TINGKAT AKSESIBILITAS DAN PEMANFAATAN MEDIA BARU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN INTERAKSI SOSIAL DI KALANGAN PELAJAR SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.31947/kjik.v6i1.5155Keywords:
Aksesibilitas, media baru, interaksi sosial, proses pembelajaran, pelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) tingkat aksesibilitas media baru di kalangan pelajar sekolah menengah pertama di kota dan di desa (2) pemanfaatan media baru dalam proses pembelajaran dan interaksi sosial di kalangan pelajar sekolah menengah pertama di kota dan di desa (3) perbandingan tingkat aksesibilitas dan pemanfaatan media baru dalam proses pembelajaran dan interaksi sosial di kalangan pelajar sekolah menengah pertama di kota dan di desa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian mixed methods, dengan model rancangan Triangulasi Bersamaan. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 18 Makassar dan SMP Negeri 5 Polongbangkeng Utara dengan populasi penelitian adalah pelajar SMP Negeri 18 Makassar dan SMP Negeri 5 Polongbangkeng Utara. Sampel ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling, informan dipilih secara sengaja dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Tingkat aksesibilias terhadap media baru di kalangan pelajar sekolah menengah pertama dalam kategori tinggi. Sedangkan untuk pemanfaatan media baru dalam proses pembelajaran di kalangan pelajar sekolah menengah pertama di SMP Negeri 18 Makassar lebih tinggi dibanding SMP Negeri 5 Polongbangkeng Utara.Downloads
References
Bungin, Burhan. (2010), Penelitian Kualititatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Lainnya. Jakarta, Kencana
Cangara, Hafied (2014). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta, Rajagrafindo Persada
Dijk, A.G.M Van Jan (2005). The Deepening Devide : Inequality in the Information Society. Amarica, Sage Publications.
------. 2008. The Digital Divide in Europe : Draft The Handbook of Internet Politics, Routledge, London and New York. (online). https://www.utwente.nl/bms/mco/bestanden/digitaldivide.pdf, diakses 28 Desember 2015
Looker dan Thiessen (2003). The Digital Divide in Canadian Schools : Factors Affecting Student Acces to and Use Of Information Technology. Ottawa, Research Data Centres Program
Lowe Graham, McAuley Julie (2000). Information and Communication Technology Literacy Assessment Framework. ALL-Adult Literacy and Lifeskills Survey
Nasrullah, Rully (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia. Jakarta, Kencana
Noegroho, Agoeng (2010). Teknologi Komunikasi. Yogyakarta, Graha Ilmu
McQuail, Denis. (2010). Teori Komunikasi Massa McQuail. Terjemahan Putri Iva Izzati. 2011. Jakarta, Salemba Humanika.
Siregar Eveline, Nara Hartini (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor, Ghalia Indonesia
Socha, dkk (2012). Defining New Media Isn’t Easy at NewMedia. Org, http://www. newmedia. org/what-is-new-media. html [March 1, 2014], diakes 2 Januari 2016.
Suhardi, Sunarti (2009). Sosiologi 1. Jakarta, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Tashakkori Abbas, Teddlie Charles (2010). Handbook Of Mixed Methods In Social & Behavioral Research. Tashakkori dan Teddlie.
Unde, Andi Alimuddin (2014). Televisi & Masyarakat Plurastik. Jakarta, Prenada
UNESCO Institute for Information Technologies in Education (2002). “Toward Policies for Integrating ICTs into Education” Hig-Level Seminar for Decision Makers and Policy-Makers, Moscow 2002.