STRATEGI PROMOSI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN MOBIL MEREK TOYOTA PT. H. KALLA DALAM PERSAINGAN OTOMOTIF DI MAKASSAR

Authors

  • Andi Vita Sukmarini Universitas Hasanuddin
  • Hafied Cangara Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v2i4.342

Keywords:

Promotion Strategy, Customer’s Loyality

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan oleh PT. Toyota H. Kalladalam mempertahankan loyalitas pelanggan terhadap mobil merek Toyota di tengah persaingan bisnis otomotif di Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Toyota H. Kalla Makassar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deksriptif kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda. Hasil Penelitian ini menemukan dan menunjukkan bahwa kedua variabel independen (Strategi Bauran Promosi dan Kualitas Produk) memiliki arah pengaruh positif terhadap variabel dependen (Loyalitas Pelanggan). Di mana persamaannya adalah Y = 0,242 + 0,374X + 0,557Z. Hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi yaitu terjadi perubahan penilaian Untuk variabel Bauran Promosi (X) diperoleh nilai signifikansinya Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai signifikansinya lebih kecil dari nilai alpha 5% yaitu 0,000 < 0,05. Dengan demikian nilai ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel StrategiBauran Promosi memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Toyota H. Kalla Makassar. Hal ini menunjukkan bahwa secara parsial Bauran Promosi mempunyai pengaruh sebesar 36,6% terhadap Loyalitas Pelanggan. Secara parsial variabel Kualitas Produk (variabel intervensi/kontrol) (Z) mempunyai pengaruh sebesar 60,3 %. Dan itu menunjukkan hasil pengaruh yang cukup tinggi terhadap variabel Loyalitas Pelanggan (Y). Kesimpulan dari penelitian ini memberikan gambaran bahwa startegi promosi yang telah dilakukan oleh PT. Toyota H. Kalla Makassar telah dijalankan dan memberikan kontribusi yang besar terhadap perusahaan dan konsumen/pelanggan sehingga tercipta kepuasan pelanggandalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Abstract This study aims to determine promotional strategies undertaken by PT. Toyota H. Kalla in maintaining customer loyalty to the Toyota brand cars amid competition Makassar. This studi automotive business in the city was held at PT. Toyota H. Kalla Makassar. Data collected through observation, interviews, and documentation. Analyzed using quantitative descriptive analysis by multiple linear regression analysis method. The research results show that both the finding and the independent variables (Promotion Mix Strategy and Product Quality) has a positive influence on the direction of the dependent variable (Customer Loyalty). Where the equation is Y = 0.242 + 0.374 + 0.557 X Z. Statistical test results showed that significant value changes for variable assessment Promotion Mix (X) values obtained statistical significance Based on test results obtained significance value is less than the alpha value of 5 % is 0.000 < 0.05. Thus this value indicates that in partial Promotion Mix Strategy provides a positive and significant effect on customer loyalty at PT. Toyota H. Kalla Makassar. This suggests that the partial Promotion Mix influence of 39.7 % for Customer Loyalty. Inpartially Product Quality ( variable intervention / control ) ( Z ) has the effect of 60.3 % . And it shows the results of a high enough influence to Customer Loyality variable (Y) . The conclusion of this study suggests that the promotion strategy that has been done by PT. Toyota H. Kalla Makassar has been executed and contributed greatly to the company and the consumer / customer in order to create customer satisfaction maintain customer loyalty.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cangara, Hafied. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Cangara, Hafied. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi.Jakarta: PT. Raja- grafindo Persada.

Dharmestha, Swastha Basu dan T. Hani Handoko. (2008). Manajemen Pema- saran, Analisa Perilaku Konsumen. edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFE, Yogyakarta.

Husein, Umar. (2003). Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. cetakan pertama, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran. edisi pertama. cetakan ketigabelas, Prenhalindo, Jakarta.

Pratiwi, Ika. (2010). Analisis pengaruh kualitas promosi, pelayanan, harga, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan bengkel Toyota Semarang (Tesis). Semarang: Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Ratih, Hurriyati. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. cetakan pertama Penerbit :Alfabeta, Bandung

Rukmi, Mayang. (2009). Analisis hubungan strategi komunikasi pemasaran terhadap loyalitas pelanggan pada merek majalah wanita: Studi kasus majalah Femina (Tesis). Jakarta Program Pascasarjana Unversitas Indonesia.

Swastha Basu dan Irawan. (1998). Manajemen PemasaranModern. Liberty,Yogyakarta.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Bandung :Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Ku- antitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Mhetods). Bandung :Alfabeta.

Sunarto. (2003). Manajemen Pemasaran. edisi pertama BPFE-UST, Yogyakarta.

Tiera, Febri. (2012). Analisis strategi promosi terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian mobil merek Suzuki di Kota Medan (Tesis). Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Toyota, divisi Humas PT. Toyota H. Kalla, Makassar (2013)

Husaini. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. BumiAksara, Jakarta.

Downloads

Published

2016-06-20