STRATEGI KOMUNIKASI KAMPANYE PENGENDALIAN MINUMAN BERALKOHOL (PERDA NOMOR 11 TAHUN 2012) OLEH PEMERINTAH KABUPATEN SIKKA

Authors

  • Polikarpus Manase Mana Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sikka
  • Hafied Cangara Ilmu Komunikasi Fisip Unhas

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v3i2.582

Keywords:

communication strategy, campaign, alcoholic drink

Abstract

Abstract Campaign strategy is a communication action plan to influence others. The aim of the research was to find out and axplain the communication strategy by the government of Sikka Regency in the campaign of alcoholic drink based on Local Regulation Number 11 Year 2012 in Sikka Regency, the implementation of socialization campaign of the control of alcoholic drikn, and the inhibiting factors of the campaign of control of alcoholic drink in Sikka Regency.The research used descriptive qualitative method trough interview and field observation. The results of the research that the government of Sikka regency to implementation of communication only linear with face to face. All sectors were excluded. Not perform segmentation and identification of audiences. There are several factors faced in the implementation of campaign such as the low level of community’s knowledge and participation, limited time and cost, ego sector, long bureaucratic system, and strong tradition and culture in the community. Campaign of the control alcoholic drink by the govermment of Sikka not through a good communication plan and compherensiveAbstrak Strategi kampanye adalah perencanaan tindakan komunikasi untuk mempengaruhi orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan strategi komunikasi Pemerintah Kabupaten Sikka dalam kampanye pengendalian minuman beralkohol berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2012 di Kabupaten Sikka, mengetahui dan menjelaskan pelaksanaan kampanye sosialisasi pengendalian minuman beralkohol di Kabupaten Sikka, serta mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor yang menghambat kampanye pengendalian minuman beralkohol di Kabupaten Sikka. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Variabel yang diteliti adalah, strategi komunikasi, proses komunikasi media komunikasi, sasaran komunikasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi bersifat linear melalui pola tatap muka. Semua sektor tidak dilibatkan. Tidak melakukan segmentasi dan identifikasi khalayak. Pelaksanaan kampanye mengalami hambatan karena tingkat pengetahuan dan partisipasi masyarakat yang masih rendah, waktu dan biaya yang terbatas, ego sektor, sistem birokrasi yang panjang, serta adat dan budaya yang masih kental di masyarakat. Kampanye pengendalian minuman beralkohol oleh Pemerintah Kabupaten Sikka tidak melalui suatu perencanaan komunikasi yang baik dan kompherensif. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahfiarti Tuti, (2012). Buku Ajar Dasar- Dasar Komunikasi, Universitas Hassanudin Makasar.

Cangara Hafied, (2013). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Cangara Hafied, (1998). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta Raja Grafindo.

Effendy Onong Uchjana, (1994). Dinamika Komunikasi, Bandung, Rosdakarya.

Fatkhuri Muhamad W., (2009). Efektifitas Perda Minuman Keras Terhadap Tindakan Kriminal di Kabupaten Kulon Progo (Skripsi), Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Indrawati Maria Farida, (1996). Ilmu Perundang-undangan Dasar-Dasar dan Pembentukannya, Jakarta,

Jhon Little Stepen W, Foos Karen A. (2009).Theorys Of Human Commmunication Teori Komunikasi Editor Ria Oktafiani, Jakarta, Salemba Humanika.

Liliweri Alo, (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna, Jakarta, Kencana Media Group

Lukman Y ulianto, (2012). Harmonisasi Hukum Tentang Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol (Tesis) Medan: Universitas Sumatera Utara

Richard West, Lynn H. Tunner, (2008). Introducing Commmunication Theory Analysis And Aplication; Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Editor Nina Setyaningsih, Jakarta, Salemba Humanika.

Soesilo R., (1988). Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Serta Komentar- Komentarnya Pasal demi Pasal, Politeia, Bogor

Setianti Yanti, (2008). Kampanye Dalam Merubah Sikap Khalayak (makalah ilmiah)), Bandung; Universitas Pajajaran

Venus Antara, (2007). Manajemen Kampanye, Bandung, Simbiosa Rekatama Media

Downloads

Published

2016-06-24

Issue

Section

Articles