PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK PENINGKATAN AKSES PEMASARAN DAN PROMOSI TREND BISNIS KOPI SPESIALTI BAWAKARAENG
DOI:
https://doi.org/10.20956/jdp.v4iK.5472Abstract
Kopi spesialti (specialty coffee) adalah kopi yang memiliki citarasa enak, berciri rasa khas dan unik yang biasanya diberi nama sesuai daerah asal kopi tersebut diproduksi Kopi spesialti biasanya dihasilkan dari varietas tertentu dan berasal dari kawasan geografis tertentu Contoh Popayan coffee (Colombia), Blue Mountain Coffee (Jamaica), Toraja coffee, Mandheling coffee, Bali Kintamani coffee, Gayo Mountain coffee, Java coffee, dll. Sulawesi Selatan merupakan sentra pertanaman kopi terutama di Kabupaten Tana Toraja dan kawasan Bawakaraeng, yakni Kabupaten Gowa, Sinjai, Jeneponto, Bulukumba, dan Bantaeng. Perkembangan kopi spesialti yang trend saat ini perlu didukung teknologi dan sarana pascapanen yang sesuai serta promosi dan pemasaran yang jelas. Dengan demikian petani mendapatkan manfaat lebih serta jaminan pasar untuk membangun industri agribisnis kopi speasialti yang berkelanjutan. Pengembangan kopi spesialti ini dirancang dalam bentuk kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) pembelajaran pemberdayaan masyarakat dengan pola pendekatan berbasis teknologi budidaya berkelanjutan, serta industri pengolahan pascapanen yang memamai secara ekonomi, sosial, dan lingkungan. Program dilaksanakan dalam bentuk festival aneka produk kopi spesialti dari on farm dan off farm dengan melibatkan kelompok tani dan pelaku industri olahan kopi yang berasal dari masyarakat Kawasan Gunung Bawakaraeng. Kegiatan berlangsung di sentra bisnis Pasar Wisata Malino Kabupaten Gowa, Propinsi Sulawesi Selatan. Festival ini memperluas akses pasar dan promosi kopi spesialti Bawakaraeng. Melalui KKN PPM ini diharapkan masyarakat kawasan pegunungan Bawakaraeng mampu mengembangkan agroindustri kopi specialti bawakaraeng sebagai Brand kopi selanjutnya yang terkenal di mata dunia dan menjadi sumber perekonomian bagi masyarakat di pedesaan. Kata kunci: Kopi spesialti, bawakaraeng, cita rasa, festival, agribisnis, pemberdayaan.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2018-11-20
How to Cite
Jaya, A. M., Brahmi Yanti, C. W., & Syarifuddin, . (2018). PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK PENINGKATAN AKSES PEMASARAN DAN PROMOSI TREND BISNIS KOPI SPESIALTI BAWAKARAENG. Jurnal Dinamika Pengabdian, 4(K), 174-182. https://doi.org/10.20956/jdp.v4iK.5472
Issue
Section
Volume 4 Nomor Khusus (K) Semnas Pengabdian NOVEMBER 2018
License
Penulis diwajibkan untuk menandatangani "Surat Perjanjian Hak Cipta" atau Copyright Agreement untuk penyerahan ijin kepada pihak jurnal untuk menerbitkan tulisannya.
Authors are required to sign a "Copyright Agreement" to submit permission to the journal to publish their writings.