HUBUNGAN ANTARA STRATEGI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI SEKOTA BAU-BAU

Authors

  • Deltu La Firlaz Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v1i4.319

Keywords:

communication learning strategy, learning goals

Abstract

ABSTRAKStrategi komunikasi pembelajaran merupakan suatu perencanaan yang baik dalam proses interaksi belajar dengan melibatkan semua factor-faktor  belajar, apakah itu guru, siswa, sumber-sumber belajar, peralatan, fasilitas, dan lingkungan beklajar untuk mencapai hasil belajar yang optimum. Untuk itu, semua factor itu tidak dapat dipisahkan dari kemampuan guru dalam berkomunikasi. Meskipun memakai strategi pembelajaran yang baik tetapi jika tidak bias diimplementasikan, maka sudah btentu hasilnya tidak bias dicapai secara optimum. Dalam kasus ini, guru sedapat mungkin bias berkomunikasi sehinghga  para siswa dapat memahami pikiran-pikirannya, apakah itu disampaikan dalam bentuk lisan, tertulis, dan bahasa tubuh. Dalam mengimplementasikan suatu strategi komunikasi pembelajaran,  para guru diharapkan dapat memiliki kemampuan berkomunikasi yang bisa mendorong pencapaian belajar para siswa. ABSTRACTCommunication learning strategy is a good planning in a process learning interaction which involving as organized all learning factors whether to teachers, students, learning sources, tools, facilities, and learning environment to achieve learning goal as optimum. Therefore, those all are not separated from teachers’ ability in communicating. Even though  it is a good learning strategy but if it not good implemented, so that it can not get optimum result. In this case, teacher should be well communicated and make his ideas and feelings known to his student, whether oral language, writing language, and body language. Hopefully, in implementing a good quality of learning communication strategy and encouraging teachers’ communication ability will improve students’ learning achievement. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, Saifuddin, 2000, Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Degeng S. Nyoman dan Miarso Yusufhadi, 1993, Terapan Teori Kognitif dalam desain Pembelajaran, Buku Pegangan Teknologi Pendidikan Pusat Antar Universitas-Universitas Terbuka, Depdikbud, Jakarta

Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Cetakan Keempat, Rineka Cipta, Jakarta

Syah, Muhibbin, 2008, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Edisi revisi, Cetakan keempatbelas, Februari, Remaja Rosdakarya, Bandung

Published

2016-06-20