KEGIATAN PR PT DONGGI SENORO LNG KABUPATEN BANGGAI DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK SOSIAL PADA MASYARAKAT SEKITAR
DOI:
https://doi.org/10.31947/kareba.v7i1.5308Keywords:
Public Relations, Konflik SosialAbstract
Konflik Sosial merupakan suatu kegiatan yang berlangsung dengan melibatkan orang atau kelompok yang saling menentang. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan menganalisis (1) bentuk dan penyelesaian konflik sosial. (2) bentuk kebijakan. (3) Aktivitas komunikasi yang digunakan public relations PT Donggi Senoro Liquefied Natural Gas (DSLNG) dalam menyelesaikan konflik sosial pada masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan di Kabupaten Luwuk Banggai Propinsi Sulawesi Tengah. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan sebanyak 20 orang yang mengetahui dan terkait dengan masalah kegiatan Public Relations dalam penyelesaian konflik Sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelesaian konflik sosial dikabupaten luwuk banggai di lakukan langkah-langkah Community Relations dalam melaksanakan program CSR (Corporate Social Respobility) misalnya, melalui rumah pendampingan dalam bentuk pemberian bantuan sumbangan pendidikan kepada anak berprestasi, bimbingan enterpreneuship (kewirausahaan) pada masyarakat sekitar sehingga di nilai belum optimal dan belum merata. Untuk itu penelitian ini menyarankan perlunya ditingkatkan peran PT DSLNG dalam mengatasi kesenjangan sosial pada masyarakat sekitar yang menjadi salah satu pemicu konflik, serta pemberdayaan potensi tenaga kerja lokal.Downloads
References
Anggoro M.L. (2008). Teori Dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara
Arifin A.(2008). Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Bungin B. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group
Bungin. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo
Cangara H. (2014). Perencanaan Komunikasi. edisi revisi cetakan ke dua. Jakarta: Grafindo Persada
Cutlip et al. (2006). Efectif Public Relations.Edisi Kesembilan. Pearson Education Inc.
Djaja D (2000). Komunikasi Antar Manusia. Bandung: Remaja Bandung
Rachmadi. (2003). Publik Relations dalam Praktek. Jakarta: Bumi Aksara
Rachmadi. (1998). Manajemen Konflik. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Rosady R. (2006). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi. Jakarta:Ghalia Indonesia
Prayudi. (2011). Pengantar Public Relations. Jakarta: Grafindo Persada
Sukamto S. (2006). Pengantar Sosiologi. Jakarta: Kompas Gramedia
Toni. (2002). Publik Relations dan Pembentukan Citranya. Cetakan ketiga. Jakarta: Bumi Aksara