Pembelajaran Maharah Kalam pada Program Kursus Bahasa Arab Pondok Pesantren Darul Lughah wad Dirasatil Islamiyah
DOI:
https://doi.org/10.20956/jna.v17i1.8630Keywords:
Pembelajaran maharah kalam, program kursus, efektivitas, efisiensiAbstract
Penilitian tentang pembelajaran maharah kalam pada program kursus bahasa Arab spesial Ramadhan di Pondok Pesantren Darul Lughah Wad Dirasatil Islamiyah (PP. DLWI) Pamekasan Madura ini menarik untuk dikaji, karena program ini dapat menjadikan pesertanya mampu berbicara bahasa Arab dalam 21 hari sesuai tingkatan masing-masing, yaitu mubtadi’, mutawassith, dan mutaqaddim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) proses pembelajaran maharah kalam dari segi materi, metode, media dan evaluasi, (2) efektivitas, dan (3) efisiensi pembelajaran maharah kalam pada program kursus bahasa Arab spesial Ramadhan di PP DLWI Pamekasan Madura. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observari, wawancara, angket dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis menggunakan metode deskriptif, sedangkan data kuantitatif menggunakan statistik sederhana yang terdiri atas: tahap persiapan, tabulasi dan pengolahan data. Hasil penelitian ini adalah (1) proses pembelajaran maharah kalam terdiri atas: a) materi pada tingkat mubtadi’ tentang aktifitas sehari-hari, tingkat mutawassith mempelajari tentang aktifitas di hari libur dan kegiatan di bulan Ramadhan, dan pada tingkat mutaqaddim mempelajari tentang aktifitas ekonomi, kebahasaan, politik, dan olah raga, b) metode pembelajaran pada tingkat mubtadi’, mutawassith dan mutaqaddim menggunakan metode langsung, c) media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis, gambar, lukisan, foto, VCD, LCD dan proyektor, sedangkan d) evaluasi pembelajarannya berbentuk tes lisan dan tertulis di akhir pembelajaran, (2) efektivitas pembelajaran maharah kalam pada program ini adalah: tingkat mubtadi’ sebesar 87,33% (sangat efektif), tingkat mutawassith sebesar 95,6% (sangat efektif), dan tingkat mutaqaddim sebesar 98% (sangat efektif). 3. Efisiensi pembelajaran maharah kalam pada program ini adalah: tingkat mubtadi’ sebesar 88,25% (sangat efisien), tingkat mutawassith sebesar 90,88% (sangat efisien), dan tingkat mutaqaddim sebesar 94,05% (sangat efisien).Downloads
References
Anshor, A. M. 2009. Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-Metodenya. Cet. 1. Yogyakarta: Teras.
Arsyad, Azhar. 2010. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmansyah. 2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara
Effendy, Ahmad fuad. 2012. Metodoogi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat
Farkhana, Nirmala Fildza. 2017. Pembelajaran Maharah Al Kalam Siswa Kelas Unggulan di Mts N 2 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto: 4
Firminus. 2013. Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Matematika. Artikel Penelitian. Pontianak: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura: 4
Harahap, Partomuan. 2017. Perbandingan Pengajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Curup. Jurnal Bahasa Arab. 1(2): 154-178
Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Branch, R. M. 2009. Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer
Mardliyah, Siti. 2009. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (VCD) dan Media Audio terhadap Pencapaian Prestasi Belajar Bahasa Arab ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa. Tesis. Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta: hal. 93
Miladya, Junda. 2015. Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konasbra, (1): 179-18
Musakkir. 2015. Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kabupaten Tanah Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1): 38
Nuha, Ulin. 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Pres
Rosyidi, Abdul Wahab. 2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press
Rosyidi, Abdul Wahab dan Ni’mah, Mamlu’atul. 2012. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press
Rusdy Ahmad Thu’aimah dan Mahmud Kamil al-Nâqah dalam Hady, Yazid. 2019. Pembelajaran Mahārat al-Kalām. al Mahāra Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. 5(1): 63-84
Syamsudin dan Damaianti. 2011. Metode penelitian pendidikan bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wa Muna. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Teras. Hal 66
Wulandari, Diana. 2016. Model Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Peminatan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2): 851-856
Zainuddin, Radliyah. Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Jogjakarta: Pustaka Rihlah Group, hal.96