STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) OLEH HUMAS PT. SEMEN TONASA TERHADAP KOMUNITAS LOKAL DI KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN
DOI:
https://doi.org/10.31947/kjik.v2i1.352Keywords:
communication strategy, corporate social responsibility (CSR), local communityAbstract
Abstrak Penilaian beberapa kalangan masyarakat sekitar perusahaan bahwa program CSR PT. Semen Tonasa kurang memberi manfaat kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mengkaji tentang strategi komunikasi humas dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT. Semen Tonasa. Fokus penelitian ini berorientasi pada analisis strategi komunikasi Humas PT. Semen Tonasa pada pelaksanaan program CSR dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Data bersumber dari 15 orang informan antara lain Direktur Utama, Karo Humas, Karo PKBL, dan masyarakat masing-masing 3 orang dari 4 Kelurahan/Desa berbeda di wilayah ring 1 PT. Semen Tonasa. Data hasil observasi disajikan dalam bentuk gambar (foto). Data hasil wawancara dianalisis dengan menelaah seluruh data, reduksi data, dan penyajian data. Data hasil studi kepustakaan disajikan dalam bentuk kutipan-kutipan untuk memperkuat temuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi humas PT. Semen Tonasa pada pelaksanaan program CSR semakin dikembangkan dengan bentuk transparansi dan partisipasi aktif masyarakat sekitar. Strategi komunikasi Humas PT. Semen Tonasa pada pelaksanaan program CSR sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, dua diantaranya adalah pengakuan pihak manajemen perusahaan tentang adanya pihak-pihak yang ingin mengambil bagian pada pelaksanaan/pengelolaan program CSR dan pengakuan pihak masyarakat yang terlibat pada program CSR tentang syarat dan kendala yang ditemui dalam pelaksanaan program CSR. Disimpulkan bahwa strategi komunikasi humas semakin dikembangkan dengan bentuk transparansi dan partisipasi aktif masyarakat sekitar. Adapun faktor-faktor yang memengaruhinya, dua diantaranya adalah pengakuan pihak manajemen perusahaan tentang adanya pihak-pihak yang ingin mengambil bagian pada pengelolaan program CSR dan pengakuan masyarakat yang terlibat pada program CSR tentang syarat dan kendala dalam pelaksanaan program CSR. Diharapkan pihak perusahaan lebih mengembangkan strategi komunikasi dengan pelibatan masyarakat dan menemukan solusi atas faktor-faktor yang memengaruhinya.Abstract The assessment of some societies around the company is that the CSR program of PT. Semen Tonasa give less benefit to society. This research aims to describe and analyze the communication strategy of public relations on implementing Corporate Social Responsibility (CSR) by public relations officer of PT. Semen Tonasa. The focus of the research is oriented on analysis of communication strategy PT. Semen Tonasa on CSR program implementation and factors affecting it. Data was collected through observation, interview, and library study. Fifteen selected informants were chosen whom of which are Director, Public Relations Officer, PKBL Officer, and society’s representatives. Observation result data was presented in the form of photos and pictures. Interview result data was analyzed by study, reduction, and data presenting. Library data result was presented in the form of citations to strengthen the research finding. The research shows that communication strategy of public relations officer on implementing corporate social responsibility program (CSR) is developed through transparency and active participation of surrounding society. The factors affecting the implementation of CSR program are: (1) recognition of company’s management side about outsiders who are willing to participate on implementation of CSR program, and (2) acknowledgement of society involved within the CSR program about terms and conditions found on implementation of CSR program. It can concluded that the communication strategy of public relation is increasingly developed in the form of transparancy and active participation of society. Furthenmore, the influencial factors are the acknowledgement of company’s management regarding the existence of parties willing to take part in the management of CSR program and acknowledgement of society involved in CSR program regarding the requirements and obstacles in CSR program implementation. It is hoped that the company will develop the communication strategy by involving society and find solution toward the influencial factors.Downloads
References
Anggoro, Linggar. (2002). Teori dan Profesi Kehumasan serta Aplikasinya di Indonesia. Cetakan Ketiga. Jakarta : Bumi Aksara.
Ardianto, Elvinaro dan Sumirat, Soleh. (2004). Dasar-Dasar Public Relations. Cetakan Ketiga. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Arifin, Anwar. (1994). Strategi Komunikasi. Jakarta: Armico.
Cangara, Hafied.
Komunikasi.
Persada.
Cutlip, Scott M., Center, Allen H., Broom, Glen M.
(2006). Effective Public Relations. Edisi
Sembilan. Pearson Education Inc.
Effendy, Onong. (2006). Ilmu, Teori dan Filsafat
Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. Effendy, Onong Uchjana. (1992). Hubungan Masyarakat, Suatu Studi Komunikologis. Edisi
Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Greener, Toni. (2002). Public Relations dan Pembentukan Citranya. Cetakan Ketiga.
Jakarta : Bumi Aksara.
Grunig, James E. & Hunt, Todd. 1984. Managing
Public Relations. New York: CBS College
Publishing.
Hutapea, EB. (2000). Public Relations sebagai
Fungsi Manajemen. Majalah WIDY A No. 179.
Iriantara, Yosal. (2007). Community Relations, Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jefkins, Frank. (2003). Public Relations, Edisi Kelima Direvisi oleh Daniel Yadien. Jakarta: Erlangga.
Kartini, Dwi. (2009). Corporate Social Responsibility. Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Bandung : Refika Aditama.
Muhammad, Arni. (2007). Komunikasi Organisasi. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.
Nuryana, Mu’man. (2005). Corporate Social Responsibility dan Kontribusi Bagi Pembangunan Berkelanjutan. Makalah yang disampaikan pada Diklat Pekerjaan Sosial Industri, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS). Bandung.
Rahman, Reza. Corporate Social Responsibility Antara Teori dan Kenyataan. Cetakan Pertama. Jakarta : Buku Kita.
Ruslan, Rosady. (2006). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Ruslan, Rosady. (2007). Kiat Dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Schermerhorn, John R. (1993). Management For Productivity. New York: John Wiley and Sons.
Suprapto, Tommy. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi : Dan Peran Manajemen dalam Komunikasi. Yogyakarta: CAPS.
Wibisono, Yusuf. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Gresik: Fascho Publishing.