KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENASEHAT AKADEMIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI STIKES MEGA REZKY MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31947/kjik.v1i2.306Keywords:
Personal Communication, Academic Counsellor, Students Learning Motivation, Komunikasi antarpribadi, Penasehat Akademik, Motivasi belajar MahasiswaAbstract
AbstractThe purpose of this research is to find out (1) The personal communication intensity of the Academic counsellorwith the students at STIKES Mega Rezky Makassar, (2) The student learning motivation at STIKES Mega RezkyMakassar, (3) The effect of personal communication intensity of the Academic Counsellor Toward the studentsLearning Motivation at STIKES Mega Rezky Makassar. This research executed at STIKES Resky Mega Makassaron March to May, 2009. The number of the population 580 students. The number 580 students. The number of thesample 174 students. The techniques of determining sample is the “proportional sampling”, where the techniquetaking sample technique is proportional consideration from number of populations in the class, using NomogramKing Method by assumption that population per unit is not more than 2000 students. The data collecting methods areRating scale questionarre, interview, and observation. The Hypotesis is examinate by using the simple regression.The result of the research shows that the description of interpersonal communication intensity of the academicCounsellor with the students in high category. And the description of the students learning motivation at STIKesMega Rezky Makassar in high category. The factors are caused by the success wish, interesting activity in learningconcerned with the future, the competation wish in the class. There is the significant effect the interpersonalcommunication intensity toward the student learning motivation. Thus, for increasing the students learningmotivation needed interpersonal communication between academic counsellor and students more active and serious. AbstrakTujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui (1) Intensitas komunikasi antarpribadi dari penasehat akademikdengan para mahasiswa di STIKes Mega Rezky Makassar, (2) Motivasi belajar para mahasiswa si STIKes MegaRezky Makassar, (Pengaruh intensitas komunikasi antarpribadi para penasehat akademik terhadap motivasi belajarpara mahasiswa si STIKes Mega Rezky Makassar. Penelitian ini dilakukan di STIKes Mega Rezky pada Maretsampai Mei 2009. Jumlah populasi yang ada sebanyak 580 orang mahasiswa. Dari jumlah itu ditarik 174 orangmahasiswa sebagai sampel. Teknik untuk menetapkan sampel ialah dengan cara proporsi, dengan pertimbanganjumlah populasi di dalam kelas dengan menggunakan metode Namogram King yang mengasumsikan bahwapopulasi perunit tidak lebih dari 2000 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan metode skala rating dalam angket,wawancara, dan pengamatan. Hipotesis yang diajukan diuji dengan memakai regresi sederhana. Hasil dari penelitianini menujukkan bahwa gambaran intesitas komunikasi antar pribadi para penasehat akademik dengan mahasiswadalam kategori tinggi. Demikian juga gambaran terhadap motivasi belajar para siswa dalam kategori tinggi. Faktoryang menyebabkan tingginya kategori tersebut ialah keinginan untuk sukses, daya Tarik untuk belajar, memikirkanmasa depan, serta keinginan untuk berkompetisi dalam kelas. Terdapat pengaruh yang signifikan dari intensitaskomunikasi antarpribadi terhadap motivasi belajar paara siswa. Dengan demikian disimpulkan bahwa untukmeningkatkan motivasi belajar siswa diperlukan komunikasi antarpribadi (personal) antara penasehat akademik danpara mahasiswa yang lebih aktif dan serius.Downloads
References
Informasi,Hasanuddin University Press.Ujung
Pandang.
Bulaeng,A.R.2000.Metode Penelitian
Komunikasi Kontemporer,Hasanuddin
University Press, Makassar.
Burgoon,Michael,dan Michael
Fruffner,1978.Human Communication,A
Revition of Approaching
Speech/Communication,Halt Rinehard &
Winston, New York.
Burhanuddin,1985.Filsafatv
Manusia,Bandung,Salman Jaya.
Cangara, Hafied,1980.Pengantar Ilmu
Komunikasi,PT. Raja Grafindo Persada,Jakarta.
Cangara, Hafied,2009.Komunikasi Politik
Konsep, Teori dan Strategi,PT. Raja Grafindo
Persada. Jakarta.
Chave, H.Steven,1980.Mass Communication
Review Yearbook Vol. 1,Beverly Hills:Sage
Publication.
Daning,Sudarwan.2004.Motivasi Kepemimpinan
& Efektivitas Kelompok,PT. Rineka
Cipta.Jakarta.
Effendy,Onang Uchjana,1993.Dinamika
Komunikasi,PT. Remaja Rosda-Karya,Bandung.
Effendy,Onang Uchjana, 2003a.Ilmu, Teori, &
Filsafat Komunikasi,PT. Citra Aditya Bakti.
Bandung
Effendy,Onang Uchjana, 2003b.Ilmu
Komunikasi Teori dan Praktek,PT. Remaja
Rosda Karya,Bandung.
Eggen,Paul,1997.Educational Psycology,Third
edition,University Of North Florida,Printed by
Hall Inc.
E.M Griffin,2006.At First Look at
Communication Theory,International
Edition,McGraw-Hill Companies,USA
Hamzah B. Uno.2008.Teori Motivasi &
Pengukurannya, Analisis dibidang pendidikan.
PT. Bumi Aksara.Jakarta
Herlina,2008.Pengaruh Pengguna Multimedia
Interaktif Terhadap Motivasi Belajar
Mahasiswa STIMIK Handayani,Pasca Sarja
Unhas.
Klopt,Donald W.,1987.Intercultural
Encounter.The Foundamentals of Intercultural
Communication,Marthon Publishing Company.