Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ompo Kabupaten Soppeng
DOI:
https://doi.org/10.26487/jbmi.v19i2.23514Keywords:
service quality, customer satisfaction, PDAMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Kantor Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ompo Kabupaten Soppeng. Dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari Tangible (X1), Reability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Adapun populasi dengan jumlah 10.932 pelanggan Kantor Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ompo Kabupaten Soppeng. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 70 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada pelanggan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dengan indikator Reliabity, Responsiveness, Assurance dan Tangible, memberikan pengaruh yang tidak signifikan dan hanya Reliability yang memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ompo Kabupaten Soppeng. Secara simultan kualitas pelayanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ompo Kabupaten Soppeng.Downloads
References
Anandar, Putri Agustina. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda Terhadap Kepuasan Pelanggan di Wilayah Kelurahan Sungai
Assauri, Sofjan. (2013). Srategic Marketing. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Daryanto & Ismanto. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima, Yogyakarta:Gava Media.
Fajar. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Pada: Pdam Tirta Satria Kabupaten Banyumas). Diperoleh dari: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4211/. Diakses 19 Maret 2022.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haryono, Budi. 2016. How to Win Customer Through Customer Service with
Jasfar, 2009. Manajemen Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jaya dkk, 2017. Studi Komperatif Kepuasan PelangganAntara Listrik Pintar (Prabayar) Dan Listrik Konvensional (Pascabayar) Pada PT. PLN (Persero) Area Bali Utara Rayon Singaraja. Ejurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Volume:10 No. 2 Tahun: 2017.
Kuswadi. (2004). Cara Mengukur Kepuasan Karyawan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Kotler,Philip. (2000). Marketing Management. The Millenium Edition, International Edition, Prentice Hall, Inc, New Jersey
Kotler 2015, “Marketing an Introducing Pretiece Hall twelfth edition”, England : Pearson Education, Inc
Kotler, (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Lupiyoadi dan Hamdani. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Lovelock Christopher dkk. (2010). Pemasaran Jasa. Edisi Ketujuh. Penerbit Erlangga.
Parasuraman, A., Valerie Zeithaml, and L.Berry (1988). “Servqual: Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”, Journal of Retailing, Vol. 64, p.12 – 36.
Ratminto dan Winarsih, Atik, Septi (2015). Manajemen Pelayanan Edisi Kedelapan. Yoyyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. (2019). Dasar-Dasar Statistika. Bandung Alfabeta.
Ulfa, W. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Jasa Transportasi Gojek. Diperoleh dari: http://repository.uinsu.ac.id/3449/1/tri%20ulfa%20wardani.pdf. Diakses 18 Maret 2022.
Tjiptono, Fandy. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima.Yogyakarta: Andi.
Utami. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Primissima. Diperoleh dari https://eprints.uny.ac.id/9030/3/BAB%202%20-08404244009.pdf.Diakses 19 Maret 2022.
Wardani. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Bisnis Jasa Transportasi Gojek. Diperoleh dari: http://repository.uinsu.ac.id/3449/1/tri%20ulfa%20wardani.pdf. Diakses 20 Maret 2022.
Yamit, Zulian, (2005). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia, Edisi Pertama Cetakan Kedua.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.