PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS HASANUDDIN
Article History
Submited : April 16, 2017
Published : June 30, 2014
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan: (1) mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap tingkat kepuasanpemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin. (2) mengetahui faktor-faktor kualitaslayanan mana saja yang paling dominan dan signifikan berpengaruh terhadap kepuasanpemustaka.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kualitaslayanan pemustaka dengan kepuasan pemustaka. Koefisien korelasi sebesar 0,628 artinya kualitaspelayanan terhadap kepuasan pemustaka pada taraf yang kuat. Koefisien Determinasi sebesar0,371. Artinya bahwa 37,10% variasi dari kepuasan pemustaka dapat dijelaskan oleh variasi darivariabel bebas, yaitu Kualitas Access to information, Kualitas Affects of services, KualitasPersonal control & Kualitas Library as place. sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain diluarmodel.Berdasarkan hasil anaalisis IKP (Indeks Kepuasan Pengguna) ditemukan pemustaka merasa puas,yaitu sebesar 69,90 % yang berarti pemustaka merasa puas atas kinerja pelayanan perpustakaanyang telah diberikan, namun belum maksimal, karena nilai IKP yang diperoleh masih kurang dari80%. Pengaruh tingkat kepuasan pemustaka yang belum maksimal ini dipertegas lagi dari hasilanalisis jaring laba-laba (radar chart). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dimensi kualitaslayanan yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pemustaka di UPT PerpustakaanUnhas berdasarkan hasil dari uji statistik dan diagram IPA yang berada pada kuadran II yaitudimensi perpustakaan sebagai sebuah tempat (Library as Place). Rata- rata tingkat kepuasanmencapai 94% menghampiri kepuasan penuh.Kata kunci: kualitas layanan, kinerja perpustakaan, kepuasan pemustaka, kepentingan pemustaka.ABSTRACTThis study aims to : ( 1 ) determine the effect of service quality on satisfaction levels pemustaka at HasanuddinUniversity Library Unit . ( 2 ) determine the factors of service quality are most dominant and significant effecton satisfaction pemustaka .Research results indicate that there is a significant positive effect between service quality with satisfactionpemustaka pemustaka . Correlation coefficient of 0.628 means the quality of service to satisfaction extentpemustaka strong . The coefficient of determination of 0.371 . This means that 37.10 % of the variation insatisfaction can be explained by variations pemustaka of independent variables , namely Quality Access toinformation , Affects Quality of services , Quality Control & Quality Personal Library as place . while the restis explained by other factors outside the model .Based on the results anaalisis IKP ( User Satisfaction Index ) found pemustaka feel satisfied , that is equal to69.90 % , which means pemustaka feel satisfied with the performance of library services that have beenprovided, but not maximum , because the IKP value obtained was less than 80 % . Influence the level ofsatisfaction is not maximized pemustaka was reaffirmed again the results of the analysis of spider webs ( radarchart ) . The results also show that the dimensions of service quality are the most dominant influence onsatisfaction in the Library Unit pemustaka Unhas based on the results of statistical tests and diagrams IPA thatis in quadrant II is the dimension of the library as a place ( Library as Place ) . The average level of satisfactionreached 94 % went to full satisfaction .Keywords : quality of service , performance libraries , pemustaka satisfaction , interest pemustaka
Downloads
Download data is not yet available.
Fulltext