ELECTRINIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DI MEDIASI OLEH BRAND TRUST (STUDI PADA KONSUMEN WARDAH DI JAYAPURA)

Authors

Keywords:

Electronic Word Of Mouth (e-WOM), keputusan pembelian, brand trust, kosmetik Wardah, purchasing decisions, Wardah cosmetics

Abstract

ABSTRACT This study aims to analyze empirical evidence in the form of Electronic Word Of Mouth variables on purchasing decisions mediated by brand trust. The population in this study were consumers of Wardah brand cosmetic in Jayapura. Sampling in the study used probability sampling, research data were obtained using a research instrument in the form of questionnaire distributed via google form to respondents containing 13 statement items as measured using an interval scale. The data analysis method used in this study is structural equation modeling (SEM). The result of the study show empirical evidence that brand trust significantly mediates electronic word of mouth (e-WOM) on purchasing decisions. The contribution of the result of this study can obtain empirical evidence regarding rhe factors that influence purchasing decisions, which can provide information to the holders of Wardah cosmetic brand so that they can maintain quality and improve the quality of Wardah brand products. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bukti empiris berupa variabel Electronic Word Of Mouth (e-WOM) terhadap Keputusan Pembelian yang dimediasi oleh Brand Trust. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen kosmetik Brand Wardah di Jayapura. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan Probability Sampling, data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner yang didistribusikan secara daring melalui google form kepada responden yang berisi 13 item pernyataan yang diukur dengan menggunakan skala interval. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structual Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bukti empiris bahwa Brand Trust secara signifikan memediasi Electronic Word Of Mouth (e-WOM) terhadap Keputusan Pembelian. Kontribusi dari hasil penelitian ini dapat memperoleh bukti empiris mengenai fakto-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, yang dapat memberikan informasi kepada pihak pemegang brand kosmetik wardah agar dapat menjaga mutu serta meningkatkan kualitas produk brand Wardah.

Downloads

Download data is not yet available.
Dimensions

Published

2023-06-22

Issue

Section

Articles