PENGUNGKAPAN IDENTITAS DIRI MELALUI MEDIA SOSIAL: STUDI MENGENAI ETNOGRAFI VIRTUAL MELALUI VLOG
DOI:
https://doi.org/10.31947/kareba.v7i1.6167Keywords:
Pengungkapan Diri, Video Blog, YouTube, Identitas DiriAbstract
This research aims (1) to find out how the vlogger discloses and shows her identity in relationship with her sosial life by audio visual in Youtube. (2) to find out the communication system of the vlogger with fansclub in interaction virtually by youtube. In this research, the writer used semiotic by Charles S. Pierce method and virtual ethnography, supported by self disclosure theory and social identity theory.The writer collected the data by screenshot the Ricis vlog contents, screenshot the emoticon that used in youtube comment field, and observed the fans activity from vlogger. This kinds of method are used by the writer to get information as much as possible.The result showed that Ricis disclose themselves effectively and openly. Ricis show her daily activities and her private self information in her vlog. The communication system of Ricis is really effective because the fans also give a feedback and the Ricis oftenly reply the comment in youtube, verbally or nonverbal. Keyword : Selfdisclosure, Video Blog, YouTube, Self-Identity ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana vlogger mengungkapkan dan menunjukan identitas dirinya dalam hubungan dengan kehidupan sosialnya secara audio visual di media sosial Youtube. (2) Untuk mengetahui pola komunikasi vlogger dengan penggemar dalam berinteraksi secara virtual melalui media sosial di Youtube. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah semiotika Charles S.Pierce dan juga etnografi virtual. Didukung Teori pengungkapan diri dan Teori identitas Sosial. Penulis memformulasi tekhnik pengumpulan data dengan melakukan screenshot isi vlog Ricis, melakukan screenshot terhadap emotikon yang tersedia pada kolom komentar di Youtube, dan melakukan observasi atas aktifitas virtual dengan penggemar dari vlogger. Cara ini penulis lakukan untuk memperoleh informasi sebanyak mungkin berdasarkan observasi yang bersifat partisipatif.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ricis mengungkapkan identitas dirinya dengan efektif dan terbuka. Karena Ricis menunjukkan aktivitas sehari-harinya dan memberikan informasi pribadi dalam vlognya. Dalam pola komunikasi dengan penggemar, Ricis melakukan secara efektif karena adanya timbal balik dari kedua belah pihak dan aktifnya Ricis dalam membalas komentar para penggemar di Youtube secara nonverbal maupun verbal. Kata Kunci : Pengungkapan Diri, Video Blog, YouTube, Identitas DiriDownloads
References
REFERENSI
Castells, Manuel . 2011. The Rise of the Network Society: The information age: Economy, society, and culture.
Derlega, V. K & Berg .J.H 1987 . Self Disclosure. London : Plennum Press
Devito, A Joseph. 2011. Komunikasi Antar Manusia. Edisi kelima. Tangerang: KARISMA Publishing Group.
Erikson, Erick, H. 1989. Identitas dan Siklus Hidup Manusia. Bunga Rampai Penerjemah : Agus Cremers. Jakarta PT. Gramedia.
Hine, Christine. 2000. Virtual Ethnography. London: SAGE Publications Ltd
Liliweri, A. (2007). Makna Budaya Dalam Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: PT LkiS Pelangi Angkasa.
Mayfield. Antony E-book What is Social Media?. London: iCrossing. 2008
Nasrullah. Rulli, Teori dan Riset Media Siber , 2014, Jakarta, kencana prenadamedia group
Supratiknya, A. 1995. Komunikasi antar pribadi : tinjauan psikologis. Yogyakarta : Kanisius.
Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. 2009. Psikologi sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yudho, Hartono, dkk. 2013. Sosial media nation. Jakarta: Prasetya Mulia Publishing
.