PEMANFAATAN MEDIA VIDEOGRAFIS SEBAGAI SARANA PROMOSI DALAM RANGKA PENINGKATAN PANGSA PASAR HASIL KERAJINAN PANDAI BESI DI KECAMATAN SANGGALANGI’ KABUPATEN TORAJA UTARA DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.20956/pa.v6i1.12869Keywords:
Video, blacksmith, crafts, promotion, social mediaAbstract
This community services program aims to foster the promotion of two groups of blacksmith craftsmen at Sanggalangi district to increase the iron craft products sales, which decreased drastically due to the pandemic Covid-19. The promotion method uses video graphics distributed through social media networks like Instagram, Facebook Market, and WhatsApp. The results showed some increase in the selling of the iron craft from both groups of target blacksmiths. --- Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu promosi kelompok pengrajin pandai besi di Kecamatan Sanggalangi’ menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi berbasis media sosial untuk meningkatkan jumlah penjualannya yang saat ini mengalami penurunan akibat pandemi covid-19. Metode promosi yang digunakan adalah videografis yang hasilnya disebarkan melalui jejaring media sosial seperti: instagram, facebook market, dan WhatsApp. Hasilnya diperoleh peningkatan jumlah penjualan yang cukup baik pada kedua kelompok pengrajin sasaran.Downloads
References
Miri, G., Barus, B., & Soma, S. (2014). Analisis Perencanaan Prioritas Jaringan Jalan Untuk Pengembangan Wilayah Di Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Tanah dan Lingkungan, 16(1), 1-8.
Rustam, E. (2019). Handicraft Bercorak Sosio-Kultural Sebagai Alternatif Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat Muslim Marginal di Kabupaten Toraja. Diambil dari http://repository.iainpalopo.ac.id/handicraft diakses tanggal 13 Juli 2021
Wulansari, D. A. (2015). Pengaruh Penjualan On-line Terhadap Omzet Penjualan Butik Zieta Desa Sewulan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun. Jurnal EQUILIBRIUM, 3(2), 134-143.
Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. W., & Hadi, W. (2016). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal EKA CIDA, 1(1), 30-39.
Lathifah, Z., & Lubis, D. P. (2017). Hubungan Penggunaan Media Sosial DenganPerkembangan Usaha Kecil Dan Menengah Kuliner Wilayah Solo Raya. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(1), 75-88.
Melati, I. S., Margunani., Mudrika, S., & Pitaloka S. K. (2020). Upaya Optimalisasi Praktek Digital Marketing Untuk Menngkatkan Hasil Penjualan Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Panrita Abdi, 4(2), 155-163
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. (2018). Panduan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Edisi XII, pp.59
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi-Kemdikbud. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Edisi I, pp.22-29
Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) Unhas. (2020). Panduan Teknis Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, pp.25-47
Badan Pusat Statistik. (2020). Kecamatan Sanggalangi’ Dalam Angka, pp.73
Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Daerah Kabupaten Toraja Utara, pp.11
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Beatrix Saludung, Delvia Datu Padang, Muhammad Kurnia, Fredryk Mandey
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.