ANALISIS OPINI PEMILIH PEMULA TERHADAP IKLAN POLITIK DALAM PEMILIHAN WALIKOTA MAKASSAR TAHUN 2008 Analysis of Beginner Voters’ Opinion of Political Advertising in Makassar’s Mayor Elections in 2008
DOI:
https://doi.org/10.31947/kjik.v1i3.310Keywords:
Opinion, Beginner Voter, Political Advertising, Opini, Pemilih Pemula, Iklan PolitikAbstract
AbstractThe study intended to gather information regarding beginner voters‟ opinion of of political advertising in Makassar‟s mayor elections in 2008. This study is an integrative study. The method ot the study integrating two types of research method from two different approaches namely, quantitative and qualitative approaches. The quantitative approach which is used in this study is a survey method. The objective of survey method is to meet the validity of the data which is measured using the percentage of representation of the beginner voters. The qualitative approach is using phenomenological method. The phenomenological method is used to gather in-depth information using interpretation from subjective statements from informants related to the subject of the research. The study showed some variety in beginner voters‟ opinion of political advertising in Makassar‟s Mayor elections in 2008. the variety in beginner voters‟ opinion of political advertising in Makassar‟s Mayor elections in 2008 was maybe resulted by voters segmentation and media preference. The study also showed that the criteria of good political advertisement according to beginner voters are those which are easy to remember, easy to read, simple, clear and use a good Indonesian language.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui opini pemilih pemula terhadap Iklan Politik dalam Pilkada Walikota Makassar 2008. Tipe penelitian ini adalah tipe penelitian integratif. Metode ini mengintegrasikan dua tipe penelitian dari dua pendekatan yang berbeda yakni pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Tipe penelitian berlandaskan pendekatan kuantitatif yang digunakan dalam peneltian ini adalah penelitian survei. Jenis penelitian ini bertujuan untuk memenuhi validitas data yang diukur dari prosentasi keterwakilan pemilih pemula. Kemudian, tipe penelitian berlandaskan pendekatan kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian fenomenologi. Tipe ini digunakan untuk memperoleh data mendalam melalui interpretasi terhadap pernyataan-pernyataan subjektif dari informan terkait masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa opini pemilih pemula terhadap iklan politik dalam pilkada Walikota 2008 sangat bervariatif, hal ini disebabkan oleh adanya segmentasi pemilih dan pemilihan media. Selanjutnya, kriteria iklan yang baik menurut perspektif pemilih pemula adalah iklan politik yang mudah diingat dan dibaca, singkat dan jelas serta menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Downloads
References
Daftar Pustaka
Arfani, Riza Noer (1996). Demokrasi Indonesia Kontemporer, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Budiardjo,Miriam (2008) . Dasar-dasar Ilmu Politik, (Edisi Revisi) Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Bulaeng, Andi. 2000. Metode Penelitian Komunikasi Kontemporer. Hasanud-din University Press
Cangara, Hafied. 2003. Pengantar Ilmu Komunikasi. Raja Grafindo Persada. Jakarta
, Komuni-kasi Politik: Konsep, Teori dan Strategi. Raja Grafindo Persada, Jakarta: Rajawali Pers
Chaffee, Steven H.1985. Political Communication, Sage Publication. California.
Curran, James dan Michael Gurevitch (Ed), 1994. Mass media and Society. London –New Cork :Edgard Arnold.
Firmanzah, 2007 Marketing Politik, Antara Pemahaman dan Realitas, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.
Hadi Sutrisno, (1990). Metodologi Research.
Janda, Kennet, Jeffrey M. Berry, Jerry Goldman.1987. The Challenge of Democracy, Government in America, Boston: Houghton Mifflin Company.
Lin, Nan.1973. The Study of communication. Bobs- Merrill Indiana polis.
Little John, Stephen W. 1989, Theories of Human Communication. Wadswort Publishing Company, New York.
Marshall McLuhan,1994. Understanding Media, Saga Publication London
Mc Quail. Dennis. 1994. Mass Communicatio Theory, third Ediotion, SAGE Publication, Ltd.
Mulyana, Dedy, 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Paradigma Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya. Rosda Karya: Bandung
Nimmo, Dan.2000. Komunikasi Politik. Remaja Rosdakarya Bandung.
Nurudin, 2001.Komunikasi Propaganda. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Panggabean (1994). Pendidikan Politik dan Kaderisasi Bangsa. Sinar Harapan, Jakarta.
Rahmat, Djalaluddin, 1999, Psikologi Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Rogers, Everett, and J. Dougles Story. Communication Campaign. Map Literatur By Charles R. Barger dan Steven. H. 1987. Handbook Communication Science.: Saga Publication. London.
Rivers, William Ldkk. 2003. Media Massa dan Masyarakat Modern. Prenada Media, Jakarta. .
Schramm, Wilbur, Donal, and Roberts. 1973. The Process And Effect Of Mass Communication Theory. Universty of Illinois Press. Urbana Chicago.
Men, Messages, and Media: A Look at Human Communication. Harper & Row Publisher, New York, Evanson, San Francisco : London.
Setiyono Budi (2008). Iklan dan Politik, Jakarta, AdGOAL.Com.
Sugiyono, 2000, Statistika untuk Penelitian: Cetakan Ketiga: Bandung Alpabeta
Surakhmad, Winarno (1980) Dasar-dasar Research Pengantar Ilmiah, Bandung: CV Tarsito.
Theopilus J Riyanto, Kekuatan media massa dalam kampanye kepresidenan di Amerika Serikat, disertasi
Makalah Seminar
Jurnal Komunikasi KAREBA No. 3 Vol. 1 Juli – September 2011
Maulana, Yusuf, Kredibilitas Iklan Politik di Televisi, Kompas, Sabtu, 26 Juni 2004, hal. 5
Hardjoko, Wiryo Sri, Pendayagunaan Radio dan Televisi Dalam Pendidikan,
Saripuddin U. Dkk (2003) Materi dan Pembelajaran PKn, SD Pusat, Penerbitan Universitas Terbuka, Jakarta
Umberto Sihombing. (2002). Menuju Pendidikan Bermakna melalui Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jakarta: CV Multiguna.
Denny Dominicus Savio, “Khalayak Komunikasi Politik”, (The London School Of Public Relations-Jakarta) http://savio-
Media On line
http://www.kompas.com/read/xml/2008/08/23/10343759/iklan.politik.contohlah.iklan.rokok
(http://www.jurnalnasional.com/?med=koran%20)
(http://makassarkota.go.id/content/view/2050/131/
(http://acowebid.multiply.com/journal/item/5).
(http://makassarterkini.com/6-Ikrar.php)
(www.liputan6.com)
gie86.blog.friendster.com/2007/10/khalayak-komunikasi-politik/