HUBUNGAN IKLAN POLITIK KANDIDAT PRESIDEN TERHADAP TINGKAT KOGNISI DAN SIKAP POLITIK PEMILIH PEMULA

Authors

  • Ansar Suherman Ilmu Komunikasi Fisip Unhas
  • Muhammad Iqbal Sultan Ilmu Komunikasi Fisip Unhas
  • Hasrullah Hasrullah Ilmu Komunikasi Fisip Unhas

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v3i4.594

Keywords:

Political Advertising, Cognition, Political Attitudes, Youth Voters

Abstract

Abstract The research is motivated by the ability of political advertising on television in shaping the image and increase the popularity of a figure and the large number voters which amounts to 30% -40% of the total voters nationally. This study aims to determine the relationship of political advertising with the level of cognition and political attitudes voters. The method used is the method quantitative descriptive correlational approach. This study is located in Southeast Sulawesi Baubau City with a sample of 377 respondents of whom are first-time voters. To collect the necessary data, used questionnaires distributed to all respondents. Some of the statistical test used is the statistical terms and tests the hypothesis that political ads are used as research subjects Abu Rizal Bakrie political advertising, Prabowo and Wiranto. The results showed that political advertising on television is more effective in conveying the message to the respondent because the television is able to provide audio and visual display together. Political ad also contribute effectively to the improvement of cognition and political attitudes of the respondents. Respondents felt the benefit of political advertising because respondents generally gain knowledge of the candidate's vision and mission. Visible changes in the attitude of the respondents which is the accumulation of information and the level of cognition or knowledge gained from the respondents who watch political ads. The higher level of cognition of respondents to the presidential candidates will increasingly affect the political attitudes of the respondents. In this study also found that environmental factors (political support parents and attitudes about environmental politics) did influence the level of cognition and political attitudes of the respondents. In conclusion the study that political ads on television presidential candidate than as a powerful strategy for shaping the image and increase the popularity of a presidential candidate, is also very helpful for the voters to know the Indonesian presidential candidates.Abstrak Penelitian dilatarbelakangi oleh kemampuan iklan politik di televisi dalam membentuk citra dan menaikkan popularitas seorang figur serta besarnya angka pemilih pemula yang jumlahnya mencapai 30%-40% dari total wajib pilih secara nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan iklan politik dengan tingkat kognisi dan sikap politik pemilih pemula. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional melalui pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berlokasi di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara dengan jumlah sampel 377 responden yang kesemuanya merupakan pemilih pemula. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan, digunakan kuesioner yang disebarkan kepada seluruh responden. Beberapa uji statistik yang digunakan adalah uji syarat statistik dan uji hipotesis Iklan politik yang dijadikan subyek penelitian ini adalah iklan politik Abu Rizal Bakrie, Prabowo Subianto, dan Wiranto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan politik di televisi lebih efektif dalam menyampaikan pesan kepada responden karena televisi mampu memberikan tampilan audio dan visual secara bersama-sama. Iklan politiknya juga memberikan sumbangan yang efektif terhadap peningkatan kognisi dan sikap politik responden. Responden merasakan manfaat dari iklan politik karena responden umumnya mendapatkan pengetahuan tentang visi dan misi kandidat. Terlihat perubahan sikap responden yang merupakan akumulasi dari informasi dan tingkat kognisi atau pengetahuan yang diperoleh responden dari iklan politik yang ditonton. Semakin tinggi tingkat kognisi responden terhadap kandidat presiden maka akan semakin memengaruhi sikap politik responden. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa faktor lingkungan (dukungan politik orang tua dan sikap politik lingkungan sekitar) ikut memengaruhi tingkat kognisi dan sikap politik responden. Sebagai kesimpulan penelitian bahwa penayangan iklan politik kandidat presiden di televisi selain sebagai salah satu strategi ampuh untuk membentuk citra dan menaikkan popularitas seorang kandidat presiden, juga sangat membantu pemilih pemula untuk mengenal para kandidat presiden Republik Indonesia. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto S. (2009). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin B. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cangara H. (2011). Komunikasi Politik; Konsep, Teori, dan Strategi. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Danial A. (2009). Iklan Politik Televisi: Modernisasi Kampanye Politik Pasca Orde Baru. Jakarta: Grahamedia.

Jefkins, P. & Olso, J.C. (2009). Periklanan. Edisi 3. Terjemahan oleh Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.

Kompas, 20 Juli 2008. Iklan Politik di Media Massa Lebih Efektif. Edisi, 25 Maret 2008 (online). (http://www.kompas.com, diakses, 20 Februari 2014).

Kriyantono R. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Liliweri A. (2011). Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Muhtadi B. (2013). Perang Bintang 2014; Konstelasi dan Prediksi Pemilu dan Pilpres. Jakarta: Noura Books.

Sumartono. (2012). Terperangkap dalam Iklan (Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi). Bandung: Alfabeta.

Valentino. (2004). “The Impact of Political Advertising on Knowledge, Internet Information Seeking, and Candidate Preference”, Vol. 5 Journal of Communication.

Downloads

Published

2016-06-24