PENGARUH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN PADA UMKM DI SULAWESI BARAT

DOI:

https://doi.org/10.26487/jbmi.v16i2.7563

Authors

  • Meuti AS Universitas Sulawesi Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pengaruh kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM di Sulawesi Barat yang terdaftar pada Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Barat. Kabupaten Polman dan Kabupaten Majene ditetapkan sebagai populasi sasaran dengan asumsi daerah tersebut sebagai sentra UMKM, kemudian menetapkan jumlah sampel sebanyak 100 orang berdasarkan pendekatan proporsional. Penentuan sampel dilakukan secara acak sederhana (simple random sampling). Pengumpulan data primer dilakukan melalui penyebaran kuesioner di Kabupaten Polman dan Kabupaten Majene. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Variabel kewirausahaan berdampak signifikan terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing.

Downloads

Download data is not yet available.
Read More

Published

2019-10-24

How to Cite

AS, M. (2019). PENGARUH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN PADA UMKM DI SULAWESI BARAT. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 16(2), 180-190. https://doi.org/10.26487/jbmi.v16i2.7563

Issue

Section

Articles