PELATIHAN KETERAMPILAN DASAR DALAM MENULIS KARYA ILMIAH

Authors

  • Nadya Fadillah Fidhyallah Universitas Negeri Jakarta
  • Aditya Pratama Universitas Negeri Jakarta
  • Dewi Agustin Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v7i2.18085

Keywords:

Referencing manager software mendeley, paraphrase, grammarly

Abstract

Research in Indonesia is indicated to be of low quality because of the many cases of plagiarism and research jockeys which are currently still a problem in the world of writing in Indonesia. Researchers are required to always prioritize originality of ideas, be able to use research support tools and master the skills that support research activities. Based on this, through PPM activities in the form of basic research skills training, we hope that lecturers and researchers can have the ability to maximize applications to support scientific writing. This activity is intended for non-UNJ lecturers with the aim of providing basic research skills to assist lecturers in writing scientific articles to be published in international journals. This activity has three achievement targets, namely the ability of partners to increase in terms of applying Mendeley software, avoiding plagiarism using paraphrase and using the Grammarly application. This activity is carried out in the form of training through the Zoom application and Whatsapp Group as a means of supporting information.  ---  Penelitian di Indonesia terindikasi belum berkualitas karena banyaknya kasus plagiasi maupun joki penelitian yang saat ini masih menjadi permasalahan dalam dunia karya tulis di Indonesia. Peneliti dituntut untuk selalu mengedepankan orisinalitas ide, mampu menggunakan perangkat penunjang penelitian dan menguasai keterampilan-keterampilan yang menunjang aktivitas peneltian. Berdasarkan hal tersebut, melalui kegiatan PPM berupa pelatihan keterampilan dasar penelitian ini kami berharap dosen maupun para peneliti dapat memiliki kemampuan dalam memaksimalkan aplikasi-aplikasi penunjang penulisan karya ilmiah. Kegiatan ini ditujukan untuk para dosen non-UNJ dengan tujuan memberikan keterampilan dasar penelitian untuk membantu para dosen dalam melakukan penulisan artikel ilmiah yang akan diterbitkan di jurnal internasional. Kegiatan ini memiliki tiga target capaian yaitu kemampuan mitra bertambah dalam hal pengaplikasian software Mendeley, menghindari plagiasi menggunakan Paraphrase dan menggunakan aplikasi Grammarly. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan melalui aplikasi zoom dan Whatsapp Group sebagai sarana informasi pendukung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamamah, & Hapsari, Y. (2020). Strategi Riset dan Publikasi Penelitian Bahasa (Cetakan Pe). Universitas Brawijaya Press.

Khairina, N., Perdana, A., & Harahap, M. K. (2020). Academic Writing : Optimalisasi Mendeley , Grammarly dan Google Translate dalam Pengabdian Webinar Series IKAPASTI-USU. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September, 1–9.

Manunggal, Cahyo, Y., & Christiani., L. (2018). Pemanfaatan Sistem Deteksi Plagiarisme Menggunakan Turnitin Pada Jurnal Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2), 231–240.

Mukti, A. G. (2018). Tidak Ada Alasan untuk Tidak Menulis Publikasi. Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dan Dikti.

Mukti, A. (2019, October). Workshop Peningkatan Kualitas Publikasi, Dosen Dituntut Membuat Jurnal Internasional Berkualitas. Tribunnews.

Patak, A. A., & Akib, E. (2017). Hindari Plagiat dengan Mendeley (M. B. Jafar (ed.)). Google Books.

Pramudyo, A. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Dosen Negeri pada Kopertis Wilayah V Yogyakarta. Jurnal Bisnis : Teori Dan Implementasi, 1(1), 1–11.

Rohmah, N., & Huda, M. A. (2016). Strategi Penigkatan Kemampuan Dosen dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah.(Kabupaten Lomongan). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1312–1322.

SARI, R. A., Yunindyawati, & Safira, S. (2020). Fenomena Jasa Joki Skripsi pada Kalangan Mahasiswa di Kota Jambi. Diss. Sriwijaya University.

Waningyun, P. P., Suwandi, S., & Setyawan, B. (2017). Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Melalui Teknik Parafrase Lagu Populer di Sekolah Menengah Atas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 180–188.

Wibowo, A. (2012). Mencegah dan Menanggulangi Plagiarisme di Dunia Pendidikan. Kesmas: National Public Health Journal, 6(5), 195. https://doi.org/10.21109/kesmas.v6i5.84

Widyanuratikah, I. (2019, November). Publikasi Ilmiah tak Sebanding Jumlah Dosen dan Mahasiswa. Republika.

Windarto, A. P., Hartama, D., & Wanto, A. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145–150.

Downloads

Published

2023-03-14

How to Cite

Fidhyallah, N. F. ., Pratama, A. ., & Agustin, D. . (2023). PELATIHAN KETERAMPILAN DASAR DALAM MENULIS KARYA ILMIAH. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 275-284. https://doi.org/10.20956/pa.v7i2.18085