ARTIS DAN PILKADA (POLITIC MARKETING PEMENANGAN HIDAYAT – SIGIT PADA PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA KOTA PALU)
DOI:
https://doi.org/10.31947/kareba.v7i1.5247Keywords:
Pemilukada, Politic Marketing, ArtisAbstract
Pada awal pendeklarasian diri pencalonan Walikota dan Wakil Walikota Palu, Hidayat dan Sigit sama – sama mendeklarasikan diri untuk maju sebagai Walikota pada pemilihan Walikota Palu periode 2015 – 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahapan – tahapan strategi atau taktik pasangan Hidayat – Sigit dalam mengaplikasikan strategi politic marketing. Penelitian ini dilaksanakan di kota Palu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi kepustakaan kemudian dianalisis secara deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah informan sebanyak 9 orang. Mereka yang menjadi narasumber merupakan kandidat yang diusung dan tim pemenang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan strategi marketing Hidayat – Sigit dimulai dari pembentukan tim pemenangan dan tim relawan untuk merumuskan perencanaan strategi dan melakukan riset pemasaran berdasarkan indikator bauran pemasaran product, place, price dan diimplemtasikan kedalam bentuk promosi pada saat kampanye berlangsung.Downloads
References
Cangara H. (2014). Komunikasi Politik, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Effendy O. U. (2002). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung : PT. Citra Aditya Bakti
Firmanzah. (2007). Marketing Politik antara Pemahaman Realitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
________. (2008). Mengelolah Partai Politik, Komunikasi dan Positioning Ideologi Politik di Era Demokrasi. Jakarta: Yayasan Obor
Herwanita. (2013), Strategi Kampanye Politik Partai Kebangkitan Bangsa dalam Meningkatkan Dukungan Pemilih Menuju Legislatif 2014. Universitas Hasanudin. Makassar.
Kaid L. L (2004). Handbook Of Political Communication Research. New Jersey: Lawrence Erbalum Associates Publishers
Kotler P. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia
Nursal A. (2004). Political Marketing: strategi Memenangkan Pemilu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Rahmarini G. M. (2015). Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Pemerintah Kota Palu dalam Menarik Minat Investor Untuk Berinvestasi Pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Universitas Hasanudin. Makassar.
Rakhmat J. (2009). Psikologi Komunikasi. Cetakan 27. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.