PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENGAMPANYEKAN PROGRAM LISTRIK PINTAR DI PT. PLN (PERSERO) WILAYAH SULSELRABAR
DOI:
https://doi.org/10.31947/kareba.v7i2.7352Keywords:
Media Sosial, Facebook, Kampanye, , Listrik PintarAbstract
ABSTRACTThis study aims to find out the implementation stage, campaign appearance, community acceptance, strengths and weaknesses of using Facebook in campaigning for the Smart Electricity program at PT. PLN. (Persero) South Sulawesi Region. This study uses a qualitative approach. Data collection techniques through observation, in-depth interviews and documentation. Data were analyzed using the Miles & Huberman model. The results show that (1) There are four phases of the implementation of the Smart Electricity program campaign using Facebook, namely creating content, creating campaign designs, submitting to superiors and publishing on social media. (2) The appearance of the presented campaign is interesting because it contains interesting content and the results of acceptance by the community are positive and negative. (3) The strength of Facebook as a campaign tool for the Smart Electricity program is its wide reach, easy access, low campaign costs and easy to send information, while the weak points are the lack of budget and not all PLN customers yet. cover. From the opportunities seen from the Smart Electricity program campaign to increase smart electricity users, help the community economy and become a source of income for PLN. Point Region PLN (Persero) Sulselrabar Private PR sees the opportunity to innovate in a campaign for Smart Electric via Facebook.Keywords: Social Media, Facebook, Campaign, Smart Electricity ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mengetahui tahap pelaksanaan, tampilan kampanye, penerimaan masyarakat, kekuatan dan kelemahan dari penggunaan Facebook dalam mengampanyekan program Listrik Pintar di PT. PLN. (Persero) Wilayah Sulselrabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada empat tahap pelaksanaan kampanye program Listrik Pintar menggunakan Facebook yaitu membuat konten, membuat desain kampanye, pengajuan kepada atasan, dan publish ke media sosial. (2) Tampilan kampanye yang disuguhkan menarik karena memuat konten yang menarik dan hasil penerimaan masyarakat ada yang positif dan negatif. (3) Kekuatan yang dimiliki Facebook sebagai sarana kampanye program Listrik Pintar yaitu jangkauannya luas, mudah diakses, biaya kampanye rendah dan mudah mengirimkan informasi.sedangkan kelemahannya yaitu minimnya anggaran serta belum mencakup seluruh pelanggan PLN. Dari peluang yang dililihat dari kampanye program Listrik Pintar yaitu meningkatkan pengguna Listrik pintar, membantu perekonomian masyarakat serta menjadi sumber pendapatan untuk PLN. PT. PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar terkhusus pihak Humas dapat melihat peluang dengan berinovasi dalam mengampanyekan program Listrik Pintar menggunakan Facebook.Kata kunci: Media Sosial, Facebook, Kampanye, Listrik PintarDownloads
References
DAFTAR PUSTAKAA. BukuCangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo PersadaCreswell, J W.2012. Research design Pendekatan Kulaitatif, kuantitatif dan Mixed ; Cetakan ke-2.PustakaPelajar : YogyakartaSiagian, P. Sondang. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.Effendy, OnongUchjana. 2003. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti.Effendy, OnongUchjana. 2009. Komunikasi teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja RosdakaryaFisher, B. Aubrey, 1986. Teori-teori komunikasi, Bandung: CV. Remadja Karya.Adiputra, Martha Wisnu. 2012. Media Baru Studi Teoritis dan Telaah dari Perspektif Politik dan Sosiokultural Edisi Pertama, Yogyakarta: Fisipol UGM.Adiputra, Martha Wisnu dan Sulhan, Muhammad. 2012. Media Baru Studi Teoritis dan Telaah dari Perspektif Politik dan Sosiokultural Edisi Kedua, Yogyakarta: Fisipol UGM.Fajar, Marhaeni. 2009. IlmuKomunikasi Teori & Praktek Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha IlmuFlew, Terry. 2014. New Media Fourth Edition, Australia: Oxford University Press.McQuail, Dennis. Mass Communication Theory, 6 th Edition. 2010. London, Thousand Oaks, New Dehli: Sage PublicationWiryawan, Hari. 2007. Dasar-dasar Hukum Media. Yogyakarta: Pustaka PelajarWest, Richard dan Lynn H. Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi; Analisis dan Aplikasi.Jakarta: Salemba Humanika.Wahid, Umaimah. 2016. Komunikasi Politik; Teori, Konsep, dan Aplikasi Pada Era Media Baru. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.Cangara, Hafied. 2016. Komunikasi Politik; Konsep, Teori, dan Strategi, Edisi ke-5. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.Unde, A. Alimuddin. 2014. Televisi & Masyarakat Pluralistik. Jakarta: Prenada. B. Tesis dan Jurnal Primanita, Septyani. 2017. Pemanfaatan Media Baru Oleh Yayasan Bumi Sehat Dalam Kampanye Sosial `gentle Birth` Di Indonesia Melalui Website, Facebook, Dan Twitter. Skripsi Ilmu Komunikasi. Universitas Gadjah Mada.Eka Fitria, Anditya. 2013. Pemanfaatan Media Baru Dalam Kampanye Sosial (Studi Kasus Pemanfaatan Website, Blog, Facebook, Dan Twitter Dalam Kampanye Sosial ”ini Aksiku! Mana Aksimu?” Oleh Earth Hour Solo). Skripsi Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada.Kurnia, Novi. 2005. Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi Terhadap Teori Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 6 nomor 2 Dikti Kementerian Pendidikan Nasional RI.Azwar. 2012. Listrik Prabayar Dilihat Dari Perilaku Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 11 nomor 1. Universitas Indonesia Internet :http://www.indonesiastudents.com/pengertian-kampanye-menurut-ahli-lengkap/, diakses pada tanggal 21 Februari 2018https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-kampanye.html, diakses pada tanggal 21 Februari 2018https://ilmiinfo.wordpress.com/apa-itu-listrik-pintar/, diakses pada tanggal 08 Februari 2018https://blog.unitedtronik.co.id/listrik-pintar-pln-prabayar/, diakses pada tanggal 08 Februari 2018https://pakarkomunikasi.com/teori-media-baru, diakses pada tanggal 10 Februari 2018https://shaktidarikhwan.wordpress.com/2014/09/29/new-media-definisi-pandangan-manfaat-komponen-aplikasi-dan-menganalisa-serta-menjelaskan-fitur-dari-new-media/, diakses pada tanggal 10 Februari 2018