STRATEGI UMKM TAX CENTER UNIVERSITAS GUNADARMA MENEMBUS PASAR GLOBAL
DOI:
https://doi.org/10.20956/pa.v8i4.32687Keywords:
Digital marketing, product photos, legal aspectsAbstract
Gunadarma University (UG) is consistently actively developing Micro Small and Medium Enterprises (MSMEs), especially in the Depok City area. Gunadarma University, through the tax centre, continues to collaborate with industry players and several related parties to support government programs in empowering and advancing MSMEs, where one of the activities carried out is assistance services for MSME needs. Assistance services for MSME need to be carried out by the PKM Tax Center team at Gunadarma University. PKM activities take the form of assisting MSMEs through digital marketing platforms, product photos and legal aspects as a strategic effort for MSMEs to penetrate the global market. This PKM activity aims to improve the capabilities of MSME managers and owners in using digital platforms and product photos as sales machines for MSMEs and understanding the legal aspects needed to penetrate the global market. The method of service activities is education and mentoring through consultation and discussion. This activity was attended by 40 MSMEs assisted by the Gunadarma University Tax Center and PKM-Abdimas Lecturers. The result of this service activity is that MSMEs assisted by the Gunadarma University Tax Center can understand and increase their insight into digital marketing materials, become familiar with product photos using AI and understand what legal aspects must be met to penetrate the global market through education. Accompanying lecturers as implementers of community service can help MSMEs answer the problems they face through consultation and discussion corners. --- Universitas Gunadarma (UG) konsistensi aktif melakukan pembinaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya di wilayah Kota Depok. Universitas Gunadarma melalui tax center terus berkolaborasi dengan para pelaku industri dan beberapa pihak terkait untuk mendukung program pemerintah dalam pemberdayaan dan memajukan UMKM, dimana salah satu kegiatan yang dilakukan adalah layanan pendampingan kebutuhan UMKM. Layanan pendampingan kebutuhan UMKM yang dilakukan oleh tim PKM Tax Center Universitas Gunadarma. Kegiatan PKM berupa pendampingan UMKM melalui platform pemasaran digital, foto produk dan aspek legalitas sebagai upaya strategi UMKM menembus pasar global. Tujuan kegiatan PKM ini untuk meningkatkan kapabilitas pengelola dan pemilik UMKM dalam pemanfaatan platform digital, foto produk sebagai mesin penjualan bagi UMKM serta memahami aspek legalitas yang diperlukan untuk menembus pasar global. Metode kegiatan pengabdian ini ceramah, pendampingan melalui konsultasi dan diskusi. Kegiatan ini diikuti oleh 40 pelaku UMKM binaan Tax Center Universitas Gunadarma dan Dosen PKM-Abdimas. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah UMKM binaan Tax Center Universitas Gunadarma mampu memahami dan menambah wawasan mengenai materi pemasaran digital, mengenal foto produk dengan AI dan paham aspek legalitas apa saja yang harus dipenuhi untuk menembus pasar global melalui ceramah. Dosen pendamping sebagai pelaksana pengabdian masyarakat dapat membantu UMKM menjawab permasalahan yang dihadapi dengan melalui pojok konsultasi dan diskusi.Downloads
References
Agustini, M. Y. D. H., Nugroho, A. C., Setyowati, L., Tjahjadi, B. F., & Astuti, E. P. W. P. (2022). Pelatihan Pemasaran Online Sebagai Upaya Pengembangan Batik Gesek Godhong RW6 Kelurahan Tegalsari, Semarang. Jurnal Panrita Abdi, 6(3), 504–510. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi
Fahira, K. T., & Yasin, R. M. (2022). Peningkatan Nilai Produk Melalui Perijinan PIRT, Sertifikasi Halal dan Digital Marketing Pada UMKM Sirup Parijoto. Semar (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(2), 173. https://doi.org/10.20961/semar.v11i2.64034
Febriyanti, T., & Farida, S. N. (2023). Peran Foto Produk Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk UMKM Desa Karangan The Role Of Product Photos As Promotional Media To Increase The Sales Volume Of UKM Karangan Village Products. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 20–27. https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i3.168
Jasri, Nadia, A., Hasanuddin, & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452
Kamalina, A. R. (2023). Pemerintah Optimistis Target 30 Juta UMKM Go Digital Tercapai pada 2024. Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20231204/9/1720793/pemerintah-optimistis-target-30-juta-umkm-go-digital-tercapai-pada-2024
Melati, I. S., Margunani, M., Mudrikah, S., & Pitaloka, L. K. (2020). Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Panrita Abdi, 4(2), 155-163. https://doi.org/10.20956/pa.v4i2.7685
Nailah, U. F., & Sholihah, D. D. (2023). Peningkatan Social Media Marketing Melalui Pelatihan Fotografi Produk Pada UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Melalui Produk. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi 2(3), 151-162. https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v2i3.197
Purwanti, L., Triyuwono, I., Martiningsih, R. S. P., & Nasyi’ah, E. Z. (2023). Digitalisasi dan Legalisasi UMKM Desa Langenharjo Kabupaten Kediri. Abdimas, 27(1), 40–44. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/
Rudiana, R.-, Sutisna, J., & Afifah, D. F. (2022). Pengembangan Kewirausahaan Produk Makanan Berbasis Potensi Lokal Di Desa Cilembu Sumedang. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 3(2), 65. https://doi.org/10.24198/sawala.v3i2.38537
Sakti, I. M., Pratiwi, D. C., & Jati, S. C. (2022). Pelatihan Fotografi dan Editing untuk Meningkatkan Promosi Produk Kerajinan Rajut. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 451–464. https://ejournal.uksw.edu/jms/article/view/6825
Septya, F., Rosnita, Yulida, R., & Andriani, Y. (2022). Peningkatan Kapasitas Usaha UMKM di Kelurahan Labuh Baru Timur Kota Pekanbaru. ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, Dan Sosial Humaniora 1(1), 36–45. https://doi.org/10.37859/abdimasekodiksosiora.v1i1.3172
Subawa, S., Yansen, M., Agung, A., Wirajaya, M., & Rahmadi, R. (2021). Penerapan Digital Marketing Arak Bali Produksi Desa Besan. Jurnal Panrita Abdi, 5(3), 338–344. https://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/9717
Susanti, I., Woelandhary, A. D., Jatnika, T., Kadafi, M. R., & Lestari, S. K. (2023). Pelatihan Smartphone Fotografi pada Pelaku UMKM di Tanggerang Selatan. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(3), 551–558. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.3.597-606.2023
Yulianto, H. (2023). Pacu UMKM Tembus Pasar Global, Universitas Gunadarma Gelar “Workshop” Pemanfaatan Platform Digital. Majalahpajak.Net. https://majalahpajak.net/pacu-umkm-tembus-pasar-global-universitas-gunadarma-gelar-workshop-pemanfaatan-platform-digital/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Desi Pujiati, Beny Susanti, Nola Marina, Dewi Putrie Lestari, Feni Andriani, Sugiharti Binastuti, Sendi Eka Nanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.