PENGENDALIAN PERILAKU EMOSIONAL ANAK TK MELALUI KOMUNIKASI ANTARA GURU DENGAN ORANG TUA DI KEC. BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31947/kjik.v4i4.647Keywords:
intensity of communication, Behavior aggressiveness, anxiety, withdrawal, excessive fearAbstract
Abstract This study aims to determine (a) to describe emotional behavior of kindergarten children in the district. Biringkanaya Makassar, (b) to describe communication between teachers and parents of kindergarten children in the district. Biringkanaya Makassar and (c) to determine control of the emotional behavior of kindergartners through communication between teachers and parents In the district Biringkanaya Makassar.This study is an ex- post-facto quantitative, where the population is around the kindergarten students in the district. Biringkanaya Makassar of 1,779 children in 79 institutions spread kindergarten in 7 (seven) wards. With the sampling method, then selected 84 children as respondents in this study. The relationship between the independent variables were analyzed by using Simple Linear Regression Analysis. The results showed that (a) the child's emotional behavior of the most prominent forms of aggressiveness is tempered (80,36%), anxiety is crying (48,21%), withdrawal is not much to say (48,21%) as well as excessive fear is the fear of meeting a stranger (36,31%) (b) communication media is most often used in solving problems of emotional behavior children are face to face, and (c) intensive communication negatively correlated with children's emotional behavior, which means more intensive communication, the more reduced (controlled) the child's emotional behavior. Approximately 32.8% of control children's emotional behavior is caused by factor intensity of communication between teachers and parents to discuss the child's emotional behavior problems in kindergarten Biringkanaya MakassarAbstrak Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui gambaran perilaku emosional anak TK di Kec. Biringkanaya Kota Makassar, (b) mengetahui gambaran komunikasi antara guru dengan orang tua anak TK di Kec. Biringkanaya Kota Makassar dan (c) mengetahui pengendalian perilaku emosional anak TK melalui komunikasi antara guru dengan orang tua di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Penelitian ini merupakan eks-post-fakto yang kuantitatif. Populasinya adalah seluruh murid TK di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar sebesar 1.779 anak yang menyebar pada 79 lembaga TK di 7 (tujuh) kelurahan. Sampel penelitian ini 84 orang anak sebagai responden. Hubungan antara variabel bebas dianalisis dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) perilaku emosional anak bentuk agresivitas yang paling menonjol adalah marah (80,36%) , kecemasan adalah menangis (48,21%), menarik diri adalah tidak banyak bicara (48,21%) serta takut berlebihan adalah takut bertemu orang asing (36,31%) (b) media komunikasi yang paling sering digunakan dalam menyelesaikan permasalahan perilaku emosional anak adalah tatap muka serta (c) intensif komunikasi berkorelasi negatif dengan perilaku emosional anak, yang artinya semakin intensif komunikasi , maka semakin berkurang (terkendali) perilaku emosional anak. Sekitar 32,8% pengendalian perilaku emosional anak disebabkan oleh faktor intensitas komunikasi antara guru dengan orang tua dalam membicarakan permasalahan perilaku emosional anak di TK Biringkanaya Kota Makassar.Downloads
References
Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
DeVito, Josef A. 2011. Komunikasi antarmanusia. Karisma Publishing Group: Tangerang Selatan.
Goleman, Daniel. 2002. Kecerdasan Emosional. PT. Gramedia Pustaka. Utama : Jakarta.
Gunarsa, S.D & Gunarsa, Y .S.D. 2004. Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga. PT. BPK Gunung Mulia, Cet. 7: Jakarta.
Harapan, Edi & Ahmad, Syarwani. 2014.
Komunikasi Antarpribadi: Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta
Izzaty, R.E. 2005. Prediktor Permasalahan Perilaku Anak Usia Taman Kanak-kanak. Tesis, tidak diterbitkan Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada : Yogyakarta
Mashar, Riana. 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Kencana Prenada Media group: Jakarta.
Muliyadi, Seto. 2004. Membantu Anak Balita Mengelola Amarahnya. Erlangga : Jakarta.
Prahasty, Dina. 2009. Jurnal Efektifitas Komunikasi Antarpribadi dalam Mengendalikan emosi anak pra sekolah di playgroup caterpillar super kids Lebak bulus. UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta.
Rakhmat, Jalaluddin Drs. M.Sc. 1988. Psikologi Komunikasi. CV. Remaja Karya: Bandung.
Setyowati, Y uli. 2005. Jurnal Pola Komunikasi Keluarga dan Perkembangan Emosi Anak (Studi Kasus Penerapan Pola Komunikasi Keluarga dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Emosi Anak pada Keluarga Jawa). Program Ilmu Komunikasi STPMD “APMD”: Y ogyakarta
Sulaesih, Ule. 2010. Komunikasi Orangtua dengan Guru Dalam Membangun Kemandirian Siswa Di TK Bait Qur’any At-Tafkir Ciputat-Tangerang. UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta.
Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Grasindo: Jakarta