Penerapan Reward dan Punishment Sebagai Strategi Pembinaan Disiplin Berbahasa Arab Siswa TMI Putri Al-Amien Prenduan
Penerapan Reward dan Punishment
DOI:
https://doi.org/10.20956/jna.v20i3.31826Abstract
Abstrak Penerapan reward dan punishment merupakan salah satu strategi pembinaan dan penanaman karakter disiplin berbahasa Arab siswa dengan tujuan agar memudahkan wali kelas, para pengajar dan penanggungjawab bagian bahasa dalam mendisiplinkan siswanya, terlepas dari itu juga agar siswa senantiasa terbiasa dan konsisten dengan hidup berdisiplin khususnya disiplin berbahasa Arab serta memotivasi siswa agar terus keterampilan bahasa yang dimilikinya dan meraih prestas. Selain itu, ajuga untuk memberikan efek jera bagi yang melanggar tata tertib dan peraturan yang telah disepakati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Seluruh siswa kelas V DIA A TMI Putri dengan jumlah 27 siswa dijadikan sebagai populasi penelitian dan yang akan dijadikan sebagai sample penelitian dengan jumlah keseluruhan siswa atau 100% dari jumlah populasi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini penerapan reward dan punishment sebagai strategi dalam membina dan menanamkan karakter disiplin berbahasa Arab siswa dapat memudahkan para guru dalam membina karakter disiplin berbahasa Arab siswa dan dapat memotivasi siswa untuk terus mengembangkan keterampilan bahasa, dan untuk meraih prestasi serta menjadikan siswa lebih baik dari pada sebelumnya. Tak hanya itu siswa juga menerapkan sifat jujur dan kesadaran diri serta mengakui kesalahan dan pelanggaran yang telah ia lakukan. Dengan demikian maka penerapan reward dan punishment sebagai strategi dalam membina dan menanamkan karakter disiplin berbahasa Arab siswa terbilang cukup memuaskan serta memudahkan para guru dalam mendidik dan membentuk karakter disiplin siswa khususnya disiplin berbahasa Arab. Kata Kunci: Reward, Punishment, Disiplin Berbahasa ArabDownloads
References
Agus Yasin, Wiwik Dwi FebrianaWati, dan Bahrudin Fahmi. 2022. “ImpIementasi Manajemen Pendidikan Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Santriwati Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1.” 10 No, 02.
Ahmad Syawaludin dan Sri Marmoah. 2018. “Reward And Punishment The Perspective Of Behaviorism Learning Theory And Its Implementation In Elementary School.” doi: https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23614.
Akmaluddin, A. dan Haqqi, B. 2019. “Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus).” 5, No, 2. doi: https://doi.org/10.3314/jes.v5i2.467.
Atik Heru Prasety, Singgih Adi Prasetyo, dan Ferina Agustini. 2019. “Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Matematika.” 2, No, 3. doi: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19332.
Baqi, S. Al, A, A. L. dan Dwiyoga, T. S. 2017. “Faktor Pendukung Motivasi Berperilaku Disiplin Pada Santri Pondok Pesantren.” 1, No, 1. doi: https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1300.
Dewi Aprilia Sari, Ujang Jamaludin, dan M. Taufik. 2019. “Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Melalui Pemberian Reward dan Punishment SD Ungguan Uswatun Hasanah.” 3, No, 1. doi: DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v3i1.456.
Direktur Lembaga dan Penanggungjawab Bagian Bahasa. 2023a. “Faktor Pendukung Kegiatan Strategi Penanaman Karakter Disiplin Berbahasa Arab Siswa.”
Direktur Lembaga dan Penanggungjawab Bagian Bahasa. 2023b. “Kegiatan Pembiasaan dalam Menanamkan Karakter Disiplin Berbahasa Arab Siswa.”
Efendi, D. 2019. “Proses Pembentukan Aqidah dan Akhlak Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Jayapura.” 9, No, 1. doi: https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.2814.
Eka Sulistyawati dan Joni Tesmanto. 2021. “Penerapan Metode Reward dan Punishment Untuk Mengembangkan Kemampuan Emosional Dasar Anak di PAUD Darul Amani Kosambi.” 7, No, 2. doi: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.11240.
