TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK WILAYAH KOTA SEMARANG SELAMA PANDEMI COVID-19

Article History

Submited : September 13, 2021
Published : January 3, 2022

Pandemi COVID 19 memberikan dampak yang cukup besar terhadap pelayanan kefarmasian, yang menyebabkan perlunya meminimalkan durasi dan jarak pertemuan pasien di apotek.Oleh karena itu diperlukan sebuah perubahan prosedur pelayanan dan penerapan langkah kebersihan tambahan. Penelitian tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Apotek Wilayah Kota Semarang selama pandemi COVID-19 diharapkan dapat mengetahui tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Apotek Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien/ penerima layanan jasa di apotek wilayah Kota Semarang. Sampel yang diambil sejumlah 470 responden dengan teknik pengambilan sampel snowball sampling. Pengambilan data menggunakan kueisioner yang berhubungan dengan kepuasan gedung dan staff, kepuasan penanganan obat, kepuasan konseling dan penyerahan obat serta kepuasan biaya layanan melalui google form secara online. Hasil analisis statistik menggunakan UjiKruskall Wallis dengan p-value < 0,05.Berdasarkan hasil analisis didapatkan p-value antara lain Semarang Tengah-Semarang Timur (0,000), Semarang Tengah-Semarang Utara (0,046), Semarang Timur-Semarang Barat (0,000) Semarang Timur-Semarang Selatan (0,005). Hasil analisis pada penelitian ini dapat disimpulkan terdapat perbedaan tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Apotek Wilayah Kota Semarang selama pandemi COVID-19.

References

  1. Novaryatiin S, Ardhany SD, Aliyah S. TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RSUD Dr. MURJANI SAMPIT. Borneo J Pharm. 2018;1(1):22–6.
  2. Surahman EM, Husen, Ike R. Konsep Dasar Pelayanan Kefarmasian Berbasiskan Pharm Care. 1 ed. Bandung: Widya Padjadjaran; 2011.
  3. Koster ES, Philbert D, Bauvy ML. Impact of the COVID-19 epidemic on the provision of pharmaceutical care in community pharmacies. Res Soc Adm Pharm [Internet]. 2020;17(1). Tersedia pada: https://www.researchgate.net/journal/Research-in-Social-and-Administrative-Pharmacy-1551-7411
  4. Depkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 73 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2016;
  5. Hartini S, Sukmajati M. Sebuah Potret Pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Maj Med. 2008;4(2):37–40.
  6. Aziz MM, Masood I, Yousaf M, Saleem H. Pattern of medication selling and self-medication practices: A study from Punjab, Pakistan. PLoS ONE [Internet]. 2018;13(3). Tersedia pada: https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0194240
  7. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2012.
  8. Nurhaini R, Munasari F, Agustiningrum R. Kesesuaian Pelayanan Informasi Obat (PIO) di Apotek Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. CERATA J Ilmu Farm. 2020;11(1):15–20.
  9. Apriyansyah A. GAMBARAN PELAYANAN FARMASI KLINIK DI APOTEK WILAYAH KOTA TANGERANG SELATAN CLINICAL PHARMACY SERVICE AT COMMUNITY PHARMACY IN SOUTH TANGERANG REGENCY. J Pharmacopolium. 2018;1(2):81–7.
  10. Ikhsan M. Implementasi Peratur Perundang-Undangan Kefarmasian Tentang Praktek Apotek Ditinjau Dari Pelayanan Swamedikasi Apotek Wilayah Semarang Bagian Timur [Internet]. Universitas Wahd Jasyim Semarang; 2017. Tersedia pada: http://eprints.unwahas.ac.id/904/1/COVER.pdf
  11. Mulyagustina, Wiedyaningsih C, Kristina SA. IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DIAPOTEK KOTA JAMBI. J Manaj Dan Pelayanan Farm [Internet]. 2017;7(2). Tersedia pada: https://jurnal.ugm.ac.id/jmpf/article/view/30284/pdf
  12. McConnell KJ, Delate T, Newlon CL. The Sustainability of Improvements from Continuing Professional Development in Pharmacy Practice and Learning Behaviors. Am J Pharm Educ. 2015;79(3):1–8.
  13. Stevani H, Putri AN, Side S. Tingkat kepuasan pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Doi-Doi Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. J Media Farm. 2018;14(1):1–7.
Abdur Rosyid, Nisa Febrinasari, & Yuliana Khusnul Qotimah. (2022). TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK WILAYAH KOTA SEMARANG SELAMA PANDEMI COVID-19. Majalah Farmasi Dan Farmakologi, 25(3), 109-111. https://doi.org/10.20956/mff.v25i3.18058

Downloads

Download data is not yet available.
Fulltext