ANALISA DAMPAK KINERJA PT PELINDO PASCA DI-MERGER

Penulis

  • Nuralamsyah Nuralamsyah Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin
  • Abd Nasser Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin
  • Marselinus Aril Patunggu Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v5i2.24237

Kata Kunci:

Kata Kunci: Pelindo, Merger, Dampak

Abstrak

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan sejarah panjang maritim, tentu memiliki banyak juga Pelabuhan sebagai sarana untuk meningkatkan ekonomi Indonesia khususnya di sektor maritim. Oleh karena itu Pelabuhan Indonesia (Pelindo)  terbentuk, dimana Pelabuhan Indonesia (Pelindo) merupakan pelabuhan kelas dunia yang menawarkan layanan terintegrasi antar pelabuhan pada Indonesia. Pelindo adalah perusahaan yang terbentuk dari penggabungan empat perusahaan pelabuhan nasional yaitu PT Pelindo I (Persero), PT Pelindo II (Persero), PT Pelindo III (Persero) serta PT Pelindo IV (Persero). Didirikan pada 1 Oktober 2021. Pelindo menjadi perusahaan yang terintegrasi karena inisiatif strategis pemerintah menjadi pemegang saham untuk mewujudkan konektivitas nasional serta jaringan ekosistem logistik yg lebih kuat. Konektivitas maritim mempertinggi konektivitas antar pelabuhan domestik dan mancanegara. Salah satu cara terbaik untuk memperkuat fondasi perusahaan sesuai dengan konstitusi hukumnya adalah melalui penggabungan usaha. Pasalnya, strategi merger yang dilakukan diharapkan dapat mempercepat perusahaan dalam mencapai tujuannya. Keputusan penggabungan Pelindo merupakan langkah untuk meningkatkan akses ke pasar dan teknologi global, mencapai efisiensi operasional, mendorong inovasi, berbagi sumber daya dan mengurangi biaya logistik domestik. Setelah penggabungan Pelindo, ada dampak yang dirasakan seperti peningkatan efisiensi serta produktivitas dalam kinerja operasional pelabuhan. Selain itu, efek positif dari merger akan tercermin dalam penerapannya terhadap kinerja perusahaan. Dimana kinerja perusahaan Pelindo terjadi peningkatan pada tahun 2021 dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang dibuktikan dengan peningkatan arus barang, baik peti kemas maupun yang bukan peti kemas. Dan terakhir, upaya Pelindo untuk menekan biaya logistik dalam negeri dilakukan dengan meningkatkan produktivitas bongkar muat serta mengurangi waktu yang dihabiskan dalam port stay dan docking kapal di pelabuhan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fajri, Moh. 19 Mei 2022. Setahun Merger, Begini Upaya Pelindo Kurangi Biaya Logistik di Pelabuhan. Dalam https://kumparan.com/kumparanbisnis/bos-pelindo-ungkap-cara-kurangi-biaya-logistik-di-pelabuhan 1y6Y2DPedyG/full diakses pada 24 Oktober 2022

Fatima, Noer Fatimah. 18 November 2021. PT. Pelabuhan Indonesia Merger, Kejar Peluang atau Tantangan?. Dalam https://www.aeec.unair.ac.id/pelabuhan-indonesia-merger-kejar-peluang-atau-tantangan/ diakses 23 Oktober 2022

Mahadi, Tendi. 09 Mei 2022. Kinerja Operasional Terminal Peti Kemas Meningkat Usai Merger Pelindo. Dalam https://newssetup.kontan.co.id/news/kinerja-operasional-terminal-peti-kemas-meningkat-usai-merger-pelindo diakses pada 23 Oktober 2022

Melani, Agustina. 20 September 2021. Ini Alasan Merger Pelindo I-IV. Dalam https://www.liputan6.com/saham/read/4663407/ini-alasan-merger-pelindo-i-iv diakses pada 22 Oktober 2022

Oceanweek. 23 September 2022. Setahun Merger, Pelindo Mulai Menunjukkan Hasilnya. Dalam https://oceanweek.co.id/setahun-merger-pelindo-mulai-menunjukkan-hasilnya/ diakses pada 24 Oktober 2022

Pelindo III. 2021. Majalah Dermaga. Pengamat : Merger Pelindo adalah langkah paling relevan saat ini, Edisi 263 Juli 2021.

Pelindo. 2021. United We Stand. Laporan Tahunan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Tahun 2021.

Pelindo.co.id. Sejarah Pelindo. Dalam https://pelindo.co.id/page/sejarah-pelindo diakses pada 23 Oktober 2022

Pemerintah Indonesia. 2021. Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2021 Tentang Penggabungan PT Pelindo I, III, dan IV (Persero) ke Dalam PT Pelabuhan Indonesia II (Persero). Jakarta

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2017 tentang Perseroan Terbatas. Jakarta.

Priadi Dkk. 2021. Biaya Logistik Sektor Transportasi Laut Dan Pengaruhnya Terhadap PDB Nasional dalam Jurnal Transportasi Multimoda, Vol 19 (2) (2021): 25-34

Supply Chain Indonesia. 2022. Biaya Logistik: Pemerintah Anggap Tantangan, Pelindo Upayakan Penurunan. Dalam https://supplychainindonesia.com/biaya-logistik-pemerintah-anggap-tantangan-pelindo-upayakan-penurunan/ diakses pada 24 oktober 2022

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-26

Cara Mengutip

Nuralamsyah, N., Nasser, A., & Patunggu, M. A. (2022). ANALISA DAMPAK KINERJA PT PELINDO PASCA DI-MERGER . Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 5(2), 100-105. https://doi.org/10.62012/sensistek.v5i2.24237

Terbitan

Bagian

Rekayasa dan Manajemen Kepelabuhanan