Ernata dan Yusvida. 2017. “Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward dan Punishment di SD Ngaringan 05 Kec. Gandusari Kab. Blitar.” 5, No, 2.
Fadilah, S. N. dan Nasirudin, F. 2021. “Implementasi Reward dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Jember.” 2, No, 1. doi: https://doi.org/10.35719/educare.v2i1.51.
Handoko, D. 2016. “Reward dan Punishment dalam Penilaian Evaluasi Kinerja Pegawai Berdasarkan Faktor-faktor yang Terlkait.”
Harapan, E., Ahmad, S., dan MM, D. 2022. “Komunikasi Antarpribadi: Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan.”
Harita, A., Laia, B., dan Zagoto, S. F. L. 2022. “Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onalalu Tahun Pelajaran 2021/2022.” 2, No, 1.
Hurlock EB. 1993. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Koderi, Aridan, M., Muslim, A. B., dan Setiawan, A. 2020. “Pengembangan Mobile Learning Untuk Penguasaan Mufrodat Siswa MTs.” 4, No, 1. doi: https://doi.org/10.29240/jba.v4i2.1769.
Mila Sabartiningsih, Jajang Aisyul Muzakki, dan Durtam. 2018. “Implementasi Pemberian Reward dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia.” 4, No, 1. doi: 10.24235/awlady.v4i1.2468.
Muhammad Muslih dan dkk. 2021. “Eksistensi Pendidikan Karakter di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1.” 7:29.
Nurul Amelia dan Febrina Dafit. 2023. “Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar.” 7, No, 1. doi: https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59956.
Nurul Salis Alamin. 2020. “Implementasi Pendidikan Kepemimpinan di Pesantren (Studi Kasus di Pondom Modern Darussalam Gontor Indonesia).” 5:7.
Nurwahyudin, dan Supriyanto. t.t. “Strategi Penanaman Karakter Disiplin Santri.” 7, No. 1, Juli 2021.
Penanggungjawab Bagian Bahasa. 2023. “Kegiatan Pembiasaan dalam Menanamkan Karakter Disiplin Berbahasa Arab Siswa.”
Pengajar Bahasa Arab kelas V DIA A TMI Putri. 2023. “Faktor Penghambat Kegiatan Strategi Penanaman Karakter Disiplin Berbahasa Arab Siswa.”
Pengajar Bahasa Arab kelas V DIA A TMI Putri dan Siswa Kelas V DIA A TMI Putri. 2023. “Faktor Pendukung Kegiatan Strategi Penanaman Karakter Disiplin Berbahasa Arab Siswa.”
Siswa Kelas V DIA A TMI Putri. 2023. “Faktor Pendukung Kegiatan Strategi Penanaman Karakter Disiplin Berbahasa Arab Siswa.”
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian.
Sugiyono, D. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suyuti dan Rasfinahda Nur Ramli. 2017. “Pemberian Reward dan Punishment dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS 3 di MAN 2 Model Makassar).” 4, No, 1. doi: http://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/view/3162/1777.Suyuti (2017).
Wali kelas V DIA TMI Putri, Penanggungjawab Bagian Bahasa, dan Siswa Kelas V DIA A TMI Putri. 2023. “Faktor Penghambat Kegiatan Strategi Penanaman Karakter Disiplin Berbahasa Arab Siswa.”
Wali kelas V DIA TMI Putri, Pengajar Bahasa Arab kelas V DIA A TMI Putri, dan Penanggungjawab Bagian Bahasa. 2023. “Faktor Pendukung Kegiatan Strategi Penanaman Karakter Disiplin Berbahasa Arab Siswa.”
Yana, Dewi, Hajidin, dan Intan Safiah. 2016. “Pemberian Reward dan Punishment Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas V di SDN 15.” 1, No, 2.
Yeni Fatmawati. 2004. “Efektifitas Metode Penerapan Hukuman Terhadap Kedisiplinan Bahasa Arab Siswi Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) Banat NU Kudus.”
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
All right reserved. The articles in this journal are under copyright of journal Nady al-Adab and the author of the article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal management