PENGARUH PESAN POLITIK CALEG PKS MELALUI SMS TERHADAP PEMILIH DALAM PEMILU LEGISLATIF 2009 DI KOTA MAKASSAR The Influence of Political Message of PKS Legislative Candidates Through Short Message Service Toward Voter of 2009 Legislatif Election In Makassar City
DOI:
https://doi.org/10.31947/kjik.v1i3.300Keywords:
political campaign, message of short message service, voters‟ attitude and behavior. kampanye politik, pesan SMS, sikap dan perilaku pemilihAbstract
AbstractThis research aims to (1) find out the style of the message of legislative Candidates though short message service (SMS) toward voters in 2009 Legislatif Election in Makassar City, and (2) analyze the influence of political message of PKS Legislatif Election in Makassar City. This research was a qualitative and quaqntitative study. The sample was selected using nonprobability sampling method consisting of 263 people. The data were then analyzed using descriptive qualitative analysis by means of regression method. The results show that PKS Legislatif Candidates of Makassar City have differen styles in processing political messages through short message service (SMS) sent to the voters. Some political messages are informative and some others are persuasive. Such styles are believed to interest the voters. All of the poliitical messages sent to the voters‟ hand phone are intended to promote themselves so that the community is interested in electing them. Besides, the result also indicates that Ho is rejected which means that the contribution of independent variable (campaign messages of legislative candidates through SMS) is significant in predicting the dependent variable (voters‟ attitude and behavior in Makassar City).AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk menganalisis bentuk pesan politik caleg PKS melalui SMS Layanan Pesan Singkat (SMS) terhadap pemilih dalam pemilu legislatif 2009 di kota Makassar. (2) Untuk menganalisis pengaruh pesan-pesan politik caleg PKS melalui Layanan Pesan Singkat (SMS) terhadap pemilih dalam pemilu legislatif 2009 di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah bersifat deskriptif kualitatif dan kuantitatif.. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability sampel bertahap dengan jumlah sampel sebesar 263 orang. Data yang telah dikumpulkan, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik Analisis Deskriptif Kuantitatif dengan Metode Regres. Hasil penelitian menunjukkan bahwa caleg PKS Kota Makassar mempunyai cara yang berbeda dalam mengolah pesan politik melalui SMS yang kemudian dikirim ke pemilih. Ada pesan politik yang bersifat informative juga ada yang persuasive. Penyusunan pesan tertentu diyakini oleh caleg dapat menarik perhatian pemilih. Semua bentuk pesan politik caleg PKS melalui sms yang masuk ke handphone pemilih dilakukan untuk satu tujuan yang sama, yaitu, mempromosikan dirinya, agar masyarakat dapat terbujuk untuk mengalihkan pilihannya pada caleg tersebut. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa menolak Ho yang berarti kontribusi variabel independen (pesan kampanye caleg melalui SMS) signifikan dalam memprediksi variabel dependen (sikap dan perilaku pemilih Kota Makassar).Downloads
References
Daftar Pustaka
Achmad, A.S., 1990. Manusia dan Informasi. Lembaga Penerbitan UNHAS : Makassar .
Alwasilah, A.Chaedar. 2000. Politik Bahasa dan Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya : Bandung .
Apter, David E. 1996. Pengantar Analisa Politik. Pustaka LP3ES : Jakarta .
Bulaeng, Andi. 2000. Metodologi Penelitian Kontemporer. Lembaga Penerbitan UNHAS : Makassar .
…………………2002. Teori dan Manajemen Riset Komunikasi. Narendra : Jakarta .
Cangara, Hafied, 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Edisi Revisi, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
_____________, 2009. Komunikasi Politik.Konsep, Teori, dan Strategi. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Chaffee, Steven H.1975. Political Communication, Issue and Strategies for Research. Sage Publications Beverly Hills : Londo.
Chusmeru. 2001. Komunikasi di Tengah Agenda Reformasi Sosial Politik. Alumni : Bandung .
DeFleur, M.L. 1975. Theories of Mass Communication (2 nd Edition). Davic Mc Kay Company : New York .
Effendi, Onong Uchjana, 1992. Ilmu Komunikasi dalam Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya : Bandung .
Graber, Doris A. 1984. Media Power in Politics. Printed in the Uniteds States of America : Washington , D.C.
Hasrulllah, 2001. Megawati Dalam Tangkapan Pers. LKiS, Yogyakarta.
Kamaluddin, Jayadi Nas. 2002. Otonomi Daerah dan Pemilihan Kepala Daerah. Hasanuddin University Press : Makassar .
Kim, Yun, Young & B. Gudykunts, W. 1992. Communicating With Strangers An Apporoach to Intercultural Communication. McGraw-Hill. Inc. All right reserved. Pinted in USA
Kraus, Sidney & Davis, Dennis. 1978. The Effects of Mass Communication on Political Behavior. The Pennsylvania State University All Rghts reserved. Printed in the United States of America .
Littlejohn, Stephen W. 1996. Theories of Human Communication. Fifth Edition. Wadsworth Publishing Company, Humboldt State University.
Kriyantono, 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Remaja Rosdakarya : Bandung
Maarif, Ahmad Syafii. 1996. Islam dan Politik Teori Belah Bambu. Gema Insani Press : Jakarta .
_______, 1999. Islam dan Politik Upaya Membingkai Peradaban. Pustaka Dinamika : Cirebon .
Mas‟oed, Mochtar dan MacAndrews, Colin, 1987. Perbandingan Sistem Politik. Gajah Mada University Press : Yogyakarta
McQuail, Denis. 1994. Teori Komunikasi Massa, Edisi Terjemahan, Dharma, Agus dan Ram, Amiruddin. Jakarta : Erlangga.
Mulyana, Deddy. 1999. Nuansa-nuansa Komunikasi Meneropong Politik dan Budaya Komunikasi Masyarakat Kontemporer. PT Remaja Rosdakarya : Bandung .
Nimmo, Dan. 1999. Komunikasi Politik (Komunikator, Pesan dan Media). Terjemahan oleh Tjun Surjaman, 1989. Bandung : Remaja Karya.
___________.2001. Komunikasi Politik: Khalayak dan Efek. Terjemahan oleh Tjun Surjaman. 1989. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Patterson, Thomas E. 1976. The Mass Media Election. Printed in the United States or America : New York .
Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin, 2003. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Makassar .
Rachmat Kriyantono. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Cet. Pertama.Kencana Prenada Media Group : Jakarta
Rakhmat, Jalaluddin. 2001. Metode Penelitian Komunikasi. Cet. Ketujuh. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung .
__________. 1996. Psikologi Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya : Bandung
Rodee, dkk. 2000. Pengantar Ilmu Politik. PT RajaGrafindo Persada : Jakarta .
Jurnal Komunikasi KAREBA No. 3 Vol. 1 Juli – September 2011
Roger, Everett. 1986. Communication Technology. The New media of Society. The Free Press, New York.
Schramm, Wilbur. 1973. Men, Messages, and Media : A Look at Human Communication. Harper & Row Publisher, New York , Evanson, San Francisco : London .
Sendjaja, Sasa Djuarsa. 1993. Pengantar Komunikasi. Universitas Terbuka : Jakarta .
Singarimbun, Masri & Effendi, Sofian. 1989. Metode Penelitian Survai. LP3ES : Jakarta .
Siregar, Ashadi. 1990. Komunikasi Sosial. Badan Penelitian dan Pengembangan Fisipol UGM : Yogyakarta .
Sudibyo, Agus. 2001. Politik Media dan Pertarungan Wacana. LkiS : Yogyakarta .
Sugiyono, 2003. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta : Bandung
Sulastri, Irta. 2001. Pengaruh Berita dan Artikel Politik dalam Surat Kabar terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa di Kota Padang (Studi Aksi Mahasiswa Terhadap Usulan Pencabutan TAP. MPRS. No. XXV Tahun 1966). Tesis tidak diterbitkan. Bandung : Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran.
Surbakti, Ramlan, 1984. Dasar-dasar Ilmu Politik. Airlangga University Press : Surabaya .
Susanto, Astrid. 1988. Komunikasi dalam Teori dan Praktek I. Binacipta : Bandung .
Syamsuddin, M. Din. 2001. Islam dan Politik Era Orde Baru. Logos : Jakarta .
Wright, Charles. 1975. Sosiologi Komunikasi Massa. Terjemahan Lilawati Trimo dan Jalaluddin Rakhmat. 1986. Bandung : Remadja Karya.
http://id.wikipedia.org/wiki/politik,tgl 24/02/2009).
http://www.total.or.id/info.php?kk=information%20technology- akses internet : 2 Februari 2009