ANALISIS FUNGSI PUBLIC RELATIONS PT.INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL REPSONSIBILITY DI MAKASSAR

Authors

  • Fajarina Fajarina Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v1i1.367

Keywords:

Public Relations, Corporate Social Responsibility

Abstract

Abstract The research aims to find out the function of Public Relations in the implementation one of its program, i.e. Corporate Social Responsibility Program. The research was a descriptive qualitative study. The data were obtained by using direct observation and in-depth interview to nine key informants and some other additional informants carried out during the implementation of the program. The result reveal that Public Relations, as a mediator between the company and the public, functions to carry out social responsibility to the society in which it gets many benefits in the implementation of its function such as a good image in the society.Abstrak Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan fungsi public relation dalam pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) pada perusahaan PT.Indofood CBP Sukses Makmur di Kota Makassar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan diperoleh melalui pengamatan langsung dan wawancara mendalam terhadap 9 informan kunci dan beberapa informan tambahan lainnya yang terlibat langsung selama implementasi program CSR. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Public Relations menjadi bahan mediasi antara perusahaan dan masyarakat dalam implementasi CSR. Bahkan salah satu manfaat yang diperoleh dari fungsi pelaksanaan CSR oleh PR adalah citra positif perusahaan dimata masyarakat. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambadar, Jackie, 2008, CSR dalam Praktik di Indonesia, Wujud Kepedulian Dunia Usaha, Jakarta : Elex Media Komputindo.

Bisnis dan CSR, 2007, Memaknai CSR. Edisi Oktober.

Fajar, Rudi, 2005, Spektrum Pelaku CSR. Dokumen http://www.swa.co.id/ ., 30 Mei

Moleong & Lexy J., 2005, Metode Pene- litian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya

Rahman, Reza, 2009, Corporate Social Responsibility, Antara Teori dan Kenyataan, Cetakan pertama, Jakarta : Buku Kita

Downloads

Published

2016-06-20

Issue

Section

Articles