PROMOSI WISATA KULINER SEAFOOD DI MAKASSAR The Promotion Of Seafood Culinary Tourism In Makassar
DOI:
https://doi.org/10.31947/kjik.v1i3.311Keywords:
Seafood culinary, promotion, tourism, Kuliner Seafood, promosi, wisataAbstract
AbstractThis research aims to find out promotion forms of seafood culinary tourism in Makassar and promotion activities done in promoting seafood culinary tourism in Makassar to attract tourists’ interest. This research was formed the background of promotion of form and activity done by restaurant and hotel managers in promoting seafood as one of the culinary tourism object in Makassar. The data were obtained through interview to 17 informants. They were then analyzed using descriptive qualitative analysis. The results show that restaurant managers rely the on promotion more on face-to-face promotion, so it is very rare to do promotion through mass media, while hotel managers more intensively do promotion. It is also found that hotel managers have more perfect plan before doing promotion, while restaurant managers do promotion only when the rate of visit is low. Hotel managers also used printed media, electronic media, internet to do promotion, while restaurant managers do not use internet mediaAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk promosi wisata kuliner seafood di Makassar dan Aktifitas promosi yang dilakukan dalam mempromosikan wisata kuliner seafood di Makassar untuk menarik minat wisatawan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bentuk dan aktifitas promosi yang dilakukan oleh pengelola rumah makan/restoran dan pengelola hotel dalam mempromosikan seafood sebagai salah satu obyek wisata kuliner di Makassar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan mewawancarai 17 informan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pengelola rumah makan/restoran lebih mengandalkan promosi dari mulut ke mulut sehingga sangat jarang melakukan promosi melalui media massa, sedangkan pengelola hotel lebih intensif melakukan promosi. Penelitian ini juga menemukan bahwa pengelola hotel mempunyai perencanaan lebih matang sebelum berpromosi sedangkan pengelola rumah makan/restoran berpromosi hanya berdasarkan pada rendahnya tingkat kunjungan wisatawan. Pengelola hotel juga menggunakan media cetak, elektronik dan internet dalam berpromosi sedangkan pengelola rumah makan/restoran tidak menggunakan media internet.Downloads
References
Daftar Pustaka Alifahmni, Hifni. 2005. Sinergi Integrasi Iklan, Komunikasi Publik Relations, Pemasaran dan Promosi. Quantum. Bandung. Alma Buchari, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung, 2007 Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta Bartono, Ruffino. 2005. Food Product Management di Hotel dan Restoran. Andi. Yogyakarta. Bulaeng, A.R. 2000. Metode Penelitian Kualitatif Kontemporer. Hasanuddin University Press. Makassar. Cangara, Hafied. 2000. Pengantar llmu Komunikasi. Jakarta : PT. Raya Grafindo Persada. ----------------------, 2009. Komunikasi Politik : Konsep, Teori, Dan Strategi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Deloizer, M. Wayne. 1976. The Marketing Communication Process. Mc. Graw-Hill Book Company. San Francisco. Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Citra Aditya. Bandung. Gitosudarmo, Indriyo. 1994. Manajemen Pemasaran. Universitas Gadjah Mada. BTST. Bandung. Irawan, Faried Wijaya, M dan Sudjoni, M.N. 1998. Pemasaran Prinsip dan Kasus. Edisi 2. BPFE-Yogyakarta. Keith, Michael. C. 2000. Stasiun Radio : Penjualan dan Pemasaran. Internus Indonesia Jakarta Khotijah, Siti. 2004. Smart Strategy of Marketing. Alfabeta Bandung. Kotler, Philip. 1980. Manajemen Pemasaran. Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Kriyantono Rahmat, 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana : Jakarta Liliwer, Alo. 1992. Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan. PT. Citra Aditya Bakti. Bandung. Machfoedz, Mahmud. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN. Jakarta Mappisammeng, 2001. Cakrawala Pariwisata. Balai Pustaka: Jakarta. McQuail, Denis. 1987. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar, (Terjemahan Agus Dharma dan Aminuddin RAM). Erlangga. Jakarta Morissan, 2007. Periklanan dan Komunikasi Pemasaran terpadu. Ramdina Prakarsa. Tangerang Mursid, M. 2003. Manajemen Pemasaran. Bumi Aksara Jakarta Nurhadi. 1973. Peranan Advertising dalam Marketing. Intervista. Jakarta. Patilima, Hamid, 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung. Pendit Nyoman S. 2002. Ilmu Pariwisata: Sebuah Pengantar Perdana. Pradnya Paramita. Jakarta. Porter, E. Michael. 1993. Keunggulan Bersaing : Mempercepat dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Erlangga Jakarta Pratikto, Riyono. 1993. Jangkauan Komunikasi. Alumni. Bandung. Shimp Terence A, 2000. Periklanan dan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Jilid I. (Terjemahan Revyani Sahrial dan Dyah Anikasari). Erlangga : Jakarta Sumartono, 2002, Terperangkap dalam Iklan. Alfabeta. Bandung. Susanto, Astrid S. 1989. Komunikasi dalam Iklan. Alfabeta. Bandung. Swastha, Basu dan Ibnu Sukotjo. 1991. Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. PT. Liberty. Yogyakarta Widjaya, A.W. 1997. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. PT. Bina Aksara. Jakarta