POLA KOMUNIKASI KAUM TULI DALAM MEDIA BARU

Authors

  • Annisa Rahmawati Universitas Padjadjaran
  • Hanny Hafiar Universitas Padjadjaran
  • Siti Karlinah Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.31947/kareba.v8i2.1052

Keywords:

Tuli, WhatsApp, etnografi virtual, media baru, pola komunikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peristiwa komunikasi, komunikasi simbolik, dan kekhasan dari komunikasi simbolik yang terjadi dalam peristiwa komunikasi antara “teman-teman Tuli” dalam grup WhatsApp “Sunyi” dengan menggunakan metode etnografi virtual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peristiwa komunikasi yang terjadi dapat dikategorikan sebagai peristiwa komunikasi formal dan peristiwa komunikasi informal. Komunikasi simbolik yang terjadi meliputi : penggunaan teks yang merupakan transfer Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO), penggunaan foto dan video untuk berbagai tujuan, dan penggunaan emoji smiley, emoji gestur tangan, dan emoji hati yang dominan. Komunikasi simbolik yang khas dalam peristiwa komunikasi adalah emoji untuk lambai tangan dan emoji  “jangan” sebagai topik humor. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barak, A., & Sadovsky, Y. 2008. Internet Use and Personal Empowerment of Hearing-Impaired Adolescents. Computers in Human Behavior, 24, 1802–1815.Beiβwenger, M., & Storrer, A. 2008. Corpora in Computer Mediated Communication. Corpus Linguistics : An International Handbook, 01, 292 – 308.Berger, P. L., & Luckmann, T. 1966. The Social Construction of. Reality. Unites States : Anchor Book.Bienvenu, M. J. 2002. The Deaf Way: Perspectives from the International Conference on Deaf Culture. Gallaudet University Press : Washington DC.Bishop, J. M., Taylor, L., & Froy, F. 2000. Computer-Mediated Communication Use By The Deaf And Hard-of-Hearing. Kybernetes 29(9/10), 1078–1086.Dresner, E., & Herring, S. C. 2010. Functions of The Non-verbal in CMC: Emoticons and Illocutionary Force. Communication Theory, 20, 249-268.Emojipedia.org. Raising Hands. <https://emojipedia.org/person-raising-both-hands-in-celebration/>Hine, C. 2000. Virtual Etnography. London : SAGE PublicationKarapanos, E., Teixeira, P., & Gouveia, R. 2016. Need fulfillment and experiences on social media: A case on Facebook and WhatsApp. Computers in Human Behavior, 55, 888-897.Khairani, D., Yusanto, F., & Putri, B. P. S. 2019. Analisis Konsep Diri Siswi-Siswi Penyandang Tunarungu Dan Tunawicara Slb Negeri Cicendo Bandung. Jurnal Manajemen Komunikasi, 2(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v2i1.12038Kustaman, R. 2018. Bunyi Dan Manusia. ProTVF, 1(2), 117. https://doi.org/10.24198/ptvf.v1i2.19871Kuswarno, E. 2011. Etnografi Komunikasi : Suatu Pengantar dan Contoh Penelitiannya. Bandung : Widya Padjajaran.Lucas, C. 2004. The Sociolinguistics of Sign Languages.  UK : Cambridge University Press.Luor, T., Lu, H.P., Wu, L.L., & Tao, Y.H. 2010. The Effect of Emoticon In Simplex and Complex Task-Oriented Communication: An Empirical Study of Instant Messaging. Computers in Human Behavior, 26(5), 889-895.Martin, J. N., & Nakayama, T. K. 2010. Intercultural Communication In Contexts. New York : McGraw-Hill.Marvin, L. A. 1995. Spoof, Spam, Lurk and Lag: the Aesthetics of Text-based Virtual Realities. Journal of Computer-Mediated Communication, <http://www.ascusc.org/jcmc/vol1/issue2/marvin.html>.McKay, I. 2015. Laughing with Letters: A Corpus Investigation of the Use of Written Laughter on Twitter. University of Michigan Linguistics Department Senior Thesis.Mitchell, C. 2000. Short Course in International Business Culture. California : World Trade Press.Mulyana, D. 2011. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Lehman, C. M., Himstreet, W. C., & Baty, W. M. 1996. Business Communications. 11th Edition. Ohio : South-Western College Publishing.Nasrullah, R. 2013. Cyber Media. Yogyakarta : CV Idea Sejahtera.Rainie, L., Brenner, J., & Brenner, K.P. 2012. Photos and Videos As Social Currency Online. Pew Internet & American Life Project. <http://www.pewinternet.org/2012/09/13/photos-and-videos-as-social-currency-online/>Santoso, B., & Sjuchro, D. W. 2017. New media literacy and spread hoaxes: why it matters? In E. P. Purnomo, R. Ramdani, & M. A. Firdaus (Eds.), Social and Political Issues in Asia : In The Context of Global Changes (pp. 29–48). Yogyakarta: Buku Litera Yogyakarta.Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.Sutton-Spence, R ., & Napoli, D.J. 2012. Deaf Jokes and Sign Language Humor. Humor 25 (3), 311–337.Unicode.org. (b) Emoji and Pictographs. <http://www.unicode.org/faq/emoji_dingbats.html>Venkatraman, S. 2017. Social Media In South India. London : UCL Press.West, R., & Turner. L. H. 2013. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis   Dan Aplikasi. Buku 1 edisi        ke-3 Terjemahan Maria Natalia Damayanti Maer. Jakarta : Salemba Humanika 

Downloads

Published

2019-12-31