PERMODELAN EVAKUASI PENUMPANG SAAT KEADAAN DARURAT PADA STUDI KASUS KAPAL PENYEBRANGAN INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.62012/sensistek.v2i1.13221Kata Kunci:
Kata Kunci: Evakuasi, Kecepatan berjalan penumpang, Waktu evakuasi penumpangAbstrak
Data kecelakaan kapal dari Komisi Nasional Keselamatan Kapal (KNKT) selama 7 tahun terakhir (2010 – 2016) sudah mencapai 54 kasus, jumlah tersebut semakin meningkat setiap tahunnya. Kecelakaan kapal terbagi atas kapal tenggelam, tubrukan dan terbakar. Selama rentang 5 tahun tersebut, sebanyak 337 orang meninggal atau hilang dan 474 orang mengalami luka. Perlu dilakukan evaluasi serta pemberian rekomendasi untuk proses evakuasi apabila terjadi kecelakaan. Proses analisa khususnya pada evakuasi penumpang, masih menggunakan standart IMO (Internasional Maritime Organization) terkait data kecepatan berjalan baik dari penumpang maupun kru kapal. Pada penelitian ini akan dilakukan analisa kecepatan lari penumpang pada beberapa daerah di Indonesia saat berada di kapal. Hasil analisa yang diperoleh akan mengetahui apakah proses evakuasi yang ada sudah sesuai dengan standart IMOMSC.1/Circ 1238. Selain kecepatan berjalan penumpang, yang akan dianalisa kemudian adalah distribusi posisi dan perilaku penumpang ketika sedang berlayar.Unduhan
Referensi
A. H. Muhammad, D. Paroka, and Bahrun, “Analisis Lokasi Kritis Jalur Evakuasi Penumpang Kapal Penyebrangan Antar Pulau,” Semin. Teor. dan Apl. Teknol. Kelaut., no. 2013, pp. 25–31, 2013.
C. Fuad and W. D. Aryawan, “Studi Perencanaan Model Evakuasi Sederhana,” J. Tek. POMITS, 2011.
C. W. Chu, H. A. Lu, and C. Z. Pan, “Emergency evacuation route for the passenger ship,” J. Mar. Sci. Technol., vol. 21, no. 5, pp. 515–521, 2013.
IMO, “Guidelines for evacuation analysis for new and existing passenger ships,” International Maritime Organization. pp. 1–46, 2007.
IMO, “International Safety Management Code for The Safe Operation of Ship and for Pollution Prevention,” International Maritime Organization, vol. 741, no. 18. pp. 1–9, 1993.
IMO, “Interim Guidlines for Evacuation Analyses for New and Existing Passenger Ships,” International Maritime Organization, vol. 4, no. July. 2002.
Komite Nasional Keselamatan Transportasi, “Data Investigasi Kecelakaan Pelayaran Tahun 2010 - 2016,” Indonesia, 2016.
K. R. Hapsari, S. Wignjosoebroto, and A. Rahman, “Pengembangan Model Evakuasi Keadaan Darurat di Kapal Ferry dengan Mempertimbangkan Perilaku ABK Melalui Simulasi dan Studi Etnolografi Penumpang Kapal,” Pros. Semin. Nas. Manaj. Teknol. XVIII, pp. 1–7, 2013.
R. A. Klein, SFPE handbook of fire protection engineering (1995), vol. 29, no. 1. 1997.
R. Brown, E. R. Galea, S. Deere, and L. Filippidis, “Passenger response time data-sets for large passenger ferries and cruise ships derived from sea trials,” Trans. R. Inst. Nav. Archit. Part A Int. J. Marit. Eng., vol. 155, no. PART A2, pp. 97–103, 2013.
T. Pitana, K. B. Artana, D. Prasetyawati, and N. Siswantoro, “Observation Study the Walking Speed and Distribution of Ship’s Passengers as Basis for Passenger Evacuation Simulation,” Appl. Mech. Mater., vol. 862, pp. 232– 237, 2017.