PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA RUMAH SAKIT DR WAHIDIN SUDIROHUSODO SEBAGAI RUMAH SAKIT BERSTANDAR INTERNASIONAL

Authors

  • Ahmad Zulfikar Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
  • Muh. Iqbal Sultan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
  • Kahar Kahar Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v6i1.5169

Keywords:

humas, citra, rumah sakit, Wahidin

Abstract

Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui peran Humas dalam meningkatkan citra Rumah Sakit  Dr Wahidin Sudirohusodo. (2) Untuk  mengetahui faktor pendukung dang penghambat humas dalam menigkatkan citra di Rumah Sakit  Dr Wahidin Sudirohusodo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan dekriptif.  Teori peranan humas oleh Dozier dan Broom menjadi pedoman dalam membantu penulis untuk melihat peran humas dalam meningkatkan citra Rumah Sakit Dr Wahidin Sudirohusodo. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukan ada lima peran yang dijalankan oleh praktisi humas Rumah Sakit Dr Wahidin Sudirohusodo dalam rangka meningkatkan citra rumah sakit, yaitu : Peran sebagai fasilitator komunikasi, peran sebagai fasilitator penanganan masalah, peran sebagai saran pemasaran, membina hubungan media, dan peran sebagai teknisi komunikasi. Sedangkan untuk faktor pendukung humas dalam menjalankan perannya yaitu : adanya posko pengaduan dan kebijakan direktur. Dan faktor penghambatnya yaitu: terbatasnya sarana dan prasarana, sumber daya manusia, keterampilan, dan pendanaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggoro, M.Linggar. 2008. Teori dan profesi Kehumasan serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Assumpta Rumanti, Sr Maria. 2002. Dasar-dasar Public Relations: Teori dan Praktik. Jakarta: Grasindo.

Basrowi, Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta:Rineka Cipta.

Butterick, Keith. 2012. Pengantar Public Relation :Teori dan praktik. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.

Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.

Cutlip, Scot M., et al. 2007. Effective Public Relations. Jakarta:Kencana prenada Media Group

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Human Relation dan Public Relations. Bandung:Mandar Maju.

Gregory, Anne. 2004. Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relations.Jakarta: Erlangga.

Khusnul Khotimah. 2009. Peran humas pada rumah sakit (Studi Deskriptif Kualitatif Peran Humas Rumah Sakit Islam Surakarta (YARSIS) Dalam Mengevaluasi Kepuasan Pasien Rawat Inap). Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Uiversitas Sebelas Maret : Surakarta.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Moore, H.Frazier. 2005. Humas : Membangun Citra dengan komunikasi. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Munawaroh. 2013. Panduan Memahami Metodologi Penelitian. Malang:Intimedia.

Rumanti, Maria Assumpta. 2002. Dasar-Dasar Public Relations. Jakarta:PT Grasindo

Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian Humas dan Komunikasi. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada. 2003. Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada. 2005. Manajemen Public Relation & Media Komunikasi.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi sebagai suatu pengantar. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.

Soemirat & Ardianto. 2005. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Usrotul Afifah. 2016. Manajemen Public Relations Dalam Membangun Citra Perusahaan (Studi Deskriptif Kualitatif Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta). Skripsi. Fakultas IlmuSosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga : Yogyakarta.

Widjaja, H.A.W. 2008. Komunikasi :Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta:Bumi Aksara.

Downloads

Published

2018-10-03

Issue

Section

Articles