Strategi Meningkatkan Peran Guru dalam Pembelajaran Bahasa Asing di Era Pandemi Covid-19, Kasus PPMI Shohwatul Isad
DOI:
https://doi.org/10.20956/jna.v18i1.13478Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan peran guru bahasa asing dalam proses pembelajaran melalui model e-learning di PPMI Shohwatul Isad Kabupaten Pangkep dengan melihat evaluasi guru bahasa asing sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Website Taallum. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain time series dan pengukuran sebelum dan sesudah perlakuan (pre-test dan post-test). Secara spesifik penelitian ini membandingkan peran guru bahasa asing dalam proses pembelajaran bahasa asing antara sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Website Taallum. Penelitian dilakukan pada bulan November hingga Desember 2020 dengan melibatkan para guru bahasa asing dan santri. Selain itu, masing-masing guru bahasa asing dan santri diberikan angket berisi pernyataan tentang e-learning untuk menilai persepsi terhadap metode pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pembelajaran melalui model e-learning terhadap peningkatan peran guru bahasa asing. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis dengan Paired Samples T-Test yang menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000, dan nilai t-hitung> t-tabel sebesar 10,321> 2,365. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa e-learning yang diterapkan oleh Guru bahasa asing PPMI Shohwatul Isad tersedia di situs https://taallum.shohwatulisad.online/. Terdapat perbedaan evaluasi guru bahasa asing sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Website taallum sebagai alternatif dalam pembelajaran melalui e-modul. Penggunaan aplikasi Website taallum dapat meningkatkan peran guru bahasa asing dalam proses pembelajaran melalui model e-learning.Downloads
References
Ahmad, A., Baso, Y. S., Syamsuddin, S., Burnahuddin, B., Tamar, M., & Jibril. (2020). Anxiety studentstowards closed and open form assignments on online E-learning medium in associate degree of midwiferymegarezky University Makassar. European Journal of Molecular and Clinical Medicine, 7(7), 4932–4941.
Arianggara, A. W., Baso, Y. S., Ramadany, S., Manapa, E. S., & Usman, A. N. (2021). Web-based competency test model for midwifery students. International Journal of Health & Medical Sciences, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.31295/ijhms.v4n1.380
Asmaputri, S dan Refelita, F. (2019). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Quipper School Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan This research was instigated by the low of student learning achievement , student learning interest , and the. 3, 54–62.
Baso, Y. S. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Web Dan Cd. Jurnal Nady Al-Adab.
Baso, Y. S. (2016). Model Pembelajaran Bahasa Arab Online Berbasis Learning Management System (Haeruddin (ed.); 1st ed.). Program Studi Sastra Arab Universitas Hasanuddin. https://arab.unhas.ac.id/
Baso, Y. S., Padjung, R., & Budi, P. (2019). The Proliferation of Smartphones and their Effects on Improving the Vocabulary of Indonesian Learners of Arabic. https://doi.org/10.5220/0008681701430147
Budaya, F. I., & Diponegoro, U. (2017). Metode Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Asing Bagi Anak Dwi Kewarganegaraan : Abilash anak usia 10 tahun.
Hafid, R. N. H., Baso, Y. S., Ramadany, S., Manapa, E. S., & Tamar, M. (2021a). difference of satisfaction level of midwifery students in trying out competency test with computer-based test and web-based test. International Journal of Health & Medical Sciences. https://doi.org/10.31295/ijhms.v4n1.390
Hafid, R. N. H., Baso, Y. S., Ramadany, S., Manapa, E. S., & Tamar, M. (2021b). Difference of Satisfaction Level of Midwifery Students in Trying Out Competency Test With Computer-Based Test and Web-Based Test. International Journal of Health & Medical Sciences, 4(1), 8–14. https://doi.org/10.31295/ijhms.v4n1.390
Kardina, I. (n.d.). Children ’ s Midwifery Learning Media Application about Android-Based Rough Motor Development in Improving Midwifery Student Skills. 3(October 2020), 146–152.
Lusidawaty et al, 2020. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174.
Mirna, Baso, Y. S., Ramadhany, S., Idris, I., Bahar, B., & Jibril. (2020). The improvementof the role of lecturer in the learning process through e-learning models in associate degreeof midwifery,Megarezky University, Makassar. European Journal of Molecular and Clinical Medicine.
Mustafa, A. R. (2020). Learning Media Applications for Toddler Midwifery Care about Android-Based Fine Motor Development in Improving Midwifery Students Skills. 3(October), 130–135.
Nugraheni. (2014). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita. Naskah Publikasi UMS, 1–15.
Ria, B. A., Baso, Y. S., Ramadhany, S., Idris, I., Bahar, B., & Jibril. (2020). The student role improvement in the learning process through the E-learning model in associate degree of midwifery, megarezky university. European Journal of Molecular and Clinical Medicine.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
All right reserved. The articles in this journal are under copyright of journal Nady al-Adab and the author of the article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal management