KAJIAN HIDROSTATIK KAPAL OPERASIONAL KAMPUS USN KOLAKA
DOI:
https://doi.org/10.62012/sensistek.v5i2.24243Kata Kunci:
Kata kunci: Kapal Operasional, Hidrostatik, DesainAbstrak
Pengembangan kampus Universitas Sembilanbelas November Kolaka yang berkedudukan di Kabupaten Buton Tengah memiliki tantangan tersendiri disebabkan karena terpisahnya kedua kampus tersebut dengan lautan. Pemanfaatan armada transportasi laut yang handal perlu kembangkan untuk mempermudah akses dan kordinasi dengan kampus induk. Perencanaan awal kapal telah dibuat dengan memperhatikan faktor desain dan biaya produksi kapal (Mubarak et al, 2021), namun belum melakukan pemodelan kapal serta perhitungan kapal dengan menggunakan bantuan Software terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik hidrostatik kapal serta menghitung tahanan kapal desain. Hasil penelitian didapatkan bahwa dengan panjang kapal 14,5 m, lebar 3,2 m, tinggi 1,5 m akan memiliki hambatan kapal sebesar 11,8 kN dan displacement sebesar 6910 kg terhitung pada sarat kapal 0,45 m, hambatan kapal sebesar 14,2 kN dan displacement sebesar 10408 kg terhitung pada sarat kapal 0,55 m, hambatan kapal sebesar 16,7 kN dan displacement sebesar 13984 kg terhitung pada sarat kapal 0,65 m.Unduhan
Referensi
Ariesta, R.C., Arif, M.S., dan Puspitasari, H.P. 2018. Comparison of Economical Analysis of Wood and Fiberglass Vessels in Randuboto Village, Gresik Regency, East Java. Journal of Economic and Social of Fisheries and Marine, 01: 73–82
Hardjono, S. 2012. Kajian Komparasi Ukuran Utama Kapal Penumpang Catamaran Antara Bahan FRP dan Aluminium. Warta Penelitian Perhubungan, 24 (1): 17–31
Malisan, J. dan Jinca, M.Y. 2019. Kajian Strategi Peningkatan Keselamatan Pelayaran Kapal-Kapal Tradisional. Warta Penelitian Perhubungan, 24 (3): 218–231.
Mubarak, Azhar Aras. 2021. Desain Awal Dan Biaya Pembuatan Kapal Operasional Kampus Usn Kolaka Berbahan Fiberglass. Jurnal Transportasi Vol. 21 No. 2 Agustus 2021: 133–142
Zulfadli, 2017. Prediksi Tahanan Model Kapal Perikanan Menggunakan Aplikasi Maxsurf Dan Delftship Dengan Variabel Kecepatan Pada Peralatan Uji Tarik". Thesis., Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin.
I. M. Suci, A. M. A. Arafat, R. Sagita, A. M. Padaunan, Dan M. Z. M. Alie, “Studi Penelaahan Beberapa Metode Pada Analisis Kekuatan Kapal”, Sensistek, Vol. 3, No. 1, Hlm. 19-25, Nov 2020.
H. Hamzah, “Analysis Of Wave Height To Ship Motion With Displacement Of 7,597 Tons By Finite Element Method”, Journal of Maritime Technology and Society, vol. 1, no. 2, pp. 70-75, Jun. 2022.
Z. Rizky, Z. Zulfikar, T. Rachman, Dan C. Paotonan, “Pentingnya Pengetahuan Tentang Muatan Dan Stabilitas Kapal Bagi Awak Kapal Rakyat Pelabuhan Paotere Makassar Demi Keselamatan Pelayaran”, Sensistek, Vol. 1, No. 1, Hlm. 138-142, Sep 2018.
A. Alamsyah, “The Analysis of Engine Room Vibration of Tugboat 24 M”, Journal of Maritime Technology and Society, vol. 1, no. 3, pp. 93-101, Oct. 2022.
J. Sade, “Analysis Of The Placement And Needs Of General Cargo Ship Tanks With DWT 3650 Tons”, Journal of Maritime Technology and Society, vol. 1, no. 3, pp. 107-113, Oct. 2022.