PENGARUH PROMOSI DIGITAL PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN AGENSI IKLAN ONLINE

Authors

  • Diana Triwardhani UPN VETERAN JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.26487/jbmi.v16i3.9071

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi digital yaitu  Content Marketing, E-mail Marketing, dan Facebook Ads terhadap Keputusan Pembelian perusahaan jasa agensi iklan online. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik bisnis online di Jakarta yang menggunakan agensi iklan online untuk membantu memasarkan produk atau layanannya dengan sampel sebanyak 50, dengan software SmartPLS 3.0 pada tingkat signifikansi 5% (0,05). Hasil dari pengujian diperoleh (1)terdapat pengaruh positif dan signifikan content marketing terhadap keputusan pembelian sebesar 57,1%, (2)terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan e-mail marketing terhadap keputusan pembelian sebesar 52,9%, (3)terdapat pengaruh positif dan signifikan facebook ads terhadap keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akpan, C. S., Nwankpa, N. N. (2015). Influence of Facebook Advertisement on the Buying Behaviour of Students of a Nigerian University.International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 5, No. 7, 2017, hlm. 135-148.

Ankalkoti, P. (2017). Survey on Search Engine Optimization Tools & Techniques. Imperial Journal of Interdisciplinary Research, ISSN: 2454-1362, Vol. 3, Issue 5, 2017, hlm. 40-43.

Aprinta, G. (2016). Pemanfaatan Facebook Ads Untuk Meningkatkan Brand Awareness Pada Produk Lokal. The Messenger, Vol. 8, No. 1, 2016, hlm. 68-72.

Artanto, H., Nurdiyansyah, F. (2017). Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk. Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS), ISSN: 2541-6448, Vol. 1, No. 2, 2017, hlm 1-4.

Baltes, L. P. (2015). Content Marketing – The Fundamental of Digital Marketing.

Bulletin of the Transilvania University of Brasov, Series 5, Economic Sciences, Vol. 8, No. 2, 2015, hlm. 111 – 118.

Chan, A., Astari, D. (2017). The Analysis of Content Marketing in Online Fashion Shops in Indonesia. Review of Integrative Business and Economics Research, ISSN: 2304-1013 (Online); 2304-1269 (CDROM); 2414-6722 Print), Vol. 6,

No. 2, 2017, hlm. 225 -233.

Damayanti, E., Pamungkas, I. N. A. (2018). Konten Digital Marketing Melalui Instagram Warteg Hipster Sebagai Upaya Membangun Brand Awareness. e- Proceeding of Management, ISSN: 2355-9357, Vol. 5, No. 1, 2018, hlm. 1333-1340.

Fatimah, F. N. D. (2016). Panduan Melakukan Riset Pemasaran.

Yogyakarta: Quadrant.

Ghozali, H. I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Squares. Semarang: Badan Penerbit - Undip.

Grubor, A., Milovanov, O. (2016). Content Marketing: Creating, Maintaining, and Enhancing Brand Equity. 19th Ebes Conference – Istanbul Proceedings CD, Vol. 2, 2016.

Hudak, M., Kianickova, E., Madlenak R. (2017). The Importance of E- mail Marketing in E-commerce. Procedia Engineering, hlm. 342-347.

Kee, A. W. A., Yazdanifard, R. (2015). The Review of Content Marketing as a New Trend in Marketing Practices. International Journal of Management, Accounting, and Economics, ISSN: 2383-2126 (Online), Vol. 2, No. 9, 2015, hlm. 1055-10

Namira, S. R. N., Wandebori, H. (2016). Measuring The Effectiveness of E- mail Marketing Toward Consumer Decision Journey (A Case Study in Bhinneka.com Indonesia). Journal of Business and Management, Vol. 5, No. 6, 2016, hlm. 727-738.

Kotler, P., Kertajaya, H., Setiawan, I. (2010). Mulai dari Produk ke Pelanggan ke Human Spirit Marketing 3.0. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., Kartajaya, H., Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional Ke Digital.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., Keller, K., L. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., Keller, K., L. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Nurgiyantoro, B., Gunawan, Marzuki. (2017). Statistik Terapan Untuk Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Putra, H. A., Suryono. (2014). Pengaruh Iklan Online Melalui Media Facebook Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Studi Manajemen, Vol. 8, No. 1, 2014, hlm. 12-23.

Puspitasari, P., Tresnati, R., Oktini, D. R. (2017). Pengaruh Content Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen (Survey Pada Konsumen Thirteenth Shoes Bandung). Prosiding Manajemen, ISSN: 2460-6545, 2017.

Rehman, F., U., Ilyas, M., Nawaz, T., Hyder, S. (2014). How Facebook Advertising Affects Buying Behavior of Young Consumers: The Moderating Role of Gender. Academic Research International, ISSN: 2223-9944, eISSN: 2223-9553, Vol. 5, No. 4, 2014, hlm. 395-404.

Salim, A. (2014). The Internet Millionaire. Jakarta: Media Pressindo. Setyawati, R. (2016). Luar Biasa! Jadi Miliarder dengan Internet.

Yogyakarta: FlashBooks.

Subagyo, P. (2017). Statistika Terapan Untuk Mahasiswa Ekonomi & Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Susanto, G. M. (2017). The Power of Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran.

Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Published

2020-02-28

How to Cite

Triwardhani, D. (2020). PENGARUH PROMOSI DIGITAL PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN AGENSI IKLAN ONLINE. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 16(3), 284-296. https://doi.org/10.26487/jbmi.v16i3.9071

Issue

Section

Articles