Al-Ma'ruf dalam Al-Qur'an (Tinjauan Semantik)
DOI:
https://doi.org/10.20956/jna.v18i1.13923Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis makna kata al-ma’rūf dalam al-Quran. Kajian ini menarik untuk diteliti karena kata al-ma’rūf sering dirangkaikan dengan frase amr ma’rūf yang merupakan aktifitas yang memiliki urgensitas dan signifikansi yang tinggi dalam kehidupan sebagai bentuk penegakan tradisi-budaya sosial transendental-humanistik dalam kehidupan sosial masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan semantik leksikalsehingga untuk kepentingan analisis kebahasaan dalam melacak kosakata al-ma’rūf maka penulis banyak merujuk kepada kitab-kitab kamus. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa makna kata al-ma’rūf dari sudut semantik leksikal menunjuk makna segala sesuatu yang dianggap baik dan merupakan kebajikan menurut pertimbangan akal sehat dan syara’, sedangkan dalam perspektif al-Quran, term al-ma’rūf menunjuk makna segala bentuk kebajikan secara vertikal atau relasi spiritual-transendental ilahi dan kebajikan dari sudut horisontal-humanis, berdasarkan akal dan syara’. Jadi kebajikan berdasarkan akal tidak boleh bertentangan dengan syara’.Downloads
References
Kementerian Agama Republik Indonesia. 2019. Al Quran Al Karim. Jakarta Selatan: PT. Pantja Cemerlang.
Anis, Ibrahim. Mu’jam al-Wasith, t.p., t.th.
al-Ashfahaniy, Al-Raghib. Mufradat Alfaz al-Quran. Damsik: Dar al-Qalam, 1992.
Asyarie, Sukmadjaja dan Rosy Yusuf, indeks al-Qur’an. Bandung: Pustaka, 1984.
al-Baqdādī, Abd al-Qahīr. al-Farq baina al-Firāq. Kairo: t.p, 1948.
Al-Bāqi, Muhammad Fuad ‘Abd Mu’jam al-Mufahras li Alfaz al-Qur’ān al-Karīm.
Chaer, Abdul. 1990. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Al-Dāmaggānī, al-Husain Ibn Muhammad. Qāmūs al-Qur’ān. Beirut: Dar al-‘ilm li al-Malayin.
Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahnya. 2009.
al-Hanafī, Muhammad Muslih al-Dīn Mustafā al-Qūjawī Muhyi al-Dīn Hasyi’ah Sya’ih Zād ‘ala Tafsīr al-Qādi al-Baidāwī, IV. Turki: Maktab al-Haqīq. 1991.
al-Hamdani, al-Nur. al-Amr bi al-Ma’rūf wa al-Nahy ‘an al-munkar. Teheran: Munazzamat al-‘I’lam al-Islai, t.th.
Hikmawati, Masna. 2017. Perbedaan Qira’at dan Pemaknaan: Analisis Semantik-Gramatikal dalam Al-Quran. Tangerang Selatan: Young Progressive Muslim.
Ibn Mansyūr. Lisān al-Arab. II. Mesir: Dar al-Misriyyah, t.th.
Ibn Zakariyah, Abu al-Husain Ahmad Ibn Faris. Mu'jam al-Maqayis fi al-Lughah. IV. Bairut: Dar al-Fikr, 1994.
Izutsu, Toshihiko. Ethico Religious Concepts in the Quran. Diterjemahkan oleh Mansurddin Djoelyang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Etika Beragama dalam Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1995.
Jainuri, Ahmad. “The Formation of the Muhammadiyah’s Ideology 1912-1942” terj. Ahmad Nur Fuad, Idiologi Kaum Reformis Melacak Pandangan Keagamaan Muhammadiyah Periode Awal (Surabaya: Lembaga Pengkajian Agama dan Masyarakat (LPAM). 2002.
Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
al-Marāgī, Mustafā. Tafsīr al-Marāgī. IV. Bairut: Dar Ihya’ al-Tirats al-‘Arabi. 1985.
Nasution, Harun. Teologi Islam. Jakarta: UI Press, 1972.
Pulungan, J. Suyuthi. Prinsip-prinsip Pemerintahan dalam Piagam Madinah ditinjau dari Pandangan Al-Quran. Jakarta: Raja Grafindo, 1994.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta.
Al-Qurthubī, Abi Abd Allah Muhammad Ibn Ahmad al-Anshari. al-Jāmi’ li Ahkām al-Qur’ān, V. Bairut: Dar al-Fikr. 1993.
al-Rāzī, Muhammad Fakhru al-Dīn Muhammad Ibn Umar. Mafatih al-Ghayb, XI. Bayrut: Dar al-Fikr. 1981.
Suwandi, Sarwiji. 2008. Semantik Pengantar Kajian Makna. Yogyakarta: Media Perkasa.
Verhaar J. M. W. 2004. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gajah Mada University. Press
https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PBIN421502-M1 (Tanggal Akses, 30 Mei 2021)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
All right reserved. The articles in this journal are under copyright of journal Nady al-Adab and the author of the article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal management