KEMAMPUAN LITERASI MEDIA VISUAL SISWA DAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SMP NEGERI 11 PARE-PARE
DOI:
https://doi.org/10.31947/kjik.v2i4.343Keywords:
visual literacy, success, technologyAbstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan mengkaji (1) gambaran pelaksanaan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Negeri 11 Pare-pare, (2) kemampuan literasi media visual Siswa SMP Negeri 11 Pare-pare, (3) hubungan kemampuan literasi media visual siswa dengan keberhasilan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) siswa SMP Negeri 11 Pare-pare. Penelitian ini menggunakan survey yang bersifat kualitatif. Survey dilakukan dengan memilih informan yang sudah ditargetkan yang dimulai dari pengamatan langsung observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai instrumen utama penelitian. Penelitian ini terfokus pada kemampuan literasi media visual siswa dalam pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Pare-pare agar tercapai tujuan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam membaca dan memahami materi tentang teknologi informasi dan teknologi komunikasi dalam bentuk visual yang disajikan oleh guru seiring dengan lengkapnya fasilitas dan beragamnya sajian visual yang ditampilkan oleh guru serta strategi pembelajaran dalam pembelajaran TIK. Kemampuan literasi media visual siswa yang baik mempermudah dalam proses belajar mengajar. Abstract The aims of this research are to (1) description of the implementation of learning information and communication technology (ICT) at Junior High School 11 Pare-pare, (2) the ability of visual media literacy students of SMP Negeri 11 Parepare, (3) the relationship of visual media literacy skills of students with successful learning of information technology and communication technology (ICT) students of SMP Negeri 11 Parepare. This study uses a qualitative survey. The survey is conducted by selecting information who has targeted the starts from the observation of direct observation, interview and documentation as the main instrument of research. This study focuses on the ability of visual media literacy students in learning information and communication technology (ICT) in Junior High School 11 Parepare state in order to achieve the learning objectives. The result of this research showed an increase in students skills in reading and understanding the flow of information and materials about the technology in the form of visual communication technologies presented by the teacher along with full facilities and a variety of visual presentation shown by the teachers And learning strategies in teaching ICT. Visual media literacy skills students both in teaching and learning easier.Downloads
References
Berger, John (1972). Ways of Seeing. London: British Broadcasting Corporation and Penguin Books
Bernard Berelson and Gary Steiner, (1964) Human Behovior (New York: Harcourt, Brace, adn World, Inc.. Designing, and Evaluating Visuals in Training Materials. San Francisco, CA: Pfieffer.
Bruner, Jerome.S. (1966). Toward a theory of Instruction. Cambridge: Harvard University.
Clark, R.C. & Lyons, C. (2004). Graphics for Learning: Proven Guidelines for Planning,
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (1999). Instructional media and technologies for learning (6th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice- Hall
Kadir, A. (2003) Pengembangan E-Learning. Tugas Akhir,Jurusan Pendidikan Matematika, Univer-sitas Pendidikan Indonesia.
Kemp, J. E., & Smelline, D. C. (1994). Planning, producing and using instructional technologies (7th ed.). New York: Harper Collins.
Mayer Richard E, (1996) Multimedia Learning, Cambridge University,
Murti Kusuma Wirasti. (1999). Komunikasi Visual. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Yogyakarta.
Sinatra, R. (1986). Visual literacy connections to thinking, reading and writing. Springfield, IL: Charles C. Thomas