Strategi Meningkatkan Peran Guru dalam Pembelajaran Bahasa Asing di Era Pandemi Covid-19, Kasus PPMI Shohwatul Isad

Authors

  • Masrur Makmur Latanro PPMI Shohwatul Is'ad
  • Yusring Sanusi Baso

DOI:

https://doi.org/10.20956/jna.v18i1.13478

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan peran guru bahasa asing dalam proses pembelajaran melalui model e-learning di PPMI Shohwatul Isad Kabupaten Pangkep dengan melihat evaluasi guru bahasa asing sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Website Taallum. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain time series dan pengukuran sebelum dan sesudah perlakuan (pre-test dan post-test). Secara spesifik penelitian ini membandingkan peran guru bahasa asing dalam proses pembelajaran bahasa asing antara sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Website Taallum. Penelitian dilakukan pada bulan November hingga Desember 2020 dengan melibatkan para guru bahasa asing dan santri. Selain itu, masing-masing guru bahasa asing dan santri diberikan angket berisi pernyataan tentang e-learning untuk menilai persepsi terhadap metode pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pembelajaran melalui model e-learning terhadap peningkatan peran guru bahasa asing. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis dengan Paired Samples T-Test yang menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000, dan nilai t-hitung> t-tabel sebesar 10,321> 2,365. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa e-learning yang diterapkan oleh Guru bahasa asing PPMI Shohwatul Isad tersedia di situs https://taallum.shohwatulisad.online/. Terdapat perbedaan evaluasi guru bahasa asing sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Website taallum sebagai alternatif dalam pembelajaran melalui e-modul. Penggunaan aplikasi Website taallum dapat meningkatkan peran guru bahasa asing dalam proses pembelajaran melalui model e-learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A., Baso, Y. S., Syamsuddin, S., Burnahuddin, B., Tamar, M., & Jibril. (2020). Anxiety studentstowards closed and open form assignments on online E-learning medium in associate degree of midwiferymegarezky University Makassar. European Journal of Molecular and Clinical Medicine, 7(7), 4932–4941.

Arianggara, A. W., Baso, Y. S., Ramadany, S., Manapa, E. S., & Usman, A. N. (2021). Web-based competency test model for midwifery students. International Journal of Health & Medical Sciences, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.31295/ijhms.v4n1.380

Asmaputri, S dan Refelita, F. (2019). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Quipper School Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan This research was instigated by the low of student learning achievement , student learning interest , and the. 3, 54–62.

Baso, Y. S. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Web Dan Cd. Jurnal Nady Al-Adab.

Baso, Y. S. (2016). Model Pembelajaran Bahasa Arab Online Berbasis Learning Management System (Haeruddin (ed.); 1st ed.). Program Studi Sastra Arab Universitas Hasanuddin. https://arab.unhas.ac.id/

Baso, Y. S., Padjung, R., & Budi, P. (2019). The Proliferation of Smartphones and their Effects on Improving the Vocabulary of Indonesian Learners of Arabic. https://doi.org/10.5220/0008681701430147

Budaya, F. I., & Diponegoro, U. (2017). Metode Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Asing Bagi Anak Dwi Kewarganegaraan : Abilash anak usia 10 tahun.

Hafid, R. N. H., Baso, Y. S., Ramadany, S., Manapa, E. S., & Tamar, M. (2021a). difference of satisfaction level of midwifery students in trying out competency test with computer-based test and web-based test. International Journal of Health & Medical Sciences. https://doi.org/10.31295/ijhms.v4n1.390

Hafid, R. N. H., Baso, Y. S., Ramadany, S., Manapa, E. S., & Tamar, M. (2021b). Difference of Satisfaction Level of Midwifery Students in Trying Out Competency Test With Computer-Based Test and Web-Based Test. International Journal of Health & Medical Sciences, 4(1), 8–14. https://doi.org/10.31295/ijhms.v4n1.390

Kardina, I. (n.d.). Children ’ s Midwifery Learning Media Application about Android-Based Rough Motor Development in Improving Midwifery Student Skills. 3(October 2020), 146–152.

Lusidawaty et al, 2020. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174.

Mirna, Baso, Y. S., Ramadhany, S., Idris, I., Bahar, B., & Jibril. (2020). The improvementof the role of lecturer in the learning process through e-learning models in associate degreeof midwifery,Megarezky University, Makassar. European Journal of Molecular and Clinical Medicine.

Mustafa, A. R. (2020). Learning Media Applications for Toddler Midwifery Care about Android-Based Fine Motor Development in Improving Midwifery Students Skills. 3(October), 130–135.

Nugraheni. (2014). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita. Naskah Publikasi UMS, 1–15.

Ria, B. A., Baso, Y. S., Ramadhany, S., Idris, I., Bahar, B., & Jibril. (2020). The student role improvement in the learning process through the E-learning model in associate degree of midwifery, megarezky university. European Journal of Molecular and Clinical Medicine.

Downloads

Published

2021-05-31

How to Cite

Latanro, M. M., & Sanusi Baso, Y. (2021). Strategi Meningkatkan Peran Guru dalam Pembelajaran Bahasa Asing di Era Pandemi Covid-19, Kasus PPMI Shohwatul Isad. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 18(1), 41-53. https://doi.org/10.20956/jna.v18i1.13478