PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KAMPANYE POLITIK JOKOWI-JK PADA PILPRES 2014 (ANALISIS ISI MEDIA ONLINE)
DOI:
https://doi.org/10.31947/kareba.v8i1.8904Keywords:
facebook, kampanye, Jokowi-JK, semiotikaAbstract
Media sosial telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan Facebook sebagai media kampanye pasangan Jokowi-JK pada kampanye pemilihan presiden RI 2014 serta untuk mengetahui strategi penggunaan facebook sebagai mediakampanyeolehtimkampanyeJokowi-JK.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Penelitianinimerupakanpenelitian virtual, sehinggalokasinyaberada di Internet.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perspektif semiotika, Jokowi-JK telah memanfaatkan facebook sebagai media kampanye dengan sangat baik. Pemilihan material kampanye dalam setiap postingan halaman Jokowi-JK center di facebook betul-betul memperhatikan kaidah-kaidah semiotika. Semua postingan status pada halaman Jokowi-JK center baik secara denotatif, konotatif maupun mitos bertujuan untuk mengkonstruksi pandangan netizen untuk mendukung pasangan Jokowi-JK pada pilpres 2014.Downloads
References
Cangara, Hafied. (2014). Komunikasi Politik (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.Firmanzah. (2011). Mengelola Partai Politik: Komunikasi dan Positioning Ideologi Politik di Era Demokrasi (Edisi Kedua). Jakarta: yayasan Obor Indonesia.Hasrullah. 2014. Opini Politik dan Dramaturgi. Jakarta: Prenadamedia Groub.Kurniawan. (2001). Semiologi Roland Barthes. Magelang: Indonesiatera.McQuail, Denis. (2000). Mass Communication Theory: Fourth Edition. London. SAGE Publications.Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Jogjakarta: LKiS Pelangi Nusantara.Ruben Brent & Stewart Lea. (1998). Communication and Human Behavior, Third Edition. USA: Pearson.Sobur, Alex. (2013). Semiotika Komunikasi (Cetakan Kelima). Bandung: Rosdakarya.Tabroni, Roni. (2012). Komunikasi Politik Pada Era Multimedia. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.Tinarbuko, Sumbo. (2013). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.Wibowo, Indiwan Seto Wahyu. (2011). Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.