PERILAKU KOMUNIKASI PARA PEDAGANG LOKAL DALAM BERINTERAKSI DENGAN TURIS MANCANEGARA DI SEPANJANG PESISIR KUTA DENPASAR BALI

Authors

  • Nettie Nandra Tasunaung Jurusan Imu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Makassar
  • Muhammad Farid Jurusan Imu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Makassar
  • Tuti Bahfiarti Jurusan Imu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v6i2.5335

Keywords:

Kata Kunci, Perilaku komunikasi, verbal, non-verbal, pedagang lokal

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perilaku komunikasi dan (2) faktor-faktor penghambat para pedagang lokal dalam berinteraksi dengan turis mancanegara. Penelitian ini dilaksanakan di sepanjang pesisisr pantai Pantai Kuta Denpasar, Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik aksidental sampling dengan jumlah informan sebanyak 9 orang. Mereka yang menjadi narasumber merupakan para pedagang lokal dan turis mancanegara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun kebudayaan para pedagang lokal dan turis mancanegara berbeda, namun mereka tetap dapat berkomunikasi secara efektif. Interaksi yang berlangsung antara pedagang lokal dan turis mancanegara menggunakan komunikasi verbal, yaitu secara lisan dan tulisan dan komunikasi nonverbal yang berupa simbolsimbol. Para pedagang lokal dalam berinteraksi langsung dengan turis mancanegara mengalami hambatanhambatan dalam masalah bahasa, budaya, dan motivasi. Meskipun pedagang menemui berbagai macam hambatan dalam berinteraksi dengan turis mancanegara, namun para pedagang lokal tetap berusaha mengatasi semua hambatan tersebut agar komunikasi dapat berlangsung dengan efektif. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cangara. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Chaney & Martin. (2004). Intercultural business communication. New Jersey: Pearson

Education. Inc.

Kriyantono. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group

Liliweri. (2013). Dasar-Dasar Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Liliweri. (2011). Gatra-Gatra Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Moleong. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdaarya

Mulyana. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyana & Rakhmat. (2010). Komunikasi Antarbudaya: Panduan Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya

Riswandi. (2009). Ilmu Komunikasi. Yogyakarta : Graha ilmu.

Ruben & Stewart. (2013). Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sihabudin. (2013). Komunikasi Antarbudaya Satu Perpsektif Multidimensi. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2017-12-25

Issue

Section

Articles