 2 Maros based on SNI No. 7329: 2009 concerning the school library. With the conformity percentage of SMAN 2 Maros 37.5% while SMAN 12 Maros 50%.
Keywords: Comparative Study, School Library, SNI No. 7329: 2009
Abstract 183
Page 183 - 191
ANALISIS KEPEMIMPINAN KOORDINATOR PERPUSTAKAAN : STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG
Slamet Riyadi, Endang Fatmawati
ABSTRAK
Penelitian ini untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang digunakan, mengetahui tipe pemimpin dalam memimpin, dan untuk mengetahui karakteristik pemimpin yang dimiliki oleh koordinator perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang dijadikan sumber dalam penelitian ini sebanyak empat informan tenaga perpustakaan yang berkedudukan sebagai bawahan dan satu informan koordinator perpustakaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan koordinator perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro dalam memimpin adalah menggunakan gaya demokratis, pemberi motivasi dan pengarahan. Selanjutnya koordinator perpustakaan mempunyai tipe paternalistis dalam memimpin, dan tanggung jawab yang besar adalah karakteristik yang ada pada diri koordinator perpustakaan.
Kata kunci : gaya kepemimpinan, tipe pemimpin, karakteristik pemimpin.
ABSTRACT
This study is to determine the leadership style used, to determine the type of leader in leading, and to determine the characteristics of the leader possessed by the library coordinator of the Faculty of Law, Diponegoro University. The research method used in this research is descriptive qualitative. The research subjects who were used as sources in this study were four library staff informants who were subordinates and one library coordinator informant. The data collection technique was done by observing, interviewing, and studying the documentation. The conclusion from the research results shows that the leadership style used by the library coordinator of the Faculty of Law, Diponegoro University in leading is using a democratic style, giving motivation and direction. Furthermore, the library coordinator has a paternalistic type of leading, and big responsibility is the characteristic that exists in the library coordinator.
Keywords: leadership style, leader type, leader characteristics.
Tabel of Contents
Abstract 148
Page i
Daftar Isi JUPITER Volume XVII No. 2 Desember 2020
Andi Nasri Abduh
JUPITER
Vol. 17 No. 2 Desember 2020
Daftar Isi
(Table of Content)
Sjaifuddin; Mustang … 90 – 103
Pengaruh Ketersediaan Koleksi dan Pemanfaatan OPAC
dalam Menunjang Kualitas Layanan Pemustaka Selama
Masa Pandemi di Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan
dan Bisnis Universitas Mulawarman
Andi Milu Marguna; Sangiasseri … 104 – 117
Pengaruh Kompetensi Digital (e-Skill) terhadap Kinerja
Pustakawan di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin
Tawakkal; Nasrullah; Nuristiqomah … 118 – 129
Tinjauan Penerapan Undang-Undang Keterbatasan
Informasi Publik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
Kabupaten Luwu Timur
Lisa Dwi Anggraini; Nining Sudiar; Triono Dul Hakim … 130 - 142
Pemetaan Konten Informasi Akun Instagram Perpustakaan
Perguruan Tinggi di Indonesia
Iskandar; Nasrah … 143 - 170
Analisis Pengetahuan Pemustaka terhadap Fungsi-Fungsi
Perpustakaan di Universitas Hasanuddin
Ayu Trysnawati; Gustia Tahir; Kurnia Irawan … 171 - 182
Studi Komparasi Kesesuaian Perpustakaan SMAN 2 Maros
dan SMAN 12 Maros berdasarkan Standar Nasional Indonesia
Nomor: 7329:2009 tentang Perpustakaan Sekolah
Slamet Riyadi; Endang Fatmawati … 183 - 191
Analisis Kepemimpinan Kordinator Perpustakaan :
Studi Kasus di Perpustakaan Fakultas Hukum
Universitas Diponegoro Semarang