Pengaruh Intervensi Pemerintah Indonesia Melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 12/2019 Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen
Studi Pada Perusahaan Jasa Transportasi Digital Grab Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.26487/jbmi.v18i1.13575Keywords:
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 12/2019, Promosi Penjualan, Kepuasan, dan Loyalitas KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi dari Peraturan Menteri PM 12 2019 dan Promosi Penjualan terhadap Kepuasan serta Loyalitas Konsumen pada perusahaan jasa transportasi digital Grab Indonesia, penelitian ini menggunakan jumlah responden 112 konsumen. Instrumen penelitian ini telah melewati tahap uji Validitas dan Reabilitas. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan analisis data menggunakan Stuctural Equation Modeling (SEM) dioperasikan menggunakan Analysis of Moment Structural (AMOS). Hasil penelitian pada taraf 5% menunjukkan bahwa peraturan menteri PM 12 2019 terhadap kepuasan konsumen sebesar -0,073 < 1,96 dan nilai P 0,941 > 0,05, ini berarti bahwa karakteristik Peraturan Menteri PM 12 2019 tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, peraturan menteri PM 12 2019 terhadap loyalitas konsumen sebesar 3,272 > 1,96 dan nilai P 0,001 <¸0,05, ini berarti bahwa karakteristik peraturan menteri PM 12 2019 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen, promosi penjualan terhadap kepuasan konsumen sebesar 7,057 > 1,96 dan nilai P 0,001 < 0,05. Ini berarti bahwa karakteristik promosi penjualan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel promosi penjualan terhadap loyalitas konsumen sebesar -0,707 < 1,96 dan nilai P 0,48 > 0,05. Ini berarti bahwa karakteristik promosi penjualan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen, variabel kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen sebesar 3,427 > 1,96 dan nilai P 0,001 < 0,05. Ini berarti bahwa karakteristik kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen.Downloads
References
Abdillah, W., & Jogiyanto, H. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. In book.
American Marketing Association. (2012). Definition of Marketing. In About AMA.
Baker, M. J. (Ed.). (2003). The marketing book (5th ed). Butterworth-Heinemann.
Booch, G. (2006). Goodness of fit. IEEE Software. https://doi.org/10.1109/MS.2006.162
Byrne, B. M. (2013). Structural equation modeling with AMOS: Basic concepts, applications, and programming, second edition. In Structural Equation Modeling with AMOS: Basic Concepts, Applications, and Programming, Second Edition. https://doi.org/10.4324/9780203805534
Hasan, D. B. N. (2014). Syariah Marketing. Jurnal Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam.
Haws, K. L., & Bearden, W. O. (2006). Dynamic Pricing and Consumer Fairness Perceptions. Journal of Consumer Research. https://doi.org/10.1086/508435
Henseler, J., & Sarstedt, M. (2013). Goodness-of-fit indices for partial least squares path modeling. Computational Statistics. https://doi.org/10.1007/s00180-012-0317-1
https://www.ama.org/
Indriastjario, I. (2003). Pengembangan Konsep Ruang Komersial Rekreatif Pada Penataan Kawasan Bubakan Kota Semarang. Jurnal Jurusan Arsitektur.
Abdillah, W., & Jogiyanto, H. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. In book.
American Marketing Association. (2012). Definition of Marketing. In About AMA.
Booch, G. (2006). Goodness of fit. IEEE Software. https://doi.org/10.1109/MS.2006.162
Byrne, B. M. (2013). Structural equation modeling with AMOS: Basic concepts, applications, and programming, second edition. In Structural Equation Modeling with AMOS: Basic Concepts, Applications, and Programming, Second Edition. https://doi.org/10.4324/9780203805534
Hasan, D. B. N. (2014). Syariah Marketing. Jurnal Dinar: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam.
Haws, K. L., & Bearden, W. O. (2006). Dynamic Pricing and Consumer Fairness Perceptions. Journal of Consumer Research. https://doi.org/10.1086/508435
Henseler, J., & Sarstedt, M. (2013). Goodness-of-fit indices for partial least squares path modeling. Computational Statistics. https://doi.org/10.1007/s00180-012-0317-1
Indriastjario, I. (2003). Pengembangan Konsep Ruang Komersial Rekreatif Pada Penataan Kawasan Bubakan Kota Semarang. Jurnal Jurusan Arsitektur.
Kotler, P., & Zaltman, G. (1971). Marketing : Approach Planned Social Change. Public Opinion.
Lin, M., & Dula, C. W. (2016). Grab Taxi: Navigating new frontiers. Grab Taxi: Navigating New Frontiers.
Llabre, M. M., & Arguelles, W. (2013). Structural Equation Modeling (SEM). In Encyclopedia of Behavioral Medicine. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1005-9_217
Maydeu-Olivares, A., & García-Forero, C. (2010). Goodness-of-fit testing. In International Encyclopedia of Education. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-044894-7.01333-6
Oliver, R. L. (1999). Whence consumer loyalty? Journal of Marketing. https://doi.org/10.2307/1252099
Oly Ndubisi, N., Har Lee, C., Cyril Eze, U., & Oly Ndubisi, N. (2011). Analyzing key determinants of online repurchase intentions. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics. https://doi.org/10.1108/13555851111120498
Ramirez, R., Melville, N., & Lawler, E. (2010). Information technology infrastructure, organizational process redesign, and business value: An empirical analysis. Decision Support Systems. https://doi.org/10.1016/j.dss.2010.05.003
Mosahab, R., Mahamad, O., & Ramayah, T. (2010). Service Quality, Customer Satisfaction And Loyalty: A Test Of Mediation. International Business Research, 3(4), p72. https://doi.org/10.5539/ibr.v3n4p72
R, M. A. K., Himawan, & F, G. A. (2015). Pengembangan Kewirausahaan Umkm: Suatu Tantangan Di Era Ekonomi Digital. Sustainable Competitive Advantage (SCA).
Sopini, P. (2014). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pelanggan Speedy Pada Pt. Telkom Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya.
Widagdo, A. K., Widodo, A., & Ismail, M. (2016). Sistem Akuntansi Pengelolaan Dana Desa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. https://doi.org/10.24914/jeb.v19i2.336
Wijayanto, I., & Iriani, S. S. (2013). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. 9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.