Penerapan Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Santriwati Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2
DOI:
https://doi.org/10.20956/jna.v21i1.33898Abstract
Penerapan pembelajaran bahasa arab sebagai solusi untuk peningkatan keterampilan berbicara santriwati memiliki tujuan untuk mengembangkan keterampilan santriwati dalam berbahsa arab. Sehingga santriwati dapat memiliki pengetahuan dalam berbahasa yang dapat digunakan sesuai kaidah bahasa arab. Gontor telah memberikan berbagai macam pengetahuan tentang pembelajaran bahasa arab agar membentuk santriwati nya dapat teladan berbahasa dan memiliki peningkatan keterampilan dalam berbahasa. Penelitian ini ditulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang memberi penjelasan tentang pembelajara bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan santriwati di pondok modern Darussalam gontor putri 2. Berdasarkan hasil sebuah analisis penelitian ini, penerapan pembelajaran bahasa arab menjadi salah satu pondasi yang sangat penting untuk meningkatkan keterampilan berbahasa dan memberikan pengetahuan tentang berbahsa sesuai dengan pembelajaran kaidah bahasa arab yang benar. Pendidikan bahasa arab yang menjadi proses santriwati dalam menerima ilmu itu berasal dari penerapan pembelajarannya dan fasilitator yang selalu memberikan motivasi dan pembelajaran kepada santriwati pondok modern Darussalam gontor putri 2. Hal tersebut membentuk kepribadian santriwati untuk terus berkembang dalam meningkatkan keterampilan berbahasa di berbagai aspek ilmu pengetahuan yang seluruhnya berkaitan dengan bahasa arab. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab; Keterampilan Berbahasa Arab; Pendidikan Bahasa Arab;Downloads
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Fahrurrozi Aziz. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika dan Solusinya. Arabiyat (Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban), 1(September 2014).
Fakhrurrazi, F. (2018). HAKIKAT PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. At-Tafkir. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Husna, E. U., Abdul, U. K., Hasbullah, W., Prodi, D., Agama, P., Fakultas, I., … Universitas, I. (2021). Strategi Pembelajaran Program Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Daya Saing Alumni Di Era Revolusi Industri 4.0 Di Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin Suci Manyar Gresik. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), Vol. 4, pp. 51–58.
Majid, A. (2011). Perencanaan pembelajaran mengembangkan kompetensi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mandzur, M. bin M. bin A. J. al-D. I. (n.d.). Lisan al-’Arab (3rd ed.; Daar Shadir Publisher, Ed.). Beirut.
Masturoh, F., & Mahmudi, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(2), 207–232. https://doi.org/10.52593/klm.04.2.07
Muhammad Khoirul Muttaqien. (2021). Sejarah Perkembangan Gontor Putri.
Muriyatmoko, D., Pradhana, F. R., & Musyafa’, Z. A. (2019). Durus Al-Lughah Gontory: Media Pembelajaran Bahasa Arab untuk Pemula Menggunakan Metode Langsung. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019611259
Nurjana. (2022). Peran Bahasa Arab dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Dan Peradaban Islam. Jurnal Literasiologi.
Paper, W., Guzman, K. C., Oktarina, N., & Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008). Economic Education Analysis Journal.
Pewangi, M. (2017). TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i1.347
Putri, D. G. (2022). Implementasi Manajemen Pendidikan Pesantren dalam Pembentukan Karakter Santriwati di Pondok Modern Darussalam gontor putri 1. 10(02), 1–17.
Rohendi, E. (2009). Ajaran Agama dan Pembentukan Kepribadian. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v1i1.2713
Rosyidi, A. W. (n.d.). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab.
Sanah, S., Odang, O., & Lutfiyani, Y. (2022). Model Pengembangan Keterampilan Berbahasa Arab di Pesantren. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6(2), 271–293. https://doi.org/10.15575/jpba.v6i2.20164
Soleh, A. K. (2011). RASIONALISME ISLAM BERAWAL DARI BAHASA. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 2(1). https://doi.org/10.18860/ling.v2i1.554
Sudaryanto, S., Hermanto, H., & Gustiani, E. I. (2019). Media Sosial sebagai Sarana Pembinaan Bahasa Indonesia di Era Digital. Kode: Jurnal Bahasa.
Syamsu, P. K. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 18.
Tasya Awlia. (2020). Metode Pengumpulan Data: Kuantitatif dan Kualitatif.
Ulfa, M., & Saifuddin. (2018). Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran. Suhuf.
Yasin, A., Fadlurrahman, Sayadi, & Muhammad. (2023). Urgensi Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Milennial (The Urgency Of Arabic Learning Strategies In The Millennial Era). Innovative: Journal Of Social Scieance Research, 3(2), 275–286. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Yusuf, M. (2019). Kajian Teoritik Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Humanistik Di Madrasah Ibtida’iyah. Shaut Al Arabiyyah, 7(2), 132. https://doi.org/10.24252/saa.v7i2.10752
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
All right reserved. The articles in this journal are under copyright of journal Nady al-Adab and the author of the article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal management