Review of Port Structural Strengthening Analysis and Shiphull Interaction According to Fluid Drag Forces (Using the CFD Method) Over the Expected Lifetime of the Port
DOI:
https://doi.org/10.62012/zl.v4i1.24306Keywords:
dinding dermaga, gaya angin, CFD, interaksi kapal hidrodinamikAbstract
Kompleksitas dinamika pelabuhan sesuai dengan struktur mekanis membuat pemahaman tentang penguatan strukturpelabuhan sangat bervariasi. Bahkan, dalam makalah analisis ini, kami akan berharap dapat memberikan tinjauan ringkastentang pengamatan, teori, dan hasil model pada beberapa beban signifikan akibat gaya seret fluida baik gaya hidro danaerodinamika yang disebabkan oleh lambung kapal ke dalam struktur pelabuhan (quay wall). Beban ini adalah varian dandapat diklasifikasikan dalam makalah kami sebagai hambatan yang disebabkan oleh beban angin selama tambatan kapal,rotasi kapal di area belok serta hambatan yang disebabkan oleh kapal yang lewat di kapal yang ditambatkan. Dengan katalain, Tambatan kapal sangat penting untuk pelabuhan dan terminal, yang bekerja dengan kapal besar dan kapal denganarea permukaan angin besar yang akibatnya menciptakan gaya hidrodinamik dan aerodinamis yang tinggi pada sistemtambatan dinding kapal dan dermaga. Selanjutnya, kami menerapkan alat CFD untuk menentukan hambatan fluida yangbekerja pada lambung dan dinding dermaga pelabuhan dengan menggunakan estimasi observasional dan dibandingkandengan data eksperimental di beberapa pelabuhan tersibuk di dunia untuk memvalidasi keakuratan CFD.Downloads
References
A. Ricci, W. J. (2020). CFD simulation of wind forces on ships in ports: Case study for the RotterdamCruise Terminal. Journal of Wind Engineering & Industrial Aerodynamics, 205.
Nallayarasu, V. N. (Apr 2019.). CFD simulation of the passing vessel effects on moored vessel. Ships andOffshore Structures, Article views: 48 , 1-17.
Paulauskas, V. (2016). Ship and quay wall mooring system capability evaluation. 6th Transport ResearchArena (pp. 18-21). Lithuania: Elsevier B.V.
W.D. Janssen, B. B. (2017). CFD simulations of wind loads on a container ship: Validation and impactof geometrical simplifications. Journal of Wind Engineering and Industrial Aerodynamics, 106-116.
I. J. Caecielia and N. D. Tuharea, “Analisys of Hull Shape Art, Speed, Resistance, Power Using Holtrop Method On A Vessel With DWT 12,335 Ton”, mp, vol. 1, no. 3, Oct. 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mohammed Hussein Ba Naga, Muhammad Rakin Firas, Fuad Mahfud Assidiq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Allow anyone to modify, improve, and make derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit to you for the original work.