PENGARUH PEMBELAJARAN DRILL DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING (RETORIKA) PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA SMAN 5 MAKASSAR

Authors

  • Eka Mardariyanti Ilmu Komunikasi Fisip Unhas
  • Muhammad Nadjib Ilmu Komunikasi Fisip Unhas

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v3i3.585

Keywords:

effect, learning drill, public speaking

Abstract

Abstract Techniques English learning in school still can not provide satisfactory results for now. This study aims to determine what effect the application of learning techniques drill on the ability of public speaking (rhetoric) in learning English in SMAN 05 Makassar. This study uses an experimental approach with quantitative research methods. Data collected through tests and questionnaires. Data were analyzed using T test, simple regression and Pearson Product Moment Correlation SPSS 20.0 for windows. The results showed the Accuracy in terms of aspect shows the pre-test of 62.85% and a post-test after getting the results of 77.14%. From the aspect of Fluency showed pre-test results of 57.14% and a post-test after getting the results of the post-test 77.14%. In Comprehensibility aspect shows the pre-test of 74.28% and a post-test after getting the results of 54.28%. The average difference between the post-test and pre-test is highly significant sebesar1,2563. Or R magnitude of the correlation between the methods applied to public speaking ability is equal to 0.796. indicates that there is a positive relationship between the methods or techniques applied to public speaking skills in students. It was concluded that the effect of the application of learning techniques drill in growing public speaking skills (rhetoric) in English language learning class X MIA 3 in SMA 5 Makassar Abstrak Penerapan teknik Pembelajaran bahasa Inggris di sekolah masih belum dapat memberikan hasil yang memuaskan untuk sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik pembelajaran drill terhadap kemampuan Public speaking (Retorika) dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMAN 05 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental dengan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui test dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji T, Regresi Sederhana dan Korelasi Pearson Product Moment Program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan pada segi aspek Accuracy menunjukkan hasil pre-test sebesar 62,85% dan setelah post-test mendapatkan hasil sebesar 77,14%. Dari aspek Fluency menunjukkan hasil pre-test sebesar 57,14% dan setelah post-test mendapatkan hasil sebesar post-test 77,14%. Pada aspek Comprehensibility menunjukkan hasil pre-test sebesar 74,28% dan setelah post-test mendapatkan hasil sebesar 54,28%. Perbedaan rata-rata antara post-test dan pre-test yaitu sebesar 1,2563 sangat signifikan. Besarnya korelasi atau R antara metode yang diterapkan dengan kemampuan public speaking yaitu sebesar 0,796 menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positive antara metode atau teknik yang diterapkan dengan kemampuan public speaking pada siswa. Disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan teknik pembelajaran drill dalam menumbuhkan kemampuan public speaking (retorika) pada pembelajaran bahasa inggris siswa kelas X MIA 3 di SMA Negeri 5 Makassar 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar. (2012). Pengantar Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Jakarta. PT. Indeks.

Bungin B. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta. PT. Kencana

Cangara Hafied. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. PT. Rajawali Pers.

Damayanti D. (2013). 1 jam mahir public speaking. Jogjakarta. Pinang Merah Publisher.

Hendrikus W. Dori. (1991). Retorika: Terampil berpidato, berdiskusi, berargumentasi, bernegosiasi. Yogyakarta. Kinisius

Hermawan Asep. (2006). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Masithoh A. (2007). Implementasi Metode Drill untuk meningkatkan Prestasi belajar Stoikiometri siswa SMA Negeri 1 Cawas. Surakarta.

Mulyatiningsih E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Tarigan. (1990). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo Tirtarahardja. U. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Jakarta. PT. Rajagrafindo. Persada.

Pendidikan.

Yusuf P .M. (2013). Komunikasi Instruksional Teori dan Praktik.

Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2016-06-24

Issue

Section

Articles