PENGARUH TAYANGAN BERITA KEKERASAN TELEVISI TERHADAP CITRA KOTA MAKASSAR DI KALANGAN PARA PENGUNJUNG (SUATU UJI TEORI KULTIVASI)
DOI:
https://doi.org/10.31947/kjik.v4i2.618Keywords:
violent News broadcast, image of Makassar city, cultivationAbstract
Abstract Daily television news broadcast or film about criminal, actually give influence to attitude and behavior. This research aimed to investigate (1) whether the television broadcast of the violent news in Makassar city among the visitors, (2) the visitors opinions about Makassar city before and after their visits. The research used two data sources, i.e. the primary data were obtained from using the questionnaires distributed to the respondents, and the secondary data were obtained from library studies, documents, and particularly those data related to the research. The data analysis used the regression analysis. The research result revealed that respondens or the reactions of the individuals when they received stimulus in the forms of the violent news broadcast indicated negative opinions together with the negative attitudes. However, the opinions of the respondent after they visited Makassar city tended to sound positive. The respondents thought what they had seen on television were not in accordance with what they felt after their visits. The research also revealed that the violent news which happened in Makassar city and broadcast by television in Indonesia had the tendency to affect how the individuals saw Makassar city. The result of the regression test of the correlation between variabel X and Y indicated the effect of the violent news broadcast on the image of Makassar city among the visitors was 7,1%. Although this effect was relatively small, it was still present and significant.Abstrak Kebiasaan televisi menyiarkan berita atau film tentang kejahatan memberi pengaruh pada sikap dan perilaku penonton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah tayangan berita-berita kekerasan yang terjadi di Kota Makassar berpengaruh terhadap citra Kota Makassar dikalangan para pengunjung, (2) opini para pengunjung tentang Kota Makassar sebelum dan sesudah mereka berkunjung. Tipe penelitian yang digunakan yaitu menggunakan paradigma penelitian kuantitatif dengan menggunakan tipe pendekatan survey. Penelitian ini menggunakan dua sumber data, yaitu data Primer adalah data yang diperoleh secara langsung dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden. data Sekunder adalah data yang diperoleh melalui kajian pustaka, dokumen dan khususunya data yang memiliki hubungan dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan kuesioner atau biasa disebut dengan angket dalam mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon atau reaksi balik individu ketika menerima stimulus berupa tayangan-tayangan berita kekerasan menunjukkan respon berupa opini disertai sikap yang negatif. Adapun opini dari para responden setelah mereka berkunjung ke Kota Makassar cenderung bernada positif. Para responden menganggap apa yang mereka lihat di televisi tidak sesuai dengan apa yang mereka rasakan setelah berkunjung. Dari hasil penelitian terlihat bahwa tayangan-tayangan berita kekerasan yang terjadi di Kota Makassar yang ditayangkan oleh televisi di Indonesia cenderung mempengaruhi bagaimana individu memandang Kota Makassar. Hasil uji regresi antara variabel X dan Y terdapat pengaruh tayangan berita kekerasan terhadap citra Kota Makassar oleh pengunjung sebesar 7,1%. Walaupun pengaruh tersebut relatif kecil akan tetapi pengaruh tersebut tetap ada dan signifikan.Downloads
References
Ardial. 2014. Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Bumi Aksara: Jakarta.
Bahfiarti, Tuti. 2012. Buku ajar, Dasa- Dasar Teori Komunikasi. Universitas Hasanuddin: Makassar.
Cangara, Hafied. 2014. Komunikasi Politik:Konsep, Teori dan Startegi. Jakarta: Rajawali Pers.
Faidah, Nurul. 2010. Citra Mahasiswa Makassar dalam Pemberitaan Surat Kabar Kompas 2010 analisis Isi (skripsi). Universitas Hasanuddin: Makassar.
Effendy, Onong Uchjana. 2013. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Remaja Rosdakarya : Bandung.
Haryatmoko. 2007. Etika Komunikasi: Manipulasi Media, Kekerasan dan Pornografi. PT.Kanisius : Yogyakarta.
Kusumaningrat, Hikmat, Kusumaningrat, Purnama. 2009. Jurnalistik Teori dan Praktik. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Prenada Media Group: Jakarta.
Morissan, dkk. 2013. Teori Komunikasi Massa. Ghalia Indonesia : Bogor.
McQuail, Dennis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika : Jakarta.
Nuruddin. 2014. Pengantar Komunikasi Massa. Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Rivers William L. et al. 2008. Media dan Masyarakat Modern. Kencana : Jakarta.