EFEKTIFITAS PENYEBARAN INFORMASI REKRUTMEN PESERTA DIDIK PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI PADA BALAI LATIHAN KERJA KAB. MAJENE

Authors

  • Marini Ilyas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Farid Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Akbar Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v6i1.5175

Keywords:

Penyebaran informasi, media, rekrutmen.

Abstract

Efektifitas penyebaran informasi rekrutmen peserta didik pelatihan berbasis kompetensi pada Balai Latihan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penyebaran informasi rekrutmen terhadap pengambilan keputusan peserta didik dalam mengikuti pelatihan berbasis kompetensi pada Balai latihan Kerja (BLK) Kab. Majene dan faktor-faktor yang mempengaruhi penyebaran informasi rekrutmen peserta didik dalam mengikuti pelatihan berbasis kompetensi BLK Kab. Majene Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Majene. Metode dan pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif dan observasi. Populasi penelitian adalah pengangguran terbuka pada kabupaten majene sebanyak 1.504 jiwa. Penyampelan dilakukan dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan jumlah sampel 283 responden. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengarruh antara penyebaran informasi melalui Baliho, Facebook, Surat pengumuman masjid dan infromasi orang lain terhadap pengambilan keputusan untuk mengikuti rekrutmen peserta didik. Baik secara simultan maupun secara parsial mempunyai pengaruh dengan pengambilan keputusan. Diantara lima media, yang paling besar pengaruhnya adalah variabel informasi dari orang lain. Faktor-faktor yang mempengaruhi penyebaran informasi rekturmen peserta didik yaitu apek aspek demografis, aspek sosial budaya, aspek geografis, dan aspek anggaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cangara, Hafied. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Effendy. (2003). Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Framanik, Nanik Afrilla, (2012). Komunikasi Persuasif. Penerbit Sayuti Com. Banten

Harmsworth S. & Turpin S (2001). Creating an Effective Dissemination Strategy; An Expanded Interactive Workbook for Educational Development Projects. TQEF National Co-ordination Team. Diakses tanggal 05 Mei 2016. Available from : http://www.innovations.ac.uk/btg/resources/publications/dissemination.pdf

Hovland, C.I.,Janis, I.L., dan Kelley, H.H. (1953). Communication and Persuasion. Yale University Press. New Heaven.

Jalaluddin (1986). Psikologi Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nazir M. (1985). Metode Penelitian. Jakarta Timur: Ghalian Indonesia.

Ruslan R. (2004). Metode Penelitian Public Relations. Jakarta: PT. Raja Grafin.

Sastropoetro.(1990). Proses dan syarat-syarat penyebaran informasi. Diakses tanggal 21 Februari 2016. Available from : http://jurnalapapun.blogspot.co.id/2014/03/proses-dan-syarat-syarat-penyebaran.html

Sugiono. (1999). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2018-10-03

Issue

Section

Articles