EFEK PEMBINAAN DISIPLIN KARYAWAN DALAM HUBUNGANNYA DENGAN FUNGSI PUBLIC RELATION TERHADAP KEMAJUAN CARREFOUR INDONESIA DI MAKASSAR

Authors

  • indah sulistiani indah
  • Muhammad Farid Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v1i2.380

Keywords:

Keyword, Disiplin Kerja, Public Relation

Abstract

AbstractThe study aims to describe the form of disciplinary training of the employees in their public relation function, its influence on, and relationship with the progress of Carrefour Indonesia in Makassar. The study was carried out to the employess of Carrefour Indonesia in Makassar, and the sample was randomly selected. The data were collected through a survey, an audience, and involving questionnaire distribution. The data were analysed with inferential and quantitative descriptive technique. The study proves that the training was carried out in the forms communications activities, i.e. personal communications, counseling, meetings, events, and dialogues. There is a significant correlation between work disciplinary training variables and the company's progress with the strength of association of 0,503, and the positive relationship direction. There is a significant correlation between the independent variables and the dependent ones indicated by the figure 25,3 % which means that there are other Factors (intervening variable) influencing the relationship (74,7 %). The size of the communicator, target, means, and public based on public relation concepts tah is two-way communication and organization communication concept.Keyword ; Disiplin Kerja, Public RelationAbstrakStudi ini dimaksudkan untuk menggambarkan bentuk pembinaan disiplin keija para karyawan dalam hubungannya dengan fungsi Public Relations terhadap kemajuan perusahaan retail Carrefour Indonesia di Makassar. Studi ini telah dilaksanakan pada karyawan Carrefour Indonesia di Makassar, dengan memakai sample yang dipilih secara andom. Data dikumpulkan dengan cara survei, wawancara, dan pengedaran angket. Data kemudian dianalisis dengan memakai teknik deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistic inferensial. Studi ini mencoba melihat bagaimana pembinaan disiplin kerja para karyawan dibentuk melalui aktivitas komunikasi, seperti komunikasi intarpribadi, konseling, rapat, perayaan/acara, dan dialog. Hasilnya menun jukkan bahwa ada korelasi yang signifian antara variable disiplin kerja dengan peningkatan keamjuan perusahaan pada level 0.503, dimana korelasi itu positif. Ada juga korelasi yang signifikan antara variable bebas dengan variable tergantung, yang diindikasikan dalam angka 25,3 persen, yang artinya factor lain, dalam hal ini variable intervening memberi pengaruh dalam hubungan itu, yakni 74,7 persen.Keyword : Disiplin Kerja, Public Relations

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Rujukan

Grunig, James E. 1984. Managing Public relation. New York. CBS College Publishing.

Grunig, James E. 1992. Excellent in Public relation & Communications Management. New Yersey Lawrence Associ-ates Inc.Publishers.

Jefkins, Frank. 1988. Essentials of Public relation. Singapore : Heineman Asia.

Istijanto. Riset Sumber Daya Manusia. 2008. PT Gramedia Edisiketiga. Jakarta.

Kasali, Rhenald. Manajernen Public Relation Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. 1994. Pustaka Utama Grafiti. Jakarta.

Lewis, Phillip V. 1980. Organizational Communication The Essence af Effective Management. Second Edition, Oklahoma : Grid Publishing Inc, Columbus, Ohio.

Muhidin, Ali Sambas. S.Pd. M.Si, Drs Maman Abdurahman, M.Pd, 2007. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian, Bandung. Pustaka

Partino, HR, 2005, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Pustaka Mahasiswa. Jogjakarta.

Scott, Cutlip, M, Center, Allen H, BroomGleenM, 2007. Effective Public relation. (Edisi ke-9). Ney Yersey: Pretice-Hall, Inc., Upper Saddle River.

Seitel, Fraser. P. 1992. The Practice of Public relation. Singapore: Mac Millan Communications

Sendjaja. 1994. Teori-Teori Komunikasi. Universitas Terbuka. Jakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfa-beta, Bandung.

Sjaifullah, Cangara,. 2008. Analisis Statistik Untuk Ilmu Komunikasi. Fisip Universitas Hasanuddin. Makassar.

Wayne. R. Pace, Don F. Faules. 2006. Komunikasi Organisasi Strategi meningkatkan Kinerja Perusahaan. Cetakan ke-6. PT Remaja Rosda¬karya. Bandung

Warsono, Ig. 1997. Etika, Komunikasi Kantor. Kanisius. Yogyakarta

Tubbs, L. Steward dan Silvia Moss. 2001, Human Communications,

Konteks-Konteks Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Internet

Avin Fadila Helmi. 1996. Jurnal dan Bulletin Psikologi. Fakultas Psikologi. Universitas Gajah Mada. Yogjakarta.

(http://www.google.id.htrnl.disiplin kerja, diakses 15 desember 2009)..

Delfi. 2009. Artikel Public relation. (online), (file:/// E:/Pasca/Word/Tugas % 20 Pasca/Barru/ Tesis.htm. diakses 4 Januari 2010.

Mangkuprawira, Sjafri, 2008. Indikator Kinerja Utama Sumber Daya Manusia, (online), (http:///E.:/ Pasca/word/tugas % 20/pasca/barru/tesis. htm). diakses 4 Januari 2010.

Sanjapratama. 2009. Definisi Perusahaan. (online), (file:///E:/tesis % 20 kia/indek.httn. diakses 6 Januari 2009.

Cosmotopic, 2009, Teori Motivasi. (online), (http://id.cosmotopic.com/1939571595-teori-motivasi. diakses 4 Mei 2010.

Downloads

Published

2016-06-20

Issue

Section

Articles